Jumat, 26 Agustus 2016

Kebiasaan merokok lagi-lagi menjadi biang masalah kesehatan. Kali ini, sebuah riset di Amerika Serikat mengungkap kaitan antara merokok dengan risiko tinggi gangguan pendengaran.
Kami kutip Dari surabaya-ehealth.org Riset yang dipublikasikan Majalah New Scientist belum lama ini menyimpulkan, remaja perokok atau mereka yang ibunya merokok ketika hamil, berisiko tinggi mengalami masalah pendengaran.
Seorang Perokok Aktif & Pasif Bisa Pendengaran Terganggu
Adalah peneliti dari Universitas Yale yang melakukan riset tersebut dengan melibatkan 67 remaja. Hasil riset menunjukkan bahwa remaja yang terpapar asap rokok mengalami kesulitan dalam memfokuskan serta menginterpretasi suara ketika terjadi distraksi atau pengalihan.
Tim peneliti juga memeriksa hasil scan yang menunjukkan bahwa paparan asap rokok dapat mengubah komposisi white matter pada otak, yang berperan dalam menyampaikan pesan. Dari hasil pemeriksaan scan otak ditemukan bahwa remaja yang merokok cenderung memiliki komposisi white matter lebih banyak dalam otak mereka.
Penelitian sebelumnya menunjukkan pula bahwa anak-anak yang kelebihan white matter pada otaknya mengalami masalahan dalam menyampaikan dan mengiinterpretasi suara karena white matter menjadi tidak sinkron dengan bagian otak keseluruhan.
Para peneliti percaya bahwa kelebihan white matter ini disebabkan oleh nikotin yang merangsang pembentukan senyawa kimia yang disebut acetylcholine. Bukti lainnya juga terdapat pada tes komputer yang dijalani para remaja usia 13 hingga 18 tahun. Dalam tes, mereka diminta mengenali kata-kata sambil dialihkan perhatiannya melalui visualisasi atau suara berisik.
Di antara remaja pria yang menjalani pengujian ini, yang terpapar asap rokok hanya mampu meraih skor 77, sedangkan yang tidak terpapar asap rokok sebesar 85. Pada wanita, pembagiannya adalah 84% dengan 90%.
Pimpinan riset, Leslie Jacobsen, menegaskan bahwa hasil temuan ini cukup berarti. "Individu yang terinfeksi memiliki masalah dalam penyesuaian ketika terjadi distraksi. Kondisi ini bisa terjadi di ruang kelas di mana banyak orang berbicara dan banyak hal yang terjadi. Bila diperparah dengan kondisi lainnya seperti gangguan perilaku, ini bisa berujung pada terganggu dan gagalnya proses belajar mengajar di sekolah," ujarnya
Demikianlah Seorang Perokok Aktif & Pasif Bisa Pendengaran Mereka Terganggu, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu Pra-Menopause Bisa Menyebabkan Keguguran, Benarkah Begitu ? hubungan pengetahuan dan sikap tentang rokok dengan perilaku Bahaya Menjadi Perokok Pasif Alodokter
Title : Seorang Perokok Aktif & Pasif Bisa Pendengaran Mereka Terganggu
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-08-26T17:21:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...