Minggu, 09 Oktober 2016

Pada usia 4-5 bulan bayi sudah boleh diberi makanan tambahan, selain mendapat ASI dari ibunya. Mengapa bayi perlu diberi makanan tambahan? Pada saat yang penting ini bayi membutuhkan lebih banyak tenaga, karena tubuh bayi mulai tumbuh dan begitu pula alat-alat pencernaannya.

Bayi mulai menyenangi makanan tambahan dan dapat merasakannya, oleh karena itu bagi ibunda yang baru wajib tahu dan perhatikan hal kecil tersebut

Bahan yang cocok sebagai tambahan untuk bayi adalah yang memenuhi syarat seperti berikut. Makanan bayi itu penuh gizi. Karena bayi belum dapat makan banyak, maka perlu diberi makanan yang kaya gizi.
Tambahan Makanan Sehat Untuk Bayi, Ibu Muda Wajb Baca ini

Makanan tambahan harus mudah dicerna dan sesuai dengan selera bayi. Syarat lainnya, makanan tambahan tersebut harus bersih dan tidak mengandung bahan yang menyebabkan penyakit (seperti mengandung zat kimia, pewarna buatan atau penyedap rasa). Dan syarat lainnya mudah dibuat dan murah.

Biasanya dokter anak akan menyarankan bahwa anak boleh diberi sari buah dan bubur. Namun demikian ibu harus memperhatikan cara memasak sari buah dan bubur itu dengan benar.

Bila ingin memasak sayuran, maka cuci bersih sayuran, lalu potong kecil-kecil, rebus, haluskan dan buat kuah.

Sedangkan sari buah yang cocok untuk bayi adalah semangka, apel, tomat, jeruk dan melon. Bila rasanya terlalu tajam untuk bayi, dapat dilarutkan dengan air sejumlah yang sama.

Untuk membuat sari jeruk, cuci dengan air lalu potong menjadi dua. Lalu peras dengan alat pemeras. Sedangkan untuk membuat sari buah apel, pertama-tama apel dikupas kulitnya lalu diparut.

Untuk tomat dan semangka sama cara membuatnya, dipotong kecil-kecil lalu dilumatkan selanjutnya disaring. Adapun cara pemberiannya harus bertahap. Mula-mula satu sendok, kemudian ditambah berangsur angsur hingga akhirnya sampai 3-5 sendok makan setiap hari.

Demikianlah Tambahan Makanan Sehat Untuk Bayi, Ibu Muda Wajib Baca ini, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu Apa itu Ulkus Peptikum, Penyakit Maag Pada Anak, Bisa Berujung Kematian daftar vitamin untuk kesehatan balita
Title : Tambahan Makanan Sehat Untuk Bayi, Ibu Muda Wajib Baca ini
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-10-09T08:18:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...