Senin, 15 Agustus 2016

Pasti anda sudah tahu apa pengertian garam, Garam suatu mineral penting yang tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Bayangkan, hampir semua makanan yang kita konsumsi setiap harinya mengandung garam sebagai penyedap rasa.

Karena pentingnya, konsumsi ideal mineral yang mampu membantu mendukung kesehatan saraf dan fungsi otot ini menjadi isu tersendiri di dunia medis. Kenapa? Karena konsumsi garam yang terlalu banyak maupun yang terlalu sedikit ternyata dapat juga membuatkesehatan tubuh manusia jadi tidak baik
Apa Manfaat Garam Bagi Tubuh Manusia ?

seperti kami kutip dari sehat web bahwa orang memang mengkonsumsi garam secara berlebih. Tapi tak jarang yang justru kekurangan dikarenakan diet yang salah (terlalu banyak minum atau menghindari garam total) atau pengaruh obat-obatan tertentu seperti antidepresan, diuretik, dan beberapa obat nyeri.

Menurut Dokter Susan Jebb, Kepala Gizi dan Penelitian Kesehatan MRC di kantornya Cambridge, seperti dikutip Timesonline, konsumsi garam yang direkomendasikan untuk orang dewasa sebesar 6 gram atau setara dengan satu sendok teh setiap harinya.

Atau lebih lengkapnya, asupan garam yang ideal berdasarkan usia dapat dilihat pada tabel berikut ini:
  • 0-6 bulan 1 gram
  • 7-12 bulan 1 gram
  • 1-3 tahun 2 gram
  • 4-6 tahun 3 gram (setengah sendok teh)
  • 7-10 tahun 5 gram
  • 11-14 tahun 6 gram
  • Dewasa 6 gram (satu sendok teh).
Lalu seperti apa sih bahayanya menikmati garam dalam jumlah yang tidak sesuai dengan asupan tubuh? Ternyata konsumsi yang berlebih dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi seperti kanker, stroke, dan  juga bisa menyerangan jantung serta meningkatkan resiko aterosklerosis.

Dan jika konsumsi yang terlalu sedikit bisa menyebabkan gondok, gangguan mental, ketidakmampuan berkonsentrasi, dan dalam kasus yang ekstrem bisa berakibat fatal mengalami hiponatremia.

Hiponatremia sendiri adalah ketidakseimbangan elektrolit yang terjadi karena tingkat natrium darah dibawah 135 mEq/L. Penyakit ini dapat menyebabkan kantuk, kelelahan dan kebingungan. Kondisi ini juga dapat memperlambat pikiran dan menyebabkan masalah dengan memori yang membuat orang sering lupa.

Pada skenario ekstrem, kondisi yang menguras jumlah natrium dalam tubuh ini juga dapat menyebabkan gejala muntah-muntah hebat, diare, gagal ginjal, gagal jantung, hipotiroidisme, sirosis hati dan penyakit Addison.

Namun bila Anda sering lupa, sebaiknya jangan mencoba mengobatinya sendiri dengan meningkatkan asupan garam. Kehilangan memori dan sering lupa bisa berasal dari berbagai penyebab, sehingga perlu mendapatkan diagnosis yang akurat sebelum menggunakan pengobatan rumah untuk mengobatinya.

Demikianlah Apa Manfaat Garam Bagi Tubuh Manusia ?, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu Tanda Anemia Kekurangan Zat Besi Di Tubuh penyebab kekurangan garam dalam tubuh
Title : Apa Manfaat Garam Bagi Tubuh Manusia ?
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-08-15T22:41:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...