Minggu, 01 Mei 2016

KUAKAP.COM - Berat badan adalah salah satu dari indikasi kebugaran tubuh seseorang. Menurut be-berapa penelitian, seringnya menimbang badan terkait dengan makin mudahnya se-seorang menjaga berat tubuhnya. Dengan kata lain, jika Anda menimbang badan se-minggu dua kali, Anda akan lebih mudah menjaga atau menurunkan berat badan, dibandingkan jika Anda jarang menimbang badan. Karena saat Anda mengetahui berat Anda naik, akan mudah bagi Anda untuk mengoreksinya sebelum kenaikan berat badan menjadi berlebihan.

Bila Anda termasuk orang yang sangat memerhatikan bobot tubuh, tentu tak bisa jauh-jauh dari timbangan. Meski begitu, kadang-kadang Anda bisa dibuat bingung oleh timbangan. Terkadang berat badan kita naik dan turun tak terkendali, meski porsi diet, olahraga, dan aktivitas Anda tidak banyak berubah. Apakah timbangannya yang salah?

7 Cara Menimbang Berat Badan Yang Benar

Untuk menimbang bobot tubuh, ternyata Anda tidak bisa begitu saja naik ke atas timbangan. Untuk mengetahui hal-hal yang penting saat menimbang berat badan, berikut ini kami berikan panduan bagaimana timbang berat tubuh anda yang baik dan benar menurut website hanyawanita:

1. Idealnya menimbang sekali seminggu

Bila Anda diet enam hari dalam seminggu, pada Minggu adalah hari day off. Lupakan diet Anda. Nah, pada hari inilah waktu yang tepat untuk menimbang sebelum Anda sedikit berpesta menikmati hari bebas. Timbanglah berat badan Anda pada hari yang sama dan alat yang sama agar ukuran yang Anda peroleh menjadi objektif.

2. Tidak perlu setiap hari

Penting untuk Anda ketahui bahwa lemak dapat terbakar rata-rata 0,5 sampai 1 kg per minggu. Bila dibagi tujuh hari, yang terjadi adalah pembakaran lemak sekitar 70-120 gram tiap hari. Karena itulah tak perlu menimbang badan setiap hari karena Anda akan kecewa melihat jarum timbangan yang tak bergeser.

3. Menimbang pada waktu yang sama

Seperti yang sudah dibahas, timbanglah berat badan Anda pada waktu yang sama. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah pagi hari sebelum Anda minum, makan, dan setelah keluar kamar mandi buang air kecil, buang air besar.

4. Gunakan timbangan yang sama

Anda bisa menimbang berat badan menggunakan alat timbang badan geser atau digital yang sama. Setiap alat timbang badan berbeda-beda, sebab masa kalibrasinya berlainan. Satuan ukuran berat badan yaitu kg dengan ketelitian 0,1 kg.
Alat timbang badan juga harus selalu diletakkan di tempat sama. Perbedaan permukaan lantai, suhu, tekanan udara, ke-lembaban udara dan gaya gravitasi bumi akan memberikan perhitungan berat badan berbeda.

5. Jangan bebani tubuh

Saat menimbang badan, Anda sebaiknya menggunakan pakaian seminimal mungkin, agar pakaian itu tidak ikut-ikutan menambah berat badan Anda. Lepaskan juga alas kaki saat naik ke tim-bangan. Agar lebih nyaman, lakukan kegiatan menimbang bada di kamar pribadi atau di kamar mandi yang terkunci. Timbangan memang lebih baik ditaruh di kedua ruang itu untuk me-mudahkan menimbang.

6. Berdiri tegak

Agar hasilnya tepat, timbang berat badan dalam posisi berdiri tegak dan tidak bergerak-gerak. Telapak kaki harus berada tepat di tengah-tengah pijakan alat timbang badan. Ikuti pe-tunjuk jarumnya dan jangan bergeser dari tanda yang di-tetapkan. Berdirilah dengan tenang dan lengan relaks di sam-ping badan. Jangan membuat gerakan-gerakan yang akan mengacaukan timbangan.

7. Catat bobot Anda

Setiap kali Anda menimbang berat badan, catat hasilnya pada buku atau catatan khusus. Anda juga bisa menggunakan kalender yang diletakkan di dekat timbangan untuk keperluan ini. Hal ini akan membantu Anda mengingat rekam jejak naik dan turunnya berat badan.
Setelah mengetahui cara badan menimbang yang benar, sekarang Anda akan lebih mudah mengetahui berat badan Anda yang paling akurat. Kebugaran dan tubuh ideal pun dapat diusahakan untuk diraih.

Demikianlah Materi Artikel Review Dari www.kuakap.com, Semoga Tentang Ulasan Singkat Sederhana ini Dapat Berguna Dan Ada Manfaat Untuk Kita Semua, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu inilah Rahasia Kekuatan Tubuh Atlit Mixed Martial Arts ( MMA ) pengertian berat badan dan cara turunkan berat badan 10 kg dalam 1 minggu, Cara menghitung berat badan ideal anda sesuai tinggi badan secara online disini
Title : 7 Cara Menimbang Berat Badan Yang Benar
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2016-05-01T11:29:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...