Sabtu, 21 Mei 2016

KUAKAP.COM -  Pada Saat Cuaca yang tidak menentu, terkadang panas atau hujan, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan pada anak-anak. Penyakit musiman yang biasa menyerang dan terjadi secara berulang, adalah batuk atau flu.

Menurut dr Kishore SpA dari Rumah Sakit Anak Harapan Kita, Jakarta, batuk sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari dalam tubuh. Benda asing itu bisa berupa lendir/dahak atau oleh karena tersedak makanan.

Timbulnya batuk disebabkan proses peradangan dari saluran napas. Akibatnya, akan terbentuk lendir/dahak dalam saluran napas. ''Lendir dalam saluran napas oleh tubuh dianggap sebagai benda asing, oleh karenanya tubuh mengusahakan agar lendir itu bisa keluar dengan cara batuk,'' terang Kishore di TPI, Pondok Gede, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Bagaimana Cara Mengobati Anak Batuk Paling Terbaik Dan Ampuh

Kishore juga menekankan, proses batuk sebenarnya juga merupakan proses pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing. Namun, batuk yang terlalu sering dan berlebihan tetap akan mengganggu kenyamanan tubuh, terutama saat malam hari.

Proses peradangan dalam saluran tenggorokan terjadi karena adanya infeksi, iritasi oleh bahan kimia (seperti, yang terjadi di daerah berpolusi tinggi), alergi, dan perubahan suhu atau cuaca.

Batuk yang disebabkan karena infeksi termasuk yang paling banyak ditemukan pada anak-anak dan gejalanya adalah demam pada awal munculnya batuk. ''Seorang anak yang sering batuk pada musim dingin (hujan) maka faktor pencetusnya bisa dipastikan oleh karena pengaruh hawa dingin itu.

Begitu juga ada anak yang sering batuk pada musim panas (kemarau) karena terpengaruh oleh cuaca yang panas,'' jelas Kishore.

Pada prinsipnya, cuaca memang merupakan faktor pencetus paling utama batuk berulang pada anak. Sekalipun dalam berbagai kasus batuk berulang yang terjadi bisa berupa infeksi yang kronis, alergi dan juga iritasi.

Biasanya anak yang mendapatkan batuk berulang mempunyai riwayat alergi yang berasal dari dirinya sendiri atau keluarga. Karena, jenis batuk seperti ini memang memiliki kecenderungan menurun. ''Batuk berulang karena alergi dan muncul saat terjadi perubahan cuaca banyak dijumpai pada anak berumur dua sampai enam tahun. Proses terjadinya biasanya muncul pada awal perubahan musim hujan ke kemarau atau sebaliknya,'' papar Kishore.

Selain itu, batuk berulang kerap pula muncul pada anak yang sering keluar masuk ruangan berpendingin/AC. Akibat perubahan suhu yang cepat anak yang semula berada di ruangan tanpa AC/panas lalu ke ruangan ber-AC akan sering batuk.

Hal seperti ini bisa terjadi pula pada anak-anak yang suka renang. Karena, dengan keluar masuk kolam renang akan terjadi perubahan suhu yang akan merangsang terjadinya batuk.

Anak yang baru pindah dari negara yang beriklim dingin ke negara tropis lalu mendapatkan batuk sebenarnya merupakan hal yang ''biasa''. Karena, adanya perubahan suhu dan cuaca secara mendadak serta pengaruh polusi yang tinggi di negara tropis. Batuk yang muncul akibat pengaruh perubahan cuaca dan suhu ini memang sulit dicegah.

Salah satu langkah jitu, menjaga stamina anak dengan makanan bergizi dan cukup berolahraga, cukup vitamin terutama vitamin C merupakan langkah yang ampuh. Sedang anak yang batuk karena alergi bisa diatasi dengan menghindari makanan tertentu, misalnya, makanan berminyak, goreng-gorengan, dan lainnya.

Khusus terhadap anak yang memiliki riwayat alergi cuaca dingin atau panas sekaligus menderita saluran pernapasan, biasanya batuk berulang yang dialami pada musim yang bersangkutan bisa berlangsung lebih lama, sekitar 15 hari.

Hal ini berbeda dengan anak yang terkena batuk karena infeksi. Biasanya batuk yang menyerang berlangsung lima sampai tujuh hari. ''Pada prinsipnya tidak sulit membedakan batuk karena infeksi atau karena alergi.

Sebab, pada batuk yang disebabkan infeksi hampir selalu didahului dengan demam, sedang batuk yang timbul karena alergi tak ada demam,'' urai Kishore. Menurutnya, batuk karena alergi pencetusnya adalah cuaca pada tiap pergantian musim atau pergantian suhu udara.

salam dari Agustinus Winardi
Demikianlah Bagaimana Cara Mengobati Anak Batuk Yang Tidak Sembuh ? Artikel Review Dari www.kuakap.com, Semoga Tentang Ulasan Singkat Sederhana ini Dapat Berguna Dan Ada Manfaat Untuk Kita Semua, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu 21 Mei 2016 Hari Reformasi Dan Ada Fenomena Alam Blue Moon / Bulan Bir Pengertian Batuk Serta Definis Artinya, Contoh 10 Obat Batuk Alami Tradisional Paling Manjur menghilangkan Batuk Kering dan Gatal Dan Tips Kiat Pengobatan Batuk Akut
Title : Bagaimana Cara Mengobati Anak Batuk Paling Terbaik Dan Ampuh
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2016-05-21T11:45:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...