Rabu, 21 September 2016

Setiap jenis peregangan pada dasarnya memiliki risiko cidera yang berbeda-beda. Kemungkinan terjadinya risiko tersebut tergantung pada bermacam-macam variabel, di antaranya kontinyuitas latihan, usia seseorang, cidera yang pernah terjadi sebelumnya, kelelahan, dan pemakaian teknik peregangan yang tidak tepat.

Ada peregangan yang disebut dengan peregangan kategori salah. Maksudnya adalah, peregangan yang mempunyai tingkat kemungkinan cidera cukup tinggi dan terlalu berbahaya. Sehingga tidak layak dilakukan oleh orang awam yang baru saja memulai latihan olahraga.

Seperti kita ketahui, bahwa peregangan tersebut merupakan bagian integral dari cabang olahraga aerobik, senam, beladiri, judo, dan yoga.
Suka Berolahraga? Pemanasan / Peregangan ini Bahaya Bagi Otot Anda
source image via depositphotos.com
Berikut tiga peregangan yang termasuk dalam kategori salah yang bisa membuat otot anda jadi sakit

3.Posisi tubuh seperti membajak

Meletakkan posisi punggung bagian bawah sehingga akan mengakibatkan ketegangan secara berlebihan pada punggung. Hal ini dapat membahayakan apabila Anda mempunyai kelainan atau cidera punggung sebelumnya.

Selain itu, meregangkan bagian tubuh yang lentur sehingga menyebabkan terbentuknya sikap badan yang cacat. Juga bisa mengganggu pernapasan apabila terdapat timbunan lemak yang berlebihan di daerah sekitar perut (abdominal). Posisi ini juga tidak baik bagi paru-paru dan jantung.

2.Posisi membalikkan kaki

Posisi ini bisa mengakibatkan meregangnya ligamen lutut bagian tengah, meremukkan meniscus, menaikkan ketidakstabilan lutut, serta memutar dan menekan tempurung lutut sehingga berakibat posisi tempurung lutut sedikit tergelincir ke samping.

3.Posisi berjongkok

Dapat membahayakan ligamen lutut bagian samping, memadatkan tempurung lutut, serta menjepit dan merusak cartilago

Demikianlah Suka Berolahraga? Pemanasan / Peregangan ini Bahaya Bagi Otot Anda
Title : Suka Berolahraga? Pemanasan / Peregangan ini Bahaya Bagi Otot Anda
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-09-21T11:00:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...