Senin, 15 Februari 2016

KUAKAP.COM - Lensa kontak warna-warni itu tampak memikat hati. "Model dan warnanya dapat disesuaikan dengan busana dan make up yang kupakai. Boleh nih," batin Tiara, seorang eksekutif muda yang gemar tampil modis dan up to date dan selalu mengikuti Trend gaya hidup fashion wanita modern

Tiara yang berkacamata minus itu sudah bosan dengan alat bantu yang dikenakannya, 'tampak kuno dan membosankan', demikian selalu alasannya. Sebenarnya sudah sejak lama Tiara ingin ganti ke lensa kontak, namun selalu ragu. Yang dia dengar, pemakaian lensa kontak yang sembrono dan tidak tepat dapat menimbulkan gangguan mata kering. Untuk alasan itulah perempuan berparas menarik ini agak tahan diri untuk beralih ke lensa kontak yang cantik itu.

Pengertian Arti Sindrom Mata Kering

Sebenarnya, apa sih sindrom mata kering atau istilahmedisnya disebut dry eye syndrome? Itu adalah sebuah kondisi kurangnya lubrikasi dan kelembaban di mata, yang ditandai dengan mata panas, terasa mengganjal buat berkedip, berpasir, gatal dan pedih.

Meski disebut sindrom mata kering, namun kondisi mata tidak harus kekeringan laiknya musim kemarau. Anda bisa saja mengalami mata kering, meski mata bersimbah air mata seperti menangis. Air mata yang membanjir berlebihan itu bisa jadi pertanda anda menderita gejala mata kering, karena kekeringan yang berlebihan pada bola mata memicu dirangsangnya secara berlebihan komponen air dari air mata Anda, demikian menurut www.allaboutvision.com

Air mata membasuh mata, memebrsihkan dari debu dan polutan serta mempertahankan kelembaban. Air mata juga mengandung enzim yang menetralkan mikroorganisme yang berkumpul di mata. Makanya, air mata penting artinya untuk kesehatan mata anda.

Pada sindrom mata kering, mata tak mampu memproduksi air mata yang cukup, atau air mata memiliki komposisi kimia yang menyebabkan air mata itu menguap terlalu cepat. Ada sejumlah penyebab sindrom mata kering, antara lain karena pertambahan usia (khususnya selama masa menopause pada perempuan), efek samping penggunaan obat tertentu (seperti antihistamin, antidepresan, obat tekanan darah, obat untuk Parkinson dan pil KB), lingkungan yang kering, berdebu atau berangin. Faktor lain pencetus gejala mata kering adalah berkurangnya frekuensi kedipan, seperti saat anda terus-menerus menatap layar komputer sepanjang waktu.

Mata kering juga merupakan gejala dari penyakit sistemik seperti lupus, rheumatoid arthritis, rosacea atau sindrom Sjogren. Penyebab mata kering dapat berupa kelainan bawaan, kurang vitamin A, dan infeksi kronis.

Nah, pemakaian lensa kontak jangka panjang juga penyebab mata kering. Sejatinya, mata kering adalah keluhan yang paling sering terdengar di antara para pemakai lensa kontak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa pemakaian lensa kontak dan mata kering itu menjadi lingkaran setan. Sindrom mata kering membuat penggunaan lensa kontak menjadi tak nyaman. Mengusap lensa yang terpasang di konjungtiva sepertinya merupakan penyebab mata kering.

Menurut Jakarta Eye Center.com, mata kering merupakan salah satu yang dilarang memakai lensa kontak jenis apapun (kontra indikasi mutlak). Untuk membuktikan apakah seseorang menderita gangguan mata kering harus dibuktikan dengan test tertentu (Schimmer Test dan Break-up Time).
Tahukah Anda, keluhan mata kering sering dialami perempuan ketimbang laki-laki? Ini terkait dengan fluktuasi hormonal. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa merokok dan konsumsi multivitamin dapat meningkatkan risiko terkena sindrom mata kering. Hal ini dapat diminimalkan dengan konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega 3.

Bagaimana terapi mata kering? Sindrom mata kering merupakan sebuah kondisi yang berlangsung yang sejauh ini belum dapat disembuhkan, namun gejala-gejala yang menyertainya seperti ekeringan, gatal dan sensasi panas, dapat ditangani. Solusi untuk meringankan keluhan mata kering adalah meneteskan obat tetes air mata buatan untuk lubrikasi dan menyejukkan keluhan mata kering Anda, seperti Visine Tears.

Bagaimana mencegah mata kering?
1.Jangan lupa berkedip saat di depan komputer untuk jangka waktu lama

2.Pakailah kacamata pelindung saat beraktivitas luar ruang untuk mengurangi ekspos sinar matahari, angin dan debu

3.Jika ruangan ber-AC, pastikan alat itu memiliki filter debu dan partikel dari udara

4.Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter mata sebelum memutuskan beralih alat bantu penglihatan, misalnya dari kacamata ke lensa kontak.

5.Studi menunjukkan suplemen yang mengandung asam lemak esensial (linoleat dan gamma linoleat) dapat menurunkan gejala mata kering

Demikianlah Artikel Review Pengertian Arti Sindrom Mata Kering Dari www.kuakap.com, Semoga Tentang Ulasan Singkat Sederhana ini Dapat Berguna Ada Memiliki Manfaat Untuk Kita Semua, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Mudah
Title : Pengertian Arti Sindrom Mata Kering
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2016-02-15T08:00:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...