Sabtu, 10 September 2016

Pelaut Online - Kota Manado, Sulawesi Utara, punya sebuah taman bawah laut eksotis yang terkenal ke seluruh penjuru dunia. Karenanya, Taman Nasional Bunaken (TNB) didaftarkan Indonesia ke Organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) pada 2005, sebagai salah satu situs warisan dunia memang memiliki segudang pemandangan menakjubkan.

Dilansir dari jawapos.com , terdiri dari lima pulau, Taman Nasional Bunaken memiliki kurang lebih hampir 50 diving spot (tempat menyelam). Lima pulau tersebut yakni Bunaken, Manado Tua, Siladen, Montehage dan Nain.

Taman Laut Bunaken Siap Taklukkan UNESCO
Untuk mencapai kawasan TNB dengan luas 890.65 kilometer persegi ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Lama perjalanan tersebut langsung terobati dengan penandangan sekitar Bunaken. View laut diatas maupun dibawah laut tampak cantik dipandang. Biota laut, mulai dari terumbu karang hingga hewan masih bisa dinikmati dengan menyelam atau sekadar snorkeling.

Saat ini, hampir 90 persen tempat menyelam Bunaken masih dijamin keindahannya. Para penyedia jasa wisata pun kini bersepakat untuk turut melestarikan wisata laut tersebut. Wisatawan yang hendak snorkeling biasanya akan diberikan tempat bernama Liang. Tempat dengan kedalaman lima sampai sepuluh meter tersebut masih bisa dinikmati pandangan mata tanpa harus menyelam terlalu dalam.

Biota laut seperti ikan berwarna-warni seperti nemo banyak dijumpai disini. Bintang laut dan juga gurita juga mudah ditemui disini. Meskipun hampir sebagian terumbu karang mati, namun wisatawan yang snorkeling dapat menuju pinggiran palung untuk melihat keindahan bawah laut. Akibatnya, Bunaken tidak masuk dalam 10 besar destinasi wisata oleh Kemenpar. Dan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado berbenah.

"Kami harus bersinergi dengan Pemkot Manado membangun Bunaken agar citra dan pesona taman laut sebagai primadona pariwisata Bumi Nyiur Melambai bisa kembali seperti dulu," kata Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw.
Mungkin itulah Artikel tentang Taman Laut Bunaken Siap Taklukkan UNESCO
Title : Taman Laut Bunaken Siap Taklukkan UNESCO
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-09-10T17:06:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...