Minggu, 09 Oktober 2016

Menurut Wikipedia Definisi Arti Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan.

Pilihan frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh si pasien. Diagnostik sonografi umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2 sampai 13 megahertz.

Sedangkan dalam fisika istilah "suara ultra" termasuk ke seluruh energi akustik dengan sebuah frekuensi di atas pendengaran manusia (20.000 Hertz), penggunaan umumnya dalam penggambaran medis melibatkan sekelompok frekuensi yang ratusan kali lebih tinggi.

inilah 12 Alasan Penting Periksa USG Untuk Ibu Hamil

Dokter Anda biasanya akan menggunakan USG untuk memeriksa bayi dalam kandungan Anda. Dia mungkin juga akan menggunakan alat ini untuk memeriksa keadaan rahim, kantung amniotic, ari-ari dan indung telur Anda.

Sebagian besar dokter menggunakan USG secara rutin pada usia-usia kehamilan tertentu. Mereka juga akan menggunakan alat ini jika mencurigai adanya masalah dalam kehamilan atau jika seorang wanita memiliki berbagai faktor risiko yang dapat menimbulkan masalah terhadap bayi yang dia kandung.

Berikut ini alasan-alasan seorang dokter melakukan pemeriksaan USG dalam kehamilan.
  1. Untuk memastikan bahwa si bayi tumbuh di dalam rahim, bukan di saluran indung telur/tuba uterina (hamil di luar kandungan).
  2. Untuk menentukan usia kehamilan.
  3. Untuk memeriksa apakah si bayi tumbuh dengan normal.
  4. Untuk memperkirakan berat badan bayi dalam rahim.
  5. Untuk melihat apakah ari-ari si bayi normal dan menempel dengan benar.
  6. Untuk memeriksa posisi bayi dalam rahim.
  7. Untuk melihat apakah si bayi memiliki keabnormalan anatomi.
  8. Untuk memeriksa jumlah cairan ketuban.
  9. Untuk memeriksa jumlah bayi yang dikandung.
  10. Untuk memeriksa keadaan jantung si bayi.
  11. Untuk melihat pergerakan dan pernapasan si bayi.
  12. Untuk mendapatkan ukuran-ukuran yang tepat mengenai si bayi, meliputi panjang tulang paha, diameter kepala dan ukuran perut.
Pemeriksaan untuk menentukan apakah si bayi tumbuh dalam kecepatan yang normal paling tepat dilakukan pada minggu ke-20 dan ke-30 dari usia kehamilan. Untuk mengetahui umur bayi di dalam kandungan dan menyingkirkan kemungkinan terdapatnya bayi kembar, sering dilakukan pemeriksaan USG pada usia kehamilan antara 16 - 20 minggu.

Kadang-kadang, jenis kelamin si bayi juga dapat ditentukan dengan memperhatikan bentuk alat vitalnya setelah usia kehamilan 16 minggu. Namun, hal tersebut bukanlah alasan untuk seorang dokter melakukan pemeriksaan USG.

Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk pemeriksaan ?

Secara umum, tidak ada persiapan khusus untuk prosedur ini. Jika kandung kencing Anda penuh, mungkin lebih mudah bagi si pemeriksa untuk melihat bayi dan organ-organnya. Untuk alasan ini, biasanya Anda akan diminta untuk meminum kira-kira enam gelas air, satu jam sebelum pemeriksaan. Selanjutnya, Anda tidak boleh buang air kecil hingga pemeriksaan selesai dilakukan.

Bagaimana pemeriksaan ini dilakukan ?

Pemeriksaan ini dilakukan dengan meletakkan transducer di atas permukaan perut Anda. Pertama-tama, si pemeriksa atau teknisi USG akan mengoleskan sejenis zat seperti agar-agar pada permukaan perut Anda. Kemudian, dia akan meletakkan transducer di atas perut Anda. Selanjutnya, alat ini akan digerakkan pada bagian-bagian yang berbeda dari perut Anda sehingga seluruh rahim dan bayi dapat terlihat.

Sebagian pemeriksaan, terutama pada awal kehamilan, dilakukan melalui va6ina. Untuk pemeriksaan melalui va6ina ini, sebuah transducer berbentuk seperti tabung akan dimasukkan dengan lembut ke dalam va6ina. Pemeriksaan USG tidak akan melukai Anda ataupun bayi Anda. Prosedur ini mungkin memakan waktu sekitar 15 menit. Selama pemeriksaan, Anda dapat menyaksikan gambar-gambar bayi Anda melalui sebuah monitor.

Demikianlah inilah 12 Alasan Penting Periksa USG Untuk Ibu Hamil, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu Cara Jitu Menghadapi Boss Galak, Agar Anda Bekerja Lebih Baik tips kesehatan untuk ibu hamil muda
Title : inilah 12 Alasan Penting Periksa USG Untuk Ibu Hamil
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-10-09T03:49:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...