Minggu, 09 Oktober 2016

Hasil penelitian tentang sindroma kematian bayi mendadak (SIDS – sudden infant death syndrome) terus bermunculan. Sebuah penelitian baru meyakini adanya hubungan antara Helicobacter pylori,  sebuah bakteri umum yang terlibat dalam timbulnya ulkus peptikum (yang sering disebut dengan maag) - dengan kematian mendadak pada bayi, demikian menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Archives of Disease in Childhood.

Dalam penelitian ini, para peneliti membandingkan sampel jaringan lambung, kerongkongan dan paru-paru dari 32 bayi yang berusia hingga 7 bulan yang meninggal karena SIDS dan sampel jaringan yang sama dari 8 bayi yang telah meninggal akibat sebab-sebab lain yang telah diketahui.
Apa itu Ulkus Peptikum, Penyakit Maag Pada Anak, Bisa Berujung Kematian

Mereka berusaha mencari keberadaan dari gen H pylori ureC dan cagA, dimana keduanya sama-sama mengindikasikan kemungkinan infeksi bakteri Helicobacter pylor.

Hasil yang mereka dapatkan adalah satu atau kedua gen tersebut terdapat dalam satu atau lebih sampel jaringan diantara 28 dari 32 bayi SIDS, atau dengan prevalensi 88 persen. Gen-gen itu ditemukan hanya dalam 1 dari 8 bayi pembanding.

Padahal tingkat prevalensi infeksi H pylori di negara-negara berkembang hanya sekitar 2 persen.

Sangatlah sulit untuk menyelidiki bagaimana bakteri itu dapat menyebabkan SIDS, karena secara definisi bayi-bayi itu telah meninggal ketika diperiksa dan tidak ada tanda-tanda yang jelas dari SIDS sebelum kematian.

Namun, kata para penulis, infeksi H pylori menghasilkan suatu respon peradangan (inflamasi) dari tubuh urease dalam jumlah besar. Dan urease mungkin memicu produksi amonia, yang dapat menjadi faktor kritikal untuk bayi.

Demikianlah Apa itu Ulkus Peptikum, Penyakit Maag Pada Anak, Bisa Berujung Kematian, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu Cara Mudah Membuat Bubur Dan Nasi Tim Untuk Anak Balita Berita kompas, Fakta Unik liputan6, web sheath
Title : Apa itu Ulkus Peptikum, Penyakit Maag Pada Anak, Bisa Berujung Kematian
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-10-09T08:05:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...