Minggu, 17 Juli 2016

17 Juli Festival Gion Matsuri Jepang
Jepang memiliki ratusan, bahkan ribuan festival kebudayaan. Salah satu festival yang terbesar dan terpopuler adalah Gion Matsuri. Dalam kesempatan ini, saya akan menjelaskan sedikit mengenai Gion Matsuri, dan sejarah dari festival ini.

Gion Matsuri adalah salah satu festival tahunan terbesar dan tertua di Jepang. Gion Matsuri diselenggarakan setiap tanggal 1 Juli dan berlangsung selama satu bulan penuh. Gion Matsuri mencapai puncaknya pada tanggal 17 Juli.

Tradisi Gion Matsuri dimulai sekitar 1.100 tahun yang lalu. Pada tahun 869, Jepang mengalami wabah penyakit menular yang ganas, sehingga perlu diadakan upacara yang disebut Goryou-e untuk menenangkan arwah orang yang meninggal karena wabah penyakit menular.

Seorang pendeta Shinto bernama Urabe Hiramaro kemudian membuat 66 pedang dengan mata di dua sisi (Hoko) untuk dipersembahkan kepada penjaga dari penyakit menular, yaitu dewa Gozutenno. Jumlah Hoko sesuai dengan negara-negara kecil yang ada di Jepang pada masa itu.

Upacara ini kemudian dikenal sebagai Gion Goryo-e, yang akhirnya disingkat menjadi Gion-e. Upacara ini kemudian terus diselenggarakan setiap tahunnya, hingga menjadi Gion Matsuri yang kita kenal pada masa ini.

Berikut ini adalah beberapa event dalam festival Gion Matsuri :

Yoiyama
Puncak energy dari Gion Matsuri terbentuk pada hari ini. Jalan-jalan dipenuhi orang-orang, musik Gion Bayashi diputarkan, dan kios-kios didirikan di jalan yang telah di dekorasi sedemikian

Hanagasa Flower Hat Procession
Pada pukul 10 pagi, sekitar 10 payung besar yang diikuti kurang lebih 1000 orang berangkat dari Kuil

Kanko Festival
Dimulai pada pukul 5 sore, 3 mikoshi (kuil kecil yang dapat diangkat) diantarkan kembali dari Otabisho menuju Kuil Yasaka. Upacara ini selesai sekitar tengah malam.2

Demikian penjelasan saya mengenai Gion Matsuri. Semoga artikel ini menambah sedikit wawasan para pembaca mengenai salah satu festival terbesar di Jepang ini.
    • Kapan Hari Penting Festival Gion Matsuri Di Mulai ? Yaitu Tanggal 17 Juli
    • Dimana Hari Besar Festival Gion Matsuri Diperingati Atau Rayakan? Tepatnya Di ibu kota Jepang
    Biodata Profil Singkat Beberapa Tokoh Ternama Atau Penting Yang Ultah / Ulang Tahun Tanggal 17 Juli Juli Diantaranya
    1. 1910 - Barbara O'Neil, aktris Amerika  Meninggal 3 September 1980 
    2. 1939 - Ali Khamenei, ulama Iran dan politisi, 2 Pemimpin Tertinggi Iran 
    3. 1952 - David Hasselhoff, aktor Amerika, penyanyi, dan juga sebagai produser 
    4. 1983 - Sarah Jones, aktris Cantik asal Amerika yang terkenal dengan film Return to Zero
    Demikianlah Artikel Admin Tentang Asal Usul Sejarah Hari Festival Gion Matsuri Yang Spesial Selamat Festival Gion Matsuri sumber scdc.binus.ac.id Sekian Dan Terimakasih, Semoga Ada Manfaat Untuk Pembaca Foto Gambar Sumber Dari japantimes.co.jp Silahkan Baca Juga Postingan Lainya Yaitu 17 Juli Hari Keadilan Sedunia Internasional Kalender Hari 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Jatuh Pada Tanggal Berapa
    Title : 17 Juli Festival Gion Matsuri Jepang
    Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-07-17T21:29:00+07:00
    loading...
     
    Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
    loading...