Sabtu, 26 Maret 2016

KUAKAP.COM -Menurut Dokter Adi Mimisan Terjadi Karena Hidung Merupakan Organ Yang Memiliki Pembuluh Darah Halus Paling Banyak. Pembuluh-Pembuluh Darah Tersebut Terletak Dekat Pada Permukaan Kulit Sehingga Rawan Terluka Dan Menyebabkan Mimisan. Kebanyakan Kasus Mimisan Terjadi Pada Bagian Bawah Septum Atau Sekat Tulang Yang Membagi Kedua Rongga Hidung.

Gangguan Ini Biasa Dialami Oleh Anak Yang Memiliki Bakat Mimisan Atau Pembuluh Darah Permukaan Selaput Lendirnya Sangat Tipis Sehingga Mudah Pecah. Lantaran Mudah Pecah. Lantaran Itulah Anak Ini Sering Mengalami Mimisan Secara Berulang-Ulang. Anak Sehat Pun Dapat Mengalami Mimisan Meski Tidak Sesering Orang Yang Memiliki Bakat.
Penyebab Dan Cara Mengobati Hidung MIMISAN

Dokter Adi Memerinci Lebih Jauh Penyebab Anak Mengalami Mimisan Bisa Terjadi Dikarenakan Oleh Beberapa Hal, Seperti :

1. Akibat Trauma

Misalnya Terbentur Jatuh Dan Membuang Ingus Terlalu Keras. Mengorek-Ngorek Hidung Dengan Kuku Yang Tajam Juga Akan Melukai Selaput Hidung Yang Tipis Dan Menyebabkan Mimisan.

2. Akibat Polusi Udara

Polusi Berupa Paparan Rokok Atau Asap Knalpot Bersifat Iritatif. Semua Itu Dapat Membuat Lecet Dan Merobek Permukaan Selaput Lendir Yang Tipis.

3. Karena Konsumsi Obat-Obatan Tertentu 

Ada Beberapa Obat Yang Dapat Memicu Terjadinya Mimisan. Obat Semprot Yang Berfungsi Melegakan Hidung Yang Mampet (Obat Pelega Hidung Golongan Kortikosteroid) Salah Satunya. Pemakaian Yang Terlalu Sering Dapat Menjadikan Hidung Anak Mimisan Begitu Pun Cara Pemakaiannya Yang Salah Seperti Menggunakan Semprotan Ke Arah Tengah Padahal Yang Tepat Adalah Dengan Menyemprotkan Ke Samping.

4. Disebabkan Udara Dingin

Penyetelan AC Yang Terlalu Dingin Dapat Menyebabkan Mimisan. Cara Kerja AC Yang Menyerap Uap Air Di Udara Membuat Kelembapan Di Ruangan Jauh Berkurang. Ditambah Suhu Yang Terlalu Dingin Membuat Udara Jadi Makin Kering. Udara Kering Yang Diisap Anak Akan Membuat Alat Pernapasannya Mengering Sehingga Selaput Lendirnya Mudah Pecah Dan Berdarah.

Berikut Beberapa Point Penting Cara Pertolongan Yang Direkomendasikan Dr. Adi Tagor Sp.A  DPH. Dokter Senior Yang Berpraktik Di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Untuk Mengatasi Mimisan:

I. Pertolongan Pertama Yang Bisa Dilakukan Adalah Menghentikan Perdarahan Tanpa Bantuan Obat Dan Alat Bantu
  • Cukup Duduk Dengan Posisi Badan Dan Kepala Agak Membungkuk.
  • Lalu Gunakan Ibu Jari Dan Telunjuk Untuk Menekan Dan Menutup Lubang Hidung. Atau Menekan Bagian Cuping Hidung Yang Lunak. Sedangkan Mulut Dibuka Untuk Bernapas.
  • Lakukan Selama 1-2 Menit. Tak Berapa Lama Kemudian Biasanya Darah Langsung Berhenti.
  • Dengan Memajukan Kepala Berarti Darah Tidak Akan Mengalir Kembali Ke Tenggorokan. Posisi Duduk Juga Membuat Aliran Darah Lebih Lambat Karena Posisi Jantung Sebagai Pusat Pompa Darah Berada Di Bawah Hidung.
II. Pertolongan Kedua Bisa Dengan Menyediakan Air Steril Dicampur Garam Lalu ditempelkan Dengan Kapas Ke Bagian Hidung Yang Berdarah. Cara Ini Sangat Praktis Dan Efektif.

III. Dengan Menggunakan Daun Sirih. Daun Sirih Digulung Hingga Masuk Ke Lubang Hidung Anak. Selanjutnya Sumbatkan Daun Sirih Ke Bagian Hidung Yang Berdarah.

IV. Pertolongan Keempat Adalah Dengan Mengompres Hidung Dengan Es, Bungkuslah Es Dengan Saputangan Lalu Tempelkan Di Antara Kening Dan Hidung. Selain Es Benda Lain Seperti Makanan Atau Minuman Beku Bisa Digunakan.

Es Dan Benda Dingin Lainnya Yang Ditempelkan Mampu Mengecilkan Pembuluh Darah Sehingga Perdarahan Pun Cepat Berhenti. Kompres Bisa Dilakukan Saat Perdarahan Sedang Berlangsung Maupun Berhenti.

Waspadai Jika Perdarahan Terjadi Di Atas Septum Atau Yang Terjadi Di Bagian Tulang Keras. Mimisan Ini Sangat Jarang Terjadi. Perdarahan Jenis Ini Umumnya Cukup Parah Dan Memerlukan Perawatan Medis Secepatnya. Penyebabnya Antara Lain: Kanker Tenggorokan Hipertensi Leukemia Hemofilia Demam Berdarah Dan Lain-Lain. Apa Sajakah Tandanya?

Biasanya Mimisan Ini Dialami Anak Di Atas Dua Tahun Dan Ada Gejala Lain Yang Menyertai Seperti Sakit Kepala Pusing Atau Demam. Darah Yang Mengucur Pun Sulit Untuk Dihentikan. Bila Demikian Tidak Ada Jalan Lain Mimisan Jenis Ini Memerlukan Penanganan Medis.

source;enformasi.com
Demikianlah Materi Artikel Review Penyebab Dan Cara Mengobati Hidung MIMISAN Secara Cepat dan Alami Dari www.kuakap.com, Semoga Tentang Ulasan Singkat Sederhana ini Dapat Berguna Dan Ada Manfaat Untuk Kita Semua, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu inilah Rahasia Kekuatan Tubuh Atlit Mixed Martial Arts ( MMA )
Title : Penyebab Dan Cara Mengobati Hidung MIMISAN
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2016-03-26T10:33:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...