Kamis, 09 Juni 2016

KUAKAP.COM10 Aneka Resep Es Dingin / Campur Paling Enak Mulai Dari Cendol, Teler Es Buah Dari Medan Manado Dan Solo

Aneka Minuman Sekarang ini sangat banyak, mulai dari yang alami sampai dengan kalengan, namun Beberapa jenis minuman yang biasa dijumpai di Cafe Restoran dan juga Tea Shop, sesuai dengan karakteristik bahan dan penyajiannyapun sangat menari dan unik oleh bartender warung kopi

Indonesia minuman tradisional / jamu sangat mudah ditemukan, baik itu obat untuk perut gembung dengan wedang jahe maupun minuman yang lainya,sedangkan sekarang dipasar ataupun mini market banyak juga minuman dari luar negeri namun kualitasnya kurang tahu mending buat sendiri ataupun asli indonesia.

Nah bagi muslimah jika bunda ingin mencoba membuat es untuk nanti berbuka bisa anda lihat menu favorite kuakap.com dibawah ini bagaimana cara buat minuman yang enak dan segar dan lidah anda akan merasakan lezatnya resep itu
10 Aneka Resep Es Paling Enak Dan Terpopuler Mulai Dari Cendol, Teler Es Buah Dari Medan, Manado Dan Solo
Tapi sore tadi sebelum buka puasa ada anak tetangga dia anak dari pak johny istrinya bernama Dinda, nah tiba-tiba anaknya yang masih 12 tahun itu merengek karena minta dibelikan es dari si abang yang kebetulan suka lewat menjajakan jualanya pada bulan puasa, namun sore hari aja dia jual kira-kira 1 jam setengah jam sebelum buka, karena di komplek rumah itu tidak ada yang jual es namanya es Cincau

Kabarnya Cincau hijau terbuat dari rumput laut dan gizinya juga tinggi, dan hebatnya minuman ini bisa juga untuk kesehatan tubuh

Baca Juga Sebelumnya :
Sebelum si abang pergi saya juga sempat bertanya, gimana sih cara membuat es cincau itu, lalu diapun beri resepnya seperti dibawah ini, mungkin kita share aja sekalian beberapa jenis minuman dingin dikutip dari majalah 1001 buku resep pintar dan website silahkan simak dibawah ini


1.Cara Membuat Es cincau hijau
10 Aneka Resep Es Campur Enak Mulai Dari Cendol, Teler Es Buah Dari Medan Manado Dan Solo

Cincau hijau cocok buat mengatasi panas dalam, dan rasanya pun segar untuk dinikmati di hari yang panas.

Bahan :
2 bungkus cincau hijau, siap beli
500 ml santan dari 1 butir kelapa
1 lembar daun pandan  disobek-sobek simpulkan
1 sdt garam

Kinca :
250 gr gula aren
50 gr gula pasir
250 ml air
4 jari daun pandan

Cara membuat:
  • Kinca: rebus air, gula aren, gula pasir dan daun pandan diatas api kecil. Setelah mendidih dan larut, angkat saring dan dinginkan.
  • Masak santan dengan daun pandan dan garam, aduk-aduk, angkat dan dinginkan.
  • Siapkan gelas. Masukkan cincau hijau yang dikeruk kasar. Taruh batu es, kinca dan santan
2.Resep Membuat Es Rosela
 Es campur - huwalo anggan minuman starbucks, kali ini aku ingin mengajak anda berbaur dengan minuman yang sederhana, enak, segar d

Minum Es Rosella selain dapat kesegarannya dapatkan pula manfaat khasiatnya. Rosella kaya akan antioksidan yakni Vitamin C dan Antosianin yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, dan kerusakan sel akibat paparan sinar UV berlebih.

Bahan :
1 gelas Kelopak Rosela kering
250 gram Gula pasir
1 liter Air
250 gram Nata de Coco
250 gram Nanas, dipotong kecil – kecil
7 butir Bunga cengkih
Es batu secukupnya

Cara Membuat :

  • Rebus Rosella, gula, air dan cengkih sampai mendidih, kemudian saring
  • Masukkan Nata de Coco, biji selasih dan Nanas ke dalam air rebusan Rosella
  • Biarkan sampai dingin dan sajikan dengan es batu
3.Resep Buat es telur puyuh carnaval
Kita semua tahu bahwa es campur adalah salah satu minuman khas yang di miliki oleh negara kita Indonesia. Es campur dapat kita jumpai

ini bukan telur puyuh beneran kok… kalau tidak percaya, yuk intip resepnya. Cocok lho buat pesta ulang tahun anak-anak

Bahan:

- 1 Bungkus Jelly Bubuk
- 1 bungkus Agar-agar putih
- 250 cc susu cair
- 600 cc air
- Pewarna hijau dan kuning secukupnya
- 2 sendok teh selasih, rendam
- 300 gram gula pasir
- Es Batu secukupnya
- 100 cc sirup pandan
- 50 cc sirup markisa
- 500 cc air
* Aduk jadi satu 100 cc sirup pandan, 50 cc sirup markisa dalam 500 cc air

Cara Membuat:

1. Telur Puyuh: Campur air, susu, gula, agar-agar, jeli. Aduk rata, masak hingga mendidih. Bagi menjadi 2, beri pewarna hijau dan kuning, masing-masing tuang ke dalam cetakan telur (ukuran telur kecil), hingga penuh, tutup. Birkan dingin dan beku, keluarkan dari cetakan.

2. Tata telur puyuh dalam gelas, Beri air, sirup, selasih, hidangkan dengan es batu.

4.Resep Es Campur Khas Dari Medan
Prakata Mendengar namanya saja, Es Campur, keinginan untuk mencicipi sudah tergugah. Mengapa disebut Es Campur? Rupanya itu tak lain dan tak bukan

Es Campur Medan Dengan Khas Aroma Gula Merah sangat memanjakan lidah kita, Apalagi bila diminum selagi terik matahari menyengat.diminum bersama keluarga tercinta sungguh sangat menyenangkan.

BAHAN

150 g kacang merah
100 g daging nangka
100 g tapai singkong
50 g jagung manis kalengan
50 g sagu biji delima, siap pakai
100 g cendol, siap pakai
Es serut

SIROP

100 g gula merah
50 g gula pasir
200 ml air
1 lembar daun pandan, potong-potong

KUAH SANTAN

200 ml santan, dari ½ butir kelapa
Seperempat sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan

CARA MEMBUAT :
  • Cuci bersih kacang merah. Bila mengunakan kacang kering, rendam beberapa jam, tiriskan. Rebus kacang merah dalam air secukupnya hingga lunak, angkat, tiriskan.Potong-potong nangka ukuran 1×1 cm, potong tapai singkong bentuk dadu 1 cm.
  • Sirop : Masak gula merah dan gula pasir bersama air dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut, angkat, saring, sisihkan.
  • Kuah Santan : Masak santan bersama garam dan daun pandan hingga mendidih sambil ditimba-timba supaya tidak pecah, angkat, sisihkan hingga dingin.
  • Penyajian : Siapkan Mangkuk/Gelas Saji, Masukkan berturut-turut kacang merah, nangka, tapai, jagung, biji delima, dan cendol. Tuangi santan, Masukkan es serut dan tambahkan sirop diatasnya.
5.Resep Minuman Es cendol
Resep Es Campur Pelangi enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan mudah diikuti

Indonesia mengenal cendol Bandung dan dawet Banjarnegara. Warnanya hijau khas, dibuat dari tepung beras, atau ada juga yang menggunakan sagu aren. Yuk kita coba buat sendiri di rumah, simple kok, dan dijamin higienis!

bahan-bahan:
-100 gr tepung beras
- 25 gr tepung tapioka
- 450 ml air
-1 sendok teh pasta pandan siap pakai/ sesuai selera.

Cara membuat Cendol atau es dawet:
  • Campur semua bahan cendol, jerang di api kecil dan aduk hingga meletup-letup.
  • Matikan api, aduk terus sampai agak hangat.
  • Masukan ke dalam plastik bening, ikat kuat, lalu lubangi ujung plastik dengan diameter kurang lebih setengah cm.
  • Siapkan wadah berisi air matang dan es batu, lalu seperti menggunakan spuit, tekan plastik agar adonan cendol keluar dari lubang plastik dan langsung masuk ke dalam wadah berisi air dingin/air es.
Pelengkap:

- 1 kaleng Nangka manis Potong Korek api
- Santan secukupnya,rebus hingga mendidih sambil diaduk supaya tidak pecah, tambahkan sedikit garam dan daun Pandan.
- 150 gr Gula jawa atau secukupnya,rebus dengan air hingga mendidih.

Cara Penyajian:
Tata Cendol dan Nangka atau sejenisnya, beri Santan dan gula diatasnya, sajikan dalam keadaan dingin.

6.Resep Buat Es manado
 Konsumen es campur pelangi memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan es campur pelangi mampu memikat banyak

Hubungan es Manado dengan orang Manado sih masih belum jelas, tapi yang pasti Es Manado ini bahan dasarnya adalah sirsak. Mungkin di Manado banyak sirsak, trus orang sana suka mengolahnya menjadi minuman. hmmm jadi penasaran nih cara buatnya gimana :-)

Bahan :
2 gelas sirsak utuh (buang bijinya)
2 gelas daging kelapa muda serta airnya
1 bungkus nata de coco
leci kalengan beserta airnya
Susu kental manis secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat :
  • Ambil 1 gelas sirsak lalu blender dengan sedikit air kelapa muda
  • Campur sirsak yg sudah diblender dengan sisa sirsak serta bahan yang lain dalam mangkok besar.
  • Sajikan dalam gelas..
Note :
Buah sirsak mengandung banyak kalsium, karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak.

Khasiat buah sirsak (graviola) sebagai obat anti tumor/kanker, anti bakteri, anti jamur (fungi), melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik. Di dalamnya terdapat zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.

Komposisi :
Sirsak (Annona muricata) pada setiap 100 gramnya mengandung nilai kalori sebanyak 65 kalori, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 16,3 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 27 miligram, besi 0,6 miligram, vitamin A 10 SI, vitamin B, 0,07 miligram, vitamin C 20 miligram dan zat air 81,7 persen. Di samping itu, pada bagian daun clan batangnya mengandung unsur senyawa tanin, fitosterol, ca-oksalat dan alkaloid murisine.

7.Resep Minuman Es gempol
Es Campur merupakan sajian kuliner muniman yang terdiri dari berbagai campuran bahan buah buahan dengan tambahan bahan pelengkap lainya

Minuman khas Solo ini sudah jarang lho yang menjual mungkin saat puasa ada yang tertarikcoba? kalau memang iya  Kita coba bikin sendiri aja yuk

Bahan-bahan:

Gempol:

* 200 gr tepung beras
* 25 gr tepung sagu
* 50 ml air panas
* 25 ml air daun suji
* 5 bh nangka, potong memanjang
* Sirup vanilli
* 1/2 sdt garam
* Es batu, hancurkan
* Air

Kuah Santan:

* 500 ml santan kental
* 2 lbr daun pandan, simpulkan
* 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan air
* 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

Adonan gempol:
1.Kukus tepung beras selama 30 menit, kemudian angkat.
2.Campurkan tepung sagu, air daun suji dan air panas, dan uleni hingga kalis.
3.Bulatkan adonan sebesar kelereng, tekan bagian tengah dengan ibu jari hingga membentuk cekungan.
4.Masukkan dalam air mendidih, rebus adonan hingga mengapung, angkat. Sisihkan.

Kuah santan:
1.Panaskan santan, garam dan daun pandan, aduk rata, masak hingga mendidih.
2.Tuang larutan tepung maizena, aduk, masak hingga kental, angkat.

Penyajian: susun gempol dan nangka, tuang kuah santan, sirup vanili dan es batu dalam gelas. Sajikan.

8.Resep Minuman Es teler
Simak informasi Cara Membuat Resep Es Campur Buah Spesial Enak yang bisa memberikan banyak referensi saat anda akan membuat Es Campur segar

Udara panas bikin sebal, namun kalaupun sebel mau dibilang apa ya, mending kita lanjut belajar membuat minuman yang seger aja seperti buat es teler dan caranyapun tidak sulit dan  hasilnya pasti enak

Bahan:

1 bh kelapa muda, keruk bgn dagingnya
1 bh alpukat, keruk bagian dagingnya
10 bj buah nangka, diiris tipis
5 sdm susu kental manis
es serut atau es batu secukupnya
400ml air kelapa
100gr gula yang telah dilarutkan

Cara membuat:
1. Masukan kelapa muda, alpukat, nangka dan bahan tambahan lainya sesuai selera ( kolang-kaling, cingcau hitam, sari kelapa atau selasih ) kedalam gelas atau mangkuk saji.
2. tuangkan air dan gula yang telah dilarutkan
3. tuangkan susu kental manis diatasnya
4.siap disajikan bersama es serut

9.Resep Buat Es palu butung
Cara Membuat Es Campur Sederhana – Es Campur merupakan minuman yang terbuat dari berbagai macam campuran seperti, sruntul, cincau, kolang-kaling

nah Ini dia makanan khas daerah Makasar selain pisang hijau. Buahnya tetap menggunakan pisang, tetapi penyajiannya dijamin berbeda. Silakan dicoba yah.

Bahan :
5 buah pisang kepok tua dan matang, kupas, kukus, potong-potong
50 gram tepung beras
600 cc santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
60 gram gula pasir
Es batu secukupnya
Sirup warna merah secukupnya

Cara Membuat :
  • Campur tepung beras, santan, garam, pandan, dan gula pasir. Kemudian masak hingga kental.
  • Siapkan mangkuk atau piring cekung. Taruh pisang iris di dalamnya. Tuangi bubur.
  • Tambahkan es serut atau es batu.
  • Tuangkan sirup merah diatasnya. Hidangkan.
10.Resep Minuman Es bumi hangus
Es Campur, minuman klasik yang satu ini memang sudah tidak asing lagi ya di telinga masyarakat Indonesia, pasalnya

Ini adalah nama salah satu minuman segar yang enak banget. Penasaran resepnya kaya gimana? Mari diintip yuk.

Bubur Sumsum :

100 gram tepung beras
100 gram gula merah, sisir
750 cc santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
3 lembar daun pandan

Kuah Santan :

500 cc santan dari 1 butir kelapa
200 cc susu cair
250 gram gula merah, sisir halus
50 gram gula pasir
3 lembar daun pandan
2 lembar daun jeruk purut

Masak sampai cair dan kental. Saring, dinginka.

Pelengkap :
50 gram biji selasih
100 gram cincau hitam, potong dadu
100 gram kolang kaling merah, potong-potong
Es serut secukupnya

Cara Membuat :

Masak semua bahan bubur sumsum sampai kental. Sisihkan.
Siapkan gelas atau mangkuk. Sendokkan bubur sumsum. Tambahkan pelengkap. Masukkan es serut dan kuah santan. Hidangkan.

Nah resep minuman segar sudah selesai, waktunya untuk anda mempersiapkan lagi keperluan lainya dan jangan lupa peralatanya dibersihkan ya!

Demikianlah 10 Aneka Resep Es Dingin Paling Enak Dan Terpopuler Mulai Dari Cendol, Buah, Teler Serta Es Campuri Medan, Manado Dan Solo Artikel Review Dari kuakap.com, Semoga Tentang Ulasan Singkat Sederhana ini Dapat Berguna Dan Ada Manfaat Untuk Kita Semua, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu 10 Olahraga ini Lagi Trend Dan TOP Di Gemari Perempuan / Wanita Karir resep es restaurant unik untuk jualan dan macam es mambo lilin 10 Aneka Resep Es Campur Paling EnakDan Segar Mulai Dari Cendol, Teler Es Buah Dari Medan Manado Dan Solo 2016 Terbaru
Title : 10 Aneka Resep Minuman Dingin Paling Enak
Posted by : Rajah Rafael Rating 5 Star Published : 2016-06-09T04:55:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...