Kamis, 03 Desember 2015

Pelaut Online -PROSEDUR PENURUNAN SEKOCI DARI DALAM SEKOCI, jika dalam keadaan darurat, seperti kebakaran dah harus meninggalkan kapal melalui sekoci, maka setiap ABK harus tahu tugas dan fungsi-nya masing-masing, oleh karena itu setiap minggu atau sebulan sekali ada pelatihan penyelamatan dengan sekoci.

Pelatihan ini sangat penting, agar sesuatu benar terjadi diatas kapal dan anda tidak lagi harus diatur oleh nahkoda, sebab sudah banyak sering terjadi hal-hal sepele diatas kapal, namun sering dilupakan
PROSEDUR PENURUNAN SEKOCI DARI DALAM SEKOCI
image source from pixabay.com
Berikut ini adalah Bagaimana Cara Menurunkan Sekoci Dari Dalam Sekoci yang baik dan Benar

1.Pastikan bahwa Painter-nya masih terikat dengan benar di sekoci dari railing kapal, dan tidak kencang/tegang tertambat di railing agar penurunan sekoci nantinya tidak tertahan.

2.Lepaskan pengunci Hand Brake pada Boat Winch dengan cara mencabut Toggle Pin-nya.

3.Bebaskan Hand Brake Lever di geladak sekoci dari peguncinya dengan cara mencabut Toggle Pin-nya.

4.Semua anak kapal naik dan masuk ke dalam sekoci kecuali orang yang bertugas menurunkannya.

5.Berdirilah dengan benar pada Stage untuk melepaskan Cradle Stopper Handle dari penahannya dengan cara mencabut Toggle Pin-nya.

6.Bebaskan Trigger Line dan Lashing Line dari Release Hook terhadap badan sekoci agar tidak tersangkut.

7.Pastikan bahwa tali anak Remote Control Wire masuk melalui lubang kecil di atas sekoci sehingga tali anak Remote Control Wire tersebut masih berada di dalam sekoci.

8.Orang yang bertugas menurunkan sekoci selanjutnya naik dan masuk ke dalam sekoci, kemudian menutup semua pintu sekoci.

9.Tariklah tali anak Remote Control Wire dari dalam sekoci untuk memutar keluar dan menurunkan sekoci. Perlu dan harus diingat bahwa dalam pelaksanaan memutar keluar sekoci ataupun menurunkan sekoci tidaklah dibenarkan menarik tali anak Remote Control Wire sedikit demi sedikit atau tersendat-sendat, sebab hal ini akan menyebabkan olengan sekoci yang sangat besar sehingga tidak nyaman dan tidak aman baik untuk orang yang ada di dalam sekoci maupun untuk sekoci itu sendiri.

10.Ketika proses penurunan sekoci sedang dilakukan dan hampir mencapai permukaan laut, maka orang yang bertugas menarik tali anak Remote Control Wire tersebut harus mengurangi kecepatan penurunan dengan cara sedikit mengendurkan tarikan (tidak stop) terhadap tali anak Remote Control Wire hingga sekoci bersentuhan langsung dengan permukaan laut/air secara perlahan.

11.Setelah sekoci sudah berada di atas permukaan laut/air, sesegera mungkin bebaskan/lepaskan tali anak Remote Control Wire tersebut dari dalam sekoci.

12.Bebaskan/lepaskan sekoci dari kedua Boat Hook-nya.

13.Akhirnya, bebaskan/lepaskan sekoci dari Painter-nya.    

PROSEDUR PENGEMBALIAN SEKOCI KEMBALI

1.Siapkan sistim pengendalian dan pengoperasian mesin penurunan/penaikan sekoci dengan cara mengaktifkan Main Switch daripada Starter, kemudian menghubungkan Control Switch Box (remote) dengan Receptacle.

2.Kuncilah Hand Brake dan Hand Brake Lever daripada Boat Winch dengan cara menempatkan kembali Toggle Pin-nya masing-masing pada posisi yang benar.

3.Pasanglah Sling Link pada Boat Hook dengan baik dan benar, dimana posisi Wire Stopper ditempatkan pada sisi laut. Pastikan pula bahwa di dalam sekoci, safety pin daripada Release Boat Hook sudah terpasang dengan baik dan benar.

4.Gunakan Boat Winch untuk mengangkat sekoci dengan cara menekan tombol pada Control Switch Box (remote). Perlu diperhatikan, bahwa adalah lebih baik dan aman bila mengangkat sekoci dengan hanya ditambah dua orang di dalamnya.

5.Di dalam proses pengangkatan sekoci, sangatlah penting mengatur kesamaan/keimbangan panjang daripada Boat Fall antara bagian depan dengan bagian belakang sekoci. Hentikanlah menekan tombol Control Switch Box (remote) sesaat setelah Cradle Head hampir tersentuh oleh puncak kepala Sling Block, periksalah jarak bebas antara bagian depan dengan bagian belakang Boat Fall sekoci.

6.Jika jarak bebasnya tidak sama / tidak imbang, aturlah kesamaan / keimbangan Boat Fall tersebut dengan Adjust Block hingga sama/imbang.

7.Untuk memeriksa atau memastikan baiknya pelaksanaan pekerjaan pengembalian sekoci, tempatkan dua orang pengamat / anak kapal yang mana masing-masing untuk mengamati bagian depan atau belakang sekoci dari Stage.

8.Pada saat cradle hampir sampai pada posisi terakhir penempatan sekoci dan selanjutnya menyentuh Limit Switch, maka Limit Switch itu bekerja untuk langsung menghentikan kerja Boat Winch.

9.Setelah itu, pelaksanaan penempatan sekoci kembali dilakukan dengan menggunakan Manual Handle untuk mengengkol. Penggunaan Manual Handle untuk mengengkol harus sedemikian rupa sehingga sesuai dengan instruksi dari dua orang pengamat / anak kapal yang ditempatkan di Stage tadi.

10.Bersamaan dengan tanda-tanda yang ditunjukan oleh kedua pengamat / anak kapal tersebut tentang Cradle yang bersentuhan dengan Upper Stopper Frame, maka hentikanlah pengengkolan dengan Manual Handle tadi.

11.Pastikan bahwa cradle benar-benar bersentuhan dengan Upper Stopper Frame, baik yang di bagian depan maupun yang di bagian belakang. Jika salah satunya tidak menyentuh, maka gunakan Adjust Block untuk menyamakan persentuhannya.

12.Jangan pernah lakukan pengengkolan bila Cradle sudah bersentuhan dengan Upper Stopper Frame, sebab hal ini akan membuat kerusakan yang fatal oleh karena tegangan yang berat terhadap mekanisme / cara kerja Boat Fall atau Dewi-dewi.

13.Lepaskan/bebaskan Manual Handle dari Boat Winch.

14.Pasanglah Cradle Stopper Handle dan dikunci dengan Toggle Pin-nya. Ketika melakukan hal ini, pastikan bahwa ujung dari Release Hook ditempatkan pada bagian dalam dari batang bulat penampang Cradle Stopper Handle.

15.Setelah membenahi Cradle Stopper Handle, cabut sebentar Toggle Pin-nya Hand Brake Lever dan Hand Brake dari Boat Winch perlahan kemudian kendurkan sedikit untuk menurunkan sedikit Boat Fall-nya, dan pastikan bahwa kepala Sling Block tertahan oleh Horn, hal ini dimaksudkan agar Boat Fall terlindungi sedemikian rupa oleh kepala Sling Block  dari tegangan akibat berat sekoci.

16.Pastikan bahwa Hand Brake daripada Boat Winch terkunci oleh Toggle Pin-nya.

17.Masukan ring/cincin daripada kedua Lashing Line dan Trigger Line  ke Release Hook, selanjutnya kencangkan Lashing Line dan Trigger Line tadi untuk menahan sekoci dari olengan dengan memutar Turnbuckle-nya masing-masing, baik di bagian depan maupun di bagian belakang.

Demikianlah artikel yang kami sampaikan hari ini semoga ada manfaat  untuk kita, lihat juga postingan sebelumnya yaitu Cara Mengukur,Koreksi Jarak Tempuh Perjalanan Kapal Serta Katalog Peta
Title : PROSEDUR PENURUNAN SEKOCI DARI DALAM SEKOCI
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2015-12-03T02:23:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...