Kamis, 10 Desember 2015

KUAKAP.COM -Sejarah Singkat Kendaraan Bermotor Modern, Kendaraan bermotor merupakan alat transportasi yang telah banyak membantu kehidupan manusia modern yang memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi. Bukan hanya memudahkan manusia untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain, akan tetapi juga membantu adanya pertukaran teknologi dan budaya dari satu daerah ke daerah yang lainnya.
Sejarah Singkat Kendaraan Bermotor Modern

Berikut ini Kami rangkum sejarah singkat Kendaraan Bermotor Modern Dunia
 
Pada tahun 1672 Ferdinand Verbiest anggota dari Jesuit mission in Cina diklaim telah membuat kendaraan mainan yang digerakkan dengan menggunakan tenaga uap yang dihadiahkan kepada Kaisar Cina. Akan tetapi kendaraan mainan ini tidak dapat mengangkut penumpang. Kemudian pada tahun 1769 Noicolas Jeseph Cugnot diklaim telah menciptakan kendaraan yang menggunakan tenaga yang berasal dari alat mekanik yang diadopsi dari kereta kuda. Akan tetapi klaim ini banyak diragukan oleh banyak orang karena kendaraan roda tiga ciptaan Cugnot ini tidak pernah bekerja dengan stabil.

Di Rusia pada 1780 mesin uap yang mampu mengangkut penumpang mulai dikerjakan oleh Ivan Kulibin. Pekerjaannya ini selesai pada tahun 1791. Hal terpenting dari penemuan kendaraan roda tiga ini adalah adanya fasilitas rem, gear box, bearing yang merupakan fasilitas yang juga terdapat pada kendaraan modern dikemudian hari.

Pada tahun 1801 Richard Trevithick mendemonstrasikan kereta api uap. Hanya saja mesin uap ini tidak mampu bekerja dalam jangka waktu yang lama akibat dari ketidak mampuannya untuk menjaga tekanan uap agar tetap stabil.

François Isaac de Rivaz penemu Swiss mendesain mesin dengan sistem ruang pembakaran menggunakan bahan bakar campuran hidrogen dan oksigen. Kemudian penemuan ini digunakan untuk mengembangkan kendaraan bermotor dengan menggunakan mesin seperti mesin kendaraan yang kita kenal sekarang ini. Hanya saja hasil desain pada masa ini tidak satupun yang bisa benar-benar berhasil seperti yang diharapkan.

Pada tahun 1881 seorang penemu dari Prancis bernama Gustave Trouvé mendemonstrasikan kendaraan beroda tiga yang digerakkan dengan tenaga listrik pada acara International Exhibition of Electricity in Paris.

Karl Benz membuat kendaraan bermotor bertenaga mesin empat stroke dengan bahan bakar bensin di Mannheim di Jerman pada tahun 1885. Desain yang dia buat sangatlah berbeda dengan penemuan-penemuan sebelumnya. Hingga pada tahun 1888 di bawah bendera perusahaan Benz & Cie yang dia dirikan pada tahun 1883 dia memasarkan produksi pertamanya secara komersial.

Karl Benz inilah yang secara umum diakui sebagai penemu kendaraan bermotor modern yang sekarang banyak sekali berlalu lalang di jalan raya, itulah ulasan artikel  dari admin hari ini, semoga menambah wawasan kita sekian dan terimakasih, baca juga Sejarah Perkembangan Telpone seluler di indonesia dari tahun ke tahun
Title : Sejarah Singkat Kendaraan Bermotor Modern
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2015-12-10T05:35:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...