Kamis, 22 September 2016

KUAKAP.COM - Sambil membaca koran, segelas teh di sore hari, ditemani beberapa potong kue, sungguh nikmat. Tahukah Anda bahwa segelas teh di sebelah Anda punya riwayat panjang? Konon, Cina merupakan 'tanah kelahiran' teh dengan Shen Nung sebagai Kaisar yang pertama kali memperkenalkan tanaman teh.

Kisah yang paling banyak diikuti tentang asal usul Teh, adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum masehi. Kaisar Shen Nung juga disebut sebagai Bapak Tanaman Obat-Obatan Tradisional Cina saat itu. Konon kabarnya, pada suatu hari ketika sang Kaisar sedang bekerja di salah satu sudut kebunnya, terlebih dahulu ia merebus air di kuali di bawah rindangan pohon.
gambar foto sumber dari setinchina.com
gambar foto sumber dari setinchina.com

Secara kebetulan, angin bertiup cukup keras dan menggugurkan beberapa helai daun pohon tersebut dan jatuh kedalam rebusan air dan terseduh. Sewaktu sang Kaisar meminum air rebusan tersebut, ia merasa bahwa air yang diminumnya lebih sedap daripada air putih biasa, dan menjadikan badan lebih segar. Daun yang terseduh kedalam rebusan air sang Kaisar adalah daun Teh.

Sejak sejak saat itu teh mulai dikenal dan disebarluaskan. Berikutnya, bangsa Cina mengenal Kisah Lu Yu, seorang cendekiawan Cina yang sangat 'getol' mengumpulkan dan membukukan temuan dan manfaat teh. Pada tahun 780, Lu Yu berhasil memuat fakta-fakta tentang teh ke dalam sebuah literatur, yaitu Ch'a Cing atau The Classic Of Tea.

Sejak itulah, teh Cina merambah ke seluruh dunia melalui Jalur Sutra Selama masa pemerintahan Dinasti Han Tang Soon dan Yuan. Komoditas Teh diperkenalkan ke dunia luar melalui pertukaran kebudayaan, melalui jalur Sutera, menyeberangi Asia Tengah dan akhirnya mendunia.

Pada periode berikutnya, sebuah perusahaan Inggris, East India Companypada tahun 1644, membuka kantor di Xiamen. Pada masa itulah, daun Teh dikenal umum sebagai minuman yang diseduh dengan air panas. Dan tahun 1669, East India Company mendapatkan lisensi mendatangkan komoditas Teh dari Cina ke Inggris dengan menggunakan kapal Elizabeth I. Selama sembilan tahun, East India Company memonopoli perdagangan Teh sampai dengan tahun 1833.


Kapan teh masuk ke negara Indonesia? Teh dikenal di Indonesia sejak tahun 1686 ketika seorang Belanda bernama Dr. Andreas Cleyer membawanya ke Indonesia sebagai tanaman hias. Baru pada tahun 1728, pemerintah Belanda mulai memperhatikan teh dengan mendatangkan biji-biji teh secara besar-besaran dari Cina untuk dibudayakan di pulau Jawa.

Usaha tersebut tidak terlalu berhasil dan baru berhasil setelah pada tahun 1824 Dr.Van Siebold seorang ahli bedah tentara Hindia Belanda yang pernah melakukan penelitian alam di Jepang mempromosikan usaha pembudidayaan dengan bibit Teh dari Jepang.

Usaha perkebunan teh pertama dipelopori oleh Jacobson pada tahun 1828 dan sejak itu menjadi komoditas yang menguntungkan pemerintah Hindia Belanda, sehingga pada masa pemerintahan Gubernur Van Den Bosh, Teh menjadi salah satu tanaman yang harus ditanam rakyat melalui politik Tanam Paksa (Culture Stetsel

catatan video youtube pemetik daun teh negara cina
Demikianlah Asal Usul Teh China Yang Men-dunia Sampai Indonesia gambar foto sumber dari setinchina.com, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu DAFTAR SERTIFIKAT PELAUT TERBARU AMANDEMENT SCTW MANILA 2010 JIKA KAMU INGIN BERLAYAR Berita kompas, Fakta Unik liputan6, web sheath
Title : Asal Usul Teh China Yang Mendunia Sampai Indonesia
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-09-22T21:30:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...