Sabtu, 25 Juni 2016

Sejarah Hari Bidan Nasional Diperingati Tanggal 24 Juni
Dilingkungan rumah anda pasti ada rumah sakit dan disana ada juga seorang perawat yang setia melayani masyarakat untuk berobat, selain itu kita bisa terlahir kedunia biasanya dibantuoleh seorang bidan dikala ibunda melahirkan kita, oleh karena itu jasa seorang bidan itu sangat luar biasa

Pada Hari Tanggal 24 Juni Dalam sejarah Bidan Indonesia menyebutkan bahwa tanggal 24 Juni 1951 dipandang sebagai hari jadi IBI. Pengukuhan hari lahirnya IBI tersebut didasarkan atas hasil konferensi bidan pertama yang diselenggarakan di Jakarta 24 Juni 1951, yang merupakan prakarsa bidan-bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

Konferensi bidan pertama tersebut telah berhasil meletakkan landasan yang kuat serta arah yang benar bagi perjuangan bidan selanjutnya, yaitu mendirikan sebuah organisasi profesi bernama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), berbentuk kesatuan, bersifat Nasional, berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pada konferensi IBI tersebut juga dirumuskan tujuan IBI, yaitu:

- Menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya, dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa.

- Membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan, khususnya dalam pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta kesejahteraan keluarga.

- Membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
- Meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat.

Dengan landasan dan arah tersebut, dari tahun ke tahun IBI terus berkembang dengan hasil-hasil perjuangannya yang semakin nyata dan telah dapat dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun pemerintah sendiri.

Adapun tokoh-tokoh yang tercatat sebagai pemrakarsa konferensi tersebut adalah: Ibu Selo Soemardjan, Ibu Fatimah, Ibu Sri Mulyani, Ibu Salikun, Ibu Sukaesih, Ibu Ipah dan Ibu S. Margua, yang selanjutnya memproklamirkan IBI sebagai satu-satunya organisasi resmi bagi para bidan Indonesia. Dan hasil-hasil terpenting dari konferensi pertama bidan seluruh Indonesia tahun 1951 tersebut adalah:

- Sepakat membentuk organisasi Ikatan Bidan Indonesia, sebagai satu-satunya organisasi yang merupakan wadah persatuan & kesatuan Bidan Indonesia.

- Pengurus Besar IBI berkedudukan di Jakarta.

- Di daerah-daerah dibentuk cabang dan ranting. Dengan demikian organisasi/perkumpulan yang bersifat lokal yang ada sebelum konferensi ini semuanya membaurkan diri dan selanjutnya bidan-bidan yang berada di daerah-daerah menjadi anggota cabang-cabang dan ranting dari IBI.
    • Kapan Hari Penting Bidan Nasional  Di Mulai ? Yaitu Tanggal 24 juni
    • Dimana Hari Besar Bidan Nasional  Diperingati Atau Rayakan? Tepatnya Di Indonesia
    Demikianlah Artikel Admin Tentang Asal Usul Sejarah Hari Bidan Nasional Diperingati Tanggal 24 Juni Sekian Dan Terimakasih, Semoga Ada Manfaat Untuk Pembaca Foto Gambar Sumber Dari pixabay.com artikel dilansir dari www.ibi.or.id Silahkan Baca Juga Postingan Lainya Yaitu Sejarah Hari Olimpiade Internasional Tanggal 23 Juni Pengertian Definisi dokter bidan rumah sakit ucapan selamat hari bidan sedunia dalam bahasa inggris
    Title : Sejarah Hari Bidan Nasional Diperingati Tanggal 24 Juni
    Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2016-06-25T16:55:00+07:00
    loading...
     
    Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
    loading...