Kamis, 26 Mei 2016

KUAKAP.COM - Meskipun tidak mempunyai bakat diabetes mellitus, banyaknya hormon kotra insulin saat kehamilan, membuat wanita berpeluang lebih besar menderita diabetes mellitus. Kondisi demikian inilah yang membuat wanita lebih rentan menderita diabetes.

DIABETES mellitus (DM) merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan adanya kelainan fungsi pangkreas sebagi penghasil insulin sehingga membuat kadar gula darah dalam tubuh naik (tinggi). Sehingga, membuat metabolisme tubuh terganggu.

Di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetes menunjukkan angka yang tinggi hingga menduduki posisi keempat dalam jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Ini disebabkan pola makanan orang Indonesia yang terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat.
Apakah Wanita Atau Ibu Hamil Rentan / Mudah Terkena Diabetes ?

Tak banyak yang memahami, nasi merupakan makanan pokok, mengandung glukosa dalam kuantitas banyak dan glukosa yang berlebihan merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes. Selain terlalu banyak karbohidrat, faktor-faktor lain yang juga sangat berisiko menyebabkan seseorang terkena DM. Di antaranya, faktor genetik dari keluarga, kelebihan berat badan, merokok, darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, kurang berolahraga, serta bertambahnya usia.

KENALI TIPENYA
Menurut Prof Dr Askandar Tjokroprawiro dr SpPd K-EMD, kepala lab. SMF Ilmu Penyakit Dalam UNAIR, ada empat jenis DM, yaitu DM tipe satu yang sangat tergantung pada suntikan insulin. Pada tipe ini pangkreas sudah tidak dapat atau kurang memproduksi hormon insulin. DM tipe satu ini biasanya banyak diderita anak-anak.

Pada DM tipe dua, pasien tidak lagi tergantung pada suntikan insulin, karena pangkreas masih mampu memproduksi insulin meskipun terhambat. DM pada tipe inilah yang banyak diderita oleh masyarakat pada umumnya. Karena hampir 95% lebih ada penderita DM dengan jenis ini.

Selanjutnya DM tipe lain, yaitu DM dengan sebab macam-macam, mulai karena gangguan gondok, akibat kekurangan gizi, dan diabetes mall nutrisi (disebabkan kekurangan protein). Diabetes mall nutrisi disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi singkong. Sedangkan singkong mengandung banyak sianida yang merusak pangkreas.

“Sebenarnya sianida dapat dinetralkan dengan protein, namun karena minimnya protein yang dikonsumsi sehingga hal itu menjadi masalah,” tegas Askandar.

WANITA HAMIL LEBIH RENTAN
Yang keempat DM gestational. DM jenis ini ada dua macam yaitu diabetes gestational yang disebabkan kehamilan. Pasien menderita diabetes hanya pada saat hamil. Setelah melahirkan gula darahnya kembali normal.

“Pada saat hamil, banyak hormon kontra insulin sehingga membuat kondisi gula darah tidak baik. Kondisi inilah yang membuat wanita lebih rentan terkena DM daripada pria,” imbuhnya.
Masih menurut dokter yang akrab disapa Askandar ini, wanita yang mempunyai bakat genetik diabetes akan menderita DM setelah melahirkan meskipun sebelum hamil dia tidak menderita DM. Namun jika tidak mempunyai bakat, maka akan selesai setelah melahirkan.

“Tapi bagi para wanita dengan tipe ini harus tetap waspada meskipun tidak mempunyai bakat DM. Jika pola hidupnya tidak dijaga, jarak 5-10 tahun pasti terserang DM,” terang Askandar.

Yang kedua diabetes pra gestational, yaitu wanita yang menderita diabetes sebelum hamil dan semakin meningkat saat hamil dan tetap ada setelah melahirkan. Pada DM tipe dua pangkreas tetap memproduksi insulin dan insulin diproduksi untuk mengubah glukosa menjadi energi sehingga timbul energi. Setiap kita mengkonsumsi makanan, maka pangkreas terangsang untuk memproduksi insulin. Sehingga, kadar gula dalam darah bisa menjadi normal.

KENALI GEJALANYA
Beberapa gejala yang dialami seseorang jika terkena DM adalah :

Cepat Haus:
Rasa haus ini seslalu muncul walapun anda baru saja minum.

Sering Kencing:
Penderita DM biasanya akan sering kencing terutama pada waktu malam hari.

Cepat Lapar:
Orang dengan DM biasanya nafsu makanya sangat tinggi. Dia selalu merasa lapar meskipun sudah banyak makanan yang dikonsumsi.

Mudah Mengantuk:
Serangan kantuk ini tentu saja di luar kebiasaan orang pada umumnya. Karena serangan kantuk ini, aktivitasnyapun mudah sekali terganggu.

BAGAIMANA METODE PENGOBATAN?
Pengobatan penyakit ini disesuaikan dengan tipe dari DM. Misalnya, DM tipe satu maka bisa disembuhkan dengan memberikan suntikan insulin sesuai kondisi tubuh. Sementara untuk tipe dua, selain suntikan insulin, dia juga bisa mengkonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Obat tersebut harus berdasarkan resep dokter. Karena setiap pasien kondisinya tidak sama.

Sementara untuk DM tipe tiga bisa diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan serta diet. Untuk tipe empat yang gestasional pertama hanya menunggu kelahiran bayi, karena pascakelahiran gula darah akan menjadi normal. Sedangkan, untuk gestasional tipe dua harus disesuaikan kondsisi pasien, apakah dengan terapi obat atau dengan suntik insulin.

Namun pengobatan di atas hatrus disertai dengan diet (pengaturan pola makan) serta exercise. “Diet dan olah raga merupakan penunjang yang tidak boleh diabaikan,

Demikianlah Apakah Wanita Atau Ibu Hamil Rentan / Mudah Terkena Diabetes ? Artikel Review Dari kuakap.com, Semoga Tentang Ulasan Singkat Sederhana ini Dapat Berguna Dan Ada Manfaat Untuk Kita Semua, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu 5 Cara ini Sangat Ampuh Meredam Amarah Besar Suami Kesayangan Bunda Contoh DAN PENGERTIAN DIABETES, ciri-ciri serta gejala-gejala penyakit diabetes
Title : Apakah Wanita Atau Ibu Hamil Rentan / Mudah Terkena Diabetes ?
Posted by : Rajah Rafael Rating 5 Star Published : 2016-05-26T15:31:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...