Kamis, 24 November 2016

Cara Menghadapi Teman Kerja Punya Sifat Perfeksionis, Penentang, Pesimis Dan Uncommitted
Setiap kantor tentu memiliki 'budaya' masing-masing, entah itu yang berhubungan dengan peraturan maupun kebiasaan yang berlaku. Namun untuk urusan sikap dan perilaku karyawan, yang pribadinya termasuk 'agak-agak sulit', tiap karyawan di kantor manapun pasti menghadapinya.

Memang bukan hal mudah menghadapi rekan kerja yang berbeda-beda sikap dan pembawaan. Ya kalau rekan kita itu orang yang mudah menerima kritik atau saran, tapi bagaimana kalau sebaliknya?

Karena itu, berikut ada beberapa tips yang dikemukakan oleh Gary S. Topchik dalam bukunya Managing Workplace Negativity, tentang bagaimana menghadapi sikap-sikap menyulitkan di tempat kerja:

1. Menghadapi si perfeksionis.
Sikap negatif kerap muncul pada diri orang yang perfeksionis begitu melihat sesuatu terjadi di luar harapannya. Meskipun mungkin kalau mau jujur hal tersebut sebenarnya sudah memenuhi kriteria kita semua, tapi tidak bagi si perfeksionis yang memiliki standar kelewat tinggi. Tidak heran jika perbedaan standarisasi hasil karya kerap menjadi kendala, utamanya bagi kita yang bekerja dengan mengandalkan team work.

Lantas bagaimana menghadapinya? Sebaiknya jangan terlalu menganggap serius segala pernyataannya. Apa yang mereka lakukan itu hanya merupakan ekspresi dari ketidakpuasan mereka. Selain itu cobalah untuk terus dan jangan bosan bekerjasama dengan para pribadi perfeksionis, bukan tidak mungkin mereka akan belajar dari Anda dan rekan yang lain bagaimana berpikir secara realistis.

2. Menghadapi si penentang. 
Biasanya orang-orang seperti ini tidak suka dengan segala perubahan. Begitu melihat ada perubahan atau pun sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendaknya maka dia akan bersikeras mempertahankan pendapatnya. Untuk menghadapi pribadi yang seperti ini adalah justru dengan melibatkannya terhadap perubahan yang terjadi itu sendiri. Misalnya dalam tim Anda bakal ada penggantian tanggungjawab tugas.

Maka mintalah pendapatnya tentang rencana perubahan tanggungjawab tersebut. Dengan cara ini biasanya kaum penentang akan lebih bisa melunak. Selain itu, memperkenalkan perubahan dengan cara perlahan-lahan juga akan mempengaruhi ke-ngototannya. Lain halnya jika perubahan dilakukan secara mendadak, karena yang ada mereka justru akan semakin menentang!

3. Menghadapi si pesimis. 
Biasanya kita akan merasa gemas sama para pribadi pesimis. Habis sepertinya tidak ada sedikitpun semangat dalam diri mereka. Sedikit-sedikit mereka seperti takut atau sudah merasa kalah terlebih dahulu. Padahal usaha saja belum dilakukan.

Nah, untuk mengatasi teman yang tidak cukup rasa optimistis macam itu ada baiknya Anda mencoba hal baru secara bertahap pada mereka. Kenapa bertahap? Karena menanamkan rasa optimis pada mereka yang sudah lama terkekang rasa pesimis tidak semudah itu.
       
4. Menghadapi pribadi uncommitted. 
Julukannya saja uncommitted, maka merekapun biasanya emoh terikat alias netral. Dalam bekerja mereka pada umumnya tidak terlalu serius. Boleh jadi karena mereka berpikir tidak ada kewajiban yang mengikat itu tadi. Cara berpikir semacam itu tentu tidak mengenakkan. Terlebih bagi kita yang bekerja dengan mengutamakan team work.

Jurus ampuh menghadapi orang-orang uncommitted adalah dengan menjelaskan tujuan serta pengharapan dari sebuah hasil karya, secara detil dan gamblang. Pun, untuk mengetahui performa kerja orang-orang uncommitted tersebut, dibutuhkan monitoring secara intensif.

Foto Gambar edit Sumber Dari lovepanky.com Silahkan Baca Juga Postingan Lainya Yaitu Kiat Untuk Mengatasi Rasa Sedih Dan Ingin Menangis Saat Ditempat Kerja www.tanggalhari.com Menghadapi Teman atau bos Kerja Punya Sifat buruk dan malas serta bawel
Title : Cara Menghadapi Teman Kerja Punya Sifat Perfeksionis, Penentang, Pesimis Dan Uncommitted
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-11-24T04:11:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...