Senin, 14 Desember 2015

KUAKAP.COM - TIPS : Cara Membeli Batu Berlian, Berlian adalah sebuah batu permata yang sangat berharga dan merupakan salah satu batu terpopuler yang sering dipakai kaum wanita ! Tapi dalam memilih 'sahabat' ini tentunya kita harus berhati-hati, jangan sampai kita tertipu oleh tampilan luarnya saja. Menurut De Beers, maestro-nya berlian, ada 4 C yang harus dipertimbangkan dalam memilih berlian dianataranya bisa anda lihat keterangan dibawah ini:

TIPS : Cara Membeli Batu Berlian
foto gambar sumber dari banjarmasin.tribunnews.com
1.POTONGAN
Tidak semua berlian memiliki potongan yang sempurna. Boleh dibilang potongan merupakan faktor terpenting dalam menentukan nilai sebutir berlian. Potongan yang kurang baik bisa mengurangi keindahan berlian itu sendiri. Seorang ahli permata punya cara tersendiri dalam memecah berlian. Walau bentuknya bermacam-macam, berlian dengan potongan sempurna akan terlihat proporsional, garisnya halus dan simetris jika dilihat dari sudut mana saja. Pada dasarnya sebuah berlian memiliki 58 segi/sisi. Aturan ini mengikuti rumus matematika dan setiap sisi ditempatkan berdasarkan hitungan tertentu sehingga satu sama lainnya akan saling merefleksikan cahaya secara maksimal tapi tetap terlihat alami.

2.KARAT
Karat adalah istilah yang digunakan dalam mengukur ukuran dan berat sebutir berlian. Satu karat berlian beratnya sama dengan 0.2 gram dalam ukuran biasa, kira-kira seberat penjepit kertas (paper clip). Semakin besar karatnya sudah tentu makin mahal harganya. Namun sebuah  berlian
1 karat nilainya lebih tinggi dibanding, 2 potong berlian yang berat masing- masingnya 50 karat. Mengapa demikian ? Karena untuk mengasah berlian supaya tetap utuh 1 karat lebih sulit dan ukuran batu yang sesuai pun sangat jarang ditemui dalam tambang berlian.

3.WARNA
Warna berlian sebenarnya bervariasi, mulai dari yang disebut exceptional white (warna yang paling jarang ditemui), kuning terang, kecokelatan, abu-abu sampai yang putih pucat. Tingkatan warna ditentukan secara alfabetikal. Tingkat tertinggi adalah D, terus sampai Z. Warna bisa muncul karena kandungan nitrogen maupun kristal karbon dalam berlian. Ada juga berlian berwarna (pink, hijau, biru, amber bahkan merah) yang disebut 'fancies diamonds'. Berlian ini tecipta akibat saturasi secara tidak sengaja lewat proses alam. Saking jarangnya, sebuah berlian asli berwarna bisa mencapai harga ribuan dolar ! Nah, sekarang sudah tahu kan warna yang harus Anda pilih ?

4.KEMURNIAN
Untuk memeriksa murni atau tidaknya sepotong berlian, bisa dilihat dari cacat yang ada di dalamnya (istilahnya 'inclusions'). Pada dasarnya hampir sebagian besar berlian memiliki bintik/ cacat. Ada yang banyak, ada pula yang sedikit, ada yang mudah terlihat ada pula yang harus menggunakan kaca pembesar khusus. Bintik yang kasat mata dapat dilihat

dengan mata telanjang. Caranya, hadapkan berlian tersebut pada cahaya, lalu carilah bintik di dalamnya. Semakin banyak cacatnya, semakin jatuh pula nilai sepotong berlian.

LIHAT JUGA SEBELUMNYA
Demikianlah Cara Mudah Dan Gampang Buat Olahan Resep Kita Hari ini, Dan semogaArtikel ini Berguna Untuk Kita, kita semua, silahkan anda pelajari cara buat makanan tersebut, dan jangan lupa untuk dibagikan keteman dan kerabat anda, sekian dan terimakasih, baca juga post sebelumnya yaitu Cara Membuat Perut Anda Ramping Dalam 1 Bulan
Title : TIPS : Cara Membeli Batu Berlian
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-12-14T16:31:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...