Rabu, 13 Juli 2016

KUAKAP.COM -Dalam psikologi dikenal beberapa istilah yang terkait dengan diri seseorang atau "self" seorang manusia, di antaranya citra diri. Citra diri adalah sikap seseorang dalam melihat dirinya sendiri.

Salah satu bagian yang tak terpisahkan dari citra diri adalah citra tubuh yaitu gambaran mental dan penilaian seseorang akan tubuhnya termasuk kulit wajahnya.

Citra tubuh ini secara umum dibentuk dari perbandingan yang dilakukan seseorang atas fisiknya sendiri dengan standar kecantikan yang dikenal oleh lingkungan sosial dan budayanya.

Memang, diri fisik inilah yang terlihat di dunia nyata. Melalui tubuh secara fisik ini pula seseorang tampil di hadapan manusia-manusia lain, dan sebagian besar orang menginginkan penampilan yang tampak menarik, sesuai dengan standar yang berlaku di lingkungan masing-masing.

Kenapa Cewek Cantik Tapi Suka Minder ?

Masalahnya, citra tubuh ini tergantung pada lingkungan sosial dan budaya tempat seseorang berada. Sebagai contoh, di suatu bagian Afrika beberapa waktu lalu (mungkin sampai kini) dan juga sebagian pedalaman Papua Nugini berlaku standar kecantikan tersendiri. Yaitu, cantik adalah kulit wajah yang diberi torehan-torehan atau tato. Yang mulus dan bening, malah tak dianggap cantik!

Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi masa kini, rasanya standar kecantikan menjadi global dan universal. Maksudnya, standar pembentukan citra tubuh yang digambarkan oleh iklan kosmetika dunia menjadi megatrend untuk hampir semua manusia di dunia.

Maka tak heran apabila kondisi kulit wajah yang bersih, segar, dan elastis, kini diidamkan oleh semua wanita (dan laki-laki) di dunia.

Citra tubuh sebagai bagian dari citra diri, punya pengaruh terhadap cara seseorang melihat dirinya. Selanjutnya, akan menentukan juga cara seseorang menilai dirinya, positif atau negatif. Kalau seseorang menilai dirinya positif, maka ia juga yakin akan kemampuan dirinya atau dalam istilah sehari-hari "percaya diri".

Penelitian di bidang citra diri menemukan bahwa manusia dalam tahap perkembangan dari masa kanak-kanak sampai usia tua akan selalu memperhatikan penampilan fisiknya. Sebagai contoh, dari penelitian terhadap 62.000 orang Amerika (Berscheid, Hatfeild & Bohrnstedt, 1973) ditemukan bahwa mereka yang memiliki citra tubuh tinggi ternyata juga menilai dirinya lebih positif dibandingkan mereka yang memandang citra tubuhnya rendah.

Dengan kata lain, kalau orang menilai fisiknya sendiri (termasuk kulit wajah) sudah oke, maka secara umum ia juga merasa oke, atau percaya diri. Percaya atau tidak, ternyata sikap percaya diri juga mempengaruhi kebahagiaan batin seseorang

Demikianlah Kenapa Cewek Cantik Tapi Suka Minder ? Artikel Review Dari kuakap.com, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan yang lain Yaitu Cara Mengatasi BAD MOOD BER-CINTA Antara Suami Istri definisi dan pengertian ilmu Psikologi
Title : Kenapa Cewek Cantik Tapi Suka Minder ?
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-07-13T12:40:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...