Selasa, 31 Mei 2016

KUAKAP.COM - Berbagai macam jenis tikus di dunia ini selalu dan kebanyakan orang tidak suka, sebab banyak merugikan para petani berladang dan menanam padi sawah dan begitu juga dengan tikus rumah dan kantor dan semua merekausir dan cepat keluar dari sana.

Kalau manusia biasa bermimpi, ternyata binatang juga demikian. Jika Anda pernah melihat seekor anjing mengejar tupai di dalam tidur Anda, maka tidak mengejutkan jika untuk pertama kalinya para peneliti berhasil menunjukkan kalau binatang juga bermimpi hal yang sama. Para peneliti yang memantau otak tikus yang sedang tidur memastikan mengenai isi dari mimipi tikus itu.

Hasil penelitian mengenai mimpi binatang ini menunjukkan bahwa binatang yang rantai makanannya relatif rendah seperti tikus bisa juga mengingat dan melihat kembali pengalaman mereka.
Bagaimana Seekor Tikus Bisa Mimpi ?
picture source dreamstime.com
Sebelumnya diduga hanya mahluk 'pintar' seperti manusia, simpanze dan ikan paus, kucing, anjing saja yang mampu melakukan hal itu, ternyata itu tidak benar.

Penelitian ini juga memberi sedikit keterangan mengenai fungsi mimpi yang memainkan peranan penting untuk memperlama memori.

Penelitian ini dilakukan dua orang peneliti dari Insitut Teknologi Massachusetts, Inggris Matthew Wilson dan Kenway Louie. Mereka melatih beberapa tikus untuk berlari di suatu lingkaran dan memberi mereka makanan sebagai hadiah.

Selama tikus berlari, mereka memonitor aktivitas otak binatang ini dan mencatat pola yang dibentuk oleh neuron yang dikeluarkan di hippocampus, suatu bagian otak yang berhubungan dengan ingatan.

Para peneliti lalu meneliti aktivitas neuron yang terjadi di bintang itu ketika tidur pulas atau memeriksa kecepatan gerakan mata (REM). Karena saat REM inilah biasanya terjadi mimpi.

Penemuan ini dituangkan ke jurnal Neuron mengungkapkan bahwa setelah berlari di lingkaran sepanjang hari, tikus itu bermimpi mengenai pengalamanya. Otak tikus ketika REM menunjukkan kesamaan yang sangat mirip dengan yang dicatat peneliti selama tikus itu melakukan aktivitasnya di saat tidak tidur. Tercatat juga mimpi mereka merupakan ingatan mereka di kala berlari dan berdiri tegak.

"Hasil penelitian menduga, tikus dapat mengevaluasi kembali pengalamannya karena mendapat bantuan dari dunia luar. Hal ini tak mungkin terjadi tanpa bantuan dunia luar itu. Suatu dialog internal mungkin terjadi pada tikus dan binatang lainnya seperti halnya manusia.

Hasil penelitian ini ditanggapi peneliti lain, yang setuju atas pendapat itu. Diantaranya seorang peneliti Sekolah terkenal yaitu Medis Harvard. Menurut mereka, Data Matt Wilson merupakan masukan yang baik untuk melihat bahwa manusia dan binatang memiliki persamaan dalam hal memanfaatkan tidur.

Melalui tidur mereka bisa mengingat kembali informasi yang mereka dapatkan, baik yang baru saja terjadi (kasus pada binatang) maupun yang sudah agak lama pada manusia

Tahun lalu ada pula peneliti yang melakukan penyelidikan terhadap para pemain Tetris. Seperti halnya tikus yang bermimpi berlari di lingkaran, para pemain Tetris juga bermimpi tentang permainannya.

Pada saat bermimpi, otak terasa ingin belajar dari pengalaman hidup. Otak tampaknya menyimpan memori seperti buku catatan, tetapi hanya beberapa pengalaman seperti film yang diputar ulang di mimpi, yng mungkin bisa menentukan peristiwa yang kita ingat.

Di masa mendatang, Wilson akan meneliti mengapa manusia dan binatang memimpikan suatu peristiwa tertentu, bukan peristiwa lainnya.

Demikianlah tentang tikus yang bisa bermimpi Artikel Review Dari kuakap.com, Semoga Tentang Ulasan Singkat Sederhana ini Dapat Berguna Dan Ada Manfaat Untuk Kita Semua, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu Misteri Negeri Paloh Sambas Memiliki Kerajaan Negeri Gaib Yang Sangat Luar Biasa Contoh Biodata Profil Matthew Wilson dan Kenway Louie si penemu dan ahli hewan
Title : Bagaimana Seekor Tikus Bisa Tidur Bermimpi ?
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2016-05-31T07:35:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...