Senin, 19 September 2016

Negara paman sam tidak hanya dikenal oleh artis hollywood, namun disana juga banyak tempat wisata alam menarik yang masih alami, Mungkin karena sulit membacanya, maka tidak banyak turis dari Indonesia yang ingin berwisata ke Yosemite, kawasan taman nasional di negara bagian California, Amerika Serikat itu. Tetapi, mungkin juga karena banyak dari kita yang tidak tahu konsep taman nasional.

Yosemite adalah satu di antara sekitar 340 taman nasional di Amerika Serikat, dan merupakan salah satu yang paling populer. Tiap tahun Yosemite berhasil mengumpulkan AS$35 juta dari pungutan uang masuk. Tarif masuk adalah AS$20 per mobil/motor yang berlaku untuk tujuh hari. Artinya, kalau dihitung satu mobil berisi tiga orang, maka pengunjung Yosemite per tahun mencapai sekitar lima juta orang.

Berikut cuplikan clip Yosemite National Park via youtube video
Menurut definisinya yang sederhana, taman nasional adalah kawasan konservasi yang dilindungi (protected area). Di Indonesia dikenal berbagai jenis kawasan konservasi, yaitu: cagar alam, suaka margasatwa, taman nasional, taman wisata alam, taman buru, taman hutan raya.

Di masa lalu, pengertian konservasi dan proteksi terbatas pada flora dan fauna. Di masa kini, penduduk asli atau masyarakat adat merupakan elemen yang harus pula diperhitungkan dalam tindakan

Untuk menuju Taman Nasional Yosemite, Anda dapat melalui pintu gerbang utara atau selatan. Perjalanan bermobil dari San Francisco hingga South Entrance bisa ditempuh dalam waktu tiga jam.

Salju masih memutih ke mana mata memandang. Bau hickory yang wangi dari api unggun di depan hotel merebak ke seluruh penjuru. Sebagian penghuni hotel yang baru pulang main ski, mengelilingi api unggun dengan secangkir cokelat, kopi, atau teh.

Ada tiga pintu masuk lain untuk mengunjungi Yosemite, yaitu: Tioga Pass di sebelah timur, serta Big Oak Flat dan Hetch Hetchy di sebelah barat. Pengunjung dari California biasanya memakai pintu selatan dan barat, sedangkan pengunjung dari arah Nevada memakai pintu timur.

Pada pintu masuk, setiap pengunjung memperoleh paket informasi lengkap. Di situ kami melihat perbedaan kebiasaan orang 'kita' dengan orang Amerika. Orang Amerika langsung berhenti di tempat parkir di dekat situ untuk membaca informasi. Dengan membaca informasi - kalau sebelumnya mereka belum mempunyainya - mereka akan tahu apa yang bisa dilakukan di taman nasional yang luas itu.

Petunjuk keselamatan juga dirinci dalam paket informasi itu. Misalnya, ada peringatan agar buah-buahan dan makanan (termasuk krim kecantikan yang beraroma buah) dimasukkan dalam kaleng sehingga baunya tidak tercium. Sudah sering kejadian beruang memecahkan kaca mobil karena mencium bau buah di dalamnya.

Dari peta yang sangat rinci kita bisa mengetahui bahwa Mariposa Grove, di dekat gapura selatan itu, merupakan salah satu tujuan populer karena di sini terdapat pohon-pohon sequoia (mirip cemara) raksasa. Keliling batang pohonnya hanya bisa dijangkau oleh 3-4 orang saling merentangkan tangan. Tempat ini dibuka pada musim panas, ketika sebagian besar salju telah mulai mencair.

Dari pintu selatan ini diperlukan waktu sekitar satu jam untuk mencapai glacier point, titik tertinggi yang bisa dicapai kendaraan bermotor. Sayangnya, tempat ini lebih sering tertutup karena tumpukan salju. Tujuan kedua di Yosemite yang menjadi 'keharusan' adalah Lembah Yosemite.

Di lembah ini terdapat visitor center yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti: toko, restoran, penginapan, museum, dan lain-lain.

Perjalanan menuju Lembah Yosemite itu merupakan bagian yang paling scenic (berpemandangan indah). Pada jalur ini kita bisa melihat cadas El Capitan (sangat terkenal di antara para pendaki cadas karena hampir tegak lurus dengan bumi), dikelilingi berbagai cadas dengan nama-nama unik: Half Dome, Sentinel Dome, Clouds Rest, North Dome.

Pemandangan spektakuler inilah yang juga terlihat dari Glacier Point dari titik yang lebih tinggi. Yosemite juga kaya dengan berbagai air terjun, sungai, danau, padang rumput, serta hutan yang indah. Kekayaan dan keragaman inilah yang membuat Yosemite populer bagi segala usia.

Demikianlah  Suka Traveling ? Coba Jalan Ke Taman Nasional Yosemite Amerika Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu 10 DAFTAR RESTORAN DENGAN PELAYAN CEWEK PALING SEKSI DI DUNIA Taman Nasional Super Cantik Di Amerika yellowstone kamping
Title : Suka Traveling ? Coba Jalan Ke Taman Nasional Yosemite Amerika
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-09-19T18:28:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...