Selasa, 08 Desember 2015

KUAKAP.COM -Resep Cara Buat Kue Donat Enak Dan Empuk, Mungkin Semua orang mengenal makan ini,  donat merupakan jajanan atau makanan yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Kita banyak menemukannya di segala tempat, entah itu di pasar, di kantin sekolah, di mal, dan lain-lain.

Donat sendiri mempunyai keunikan sendiri dengan berbagai bentuk yang ada. Yang kita umum ketahui adalah donat yang bentuknya seperti cincin, atau dengan kata lain berlubang tengahnya. Namun, sekarang banyak kita jumpai juga donat yang berbentuk bulat ppenuh, terkadang juga diberi tambahan penghias agar donat terlihat cantik dan menarik bagi siapapun yang melihatnya, hehe. Tetapi bagaimana jika kita bisa membuat sendiri makanan dan bentuk donat itu sendiri, pasti merasa puas bukan
Resep Cara Buat Kue Donat Enak Dan Empuk
Berikut ini Resep Cara Membuat Roti Donat Enak Dan Pastinya Enak dan Lezat

Bahan:

- 500 gr tepung terigu cakra (atau yang bagus/protein tinggi lah)
- 1 bks (11 gr) ragi instan
- 4 kuning telur ayam
- 200 ml gr susu bubuk atau susu kental
- 100 gr gula pasir
- 100 gr margarin
- ½ sdt garam
- 200 gr kentang, lalu dikukus dan dihaluskan (Untuk buat donat kentang)
- minyak untuk menggoreng

Olesan donat:
100 g cokelat batang, kemudian lelehkan
100 g meses/cokelat padat yang dilelehkan

Cara membuat :

- Kocok 4 butir kuning telur
- Campur tepung terigu dan ragi, aduk rata kemudian masukkan ke adonan
- Masukkan gula pasir, susu, mentega, terigu. Lalu aduk rata.
- Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil menguleni hingga setengah kalis. Kemudian beri garam dan mentega kemudian aduk lagi sampai kalis,dan kemudian diamkan dalam wadah terutup sekitar 30menit, hingga adonan mengembang.
- Bulatkan adonan menjadi tiap-tiap bulatan, ukuran tergantung selera, lalu taruh di loyang beroleskan minyak selama 20 menit hingga bulatan adonan kelihatan mengembang lagi. Setelah itu, buat lubang di tengah
- Panaskan minyak goreng yang banyak agar donatnya bisa matang dengan bagus. Kondisi api harus kecil, agar proses pematangan lebih terasa. Gorenglah donat hingga berwarna kecoklatan dan matang. Kemudian, angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak, kemudian setelah dingin permukaan donat dapat diolesi dengan cokelat leleh dan ditaburi cokelat. Diamkan sampai mengeras, barulah bisa siap untuk disajikan :)

Bisa juga perhatikan hal-hal berikut ini :

- Pada saat menggoreng, bisa digunakan kayu atau sumpit untuk memperbaiki lubang donat agar terlihat bagus.
- Untuk membuat Donat kentang, prosesnya juga sama, tinggal kita mencampurkan halusan kentang yang sudah didinginkan ke dalam adonan (langkah 3&4)
- Untuk hiasan donatnya tergantung selera masing-masing, bisa mentega dan ditaburi meises ceres diatasnya. Selain itu, bisa juga donat dicelup dalam dark cooking chocolate yang telah ditim dan dihiasi white cooking chocolate. Sajian donat juga bisa dikasih taburan gula halus, atau gula halus campur mentega dengan perbandingan 4 : 1 (4sdm gula halus, 1 sdm mentega, aduk rata dan olesi diatas donat).
- Untuk Donat kentang, olahan kentang halus harus dicampurkan waktu olahan kentangnya dingin, karena kalau tidak dingin, wah raginya bisa langsung mati.


LIHAT JUGA SEBELUMNYA
itulah resep hari ini semoga ada gunanya untuk kita semua, silahkan anda pelajari cara buat makanan tersebut, dan jangan lupa untuk dibagikan keteman dan kerabat anda, sekian dan terimakasih, baca juga post sebelumnya yaitu Resep Minuman Rusty Nail Cocktail Agar Lebih Mantap
Title : Resep Cara Buat Kue Donat Enak Dan Empuk
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-12-08T20:13:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...