Rabu, 02 Desember 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti WISATA ALAM ( Definisi ) -Asupan makanan atau nutrisi seimbang yang sesuai dengan piramida makanan anak sehat, merupakan salah satu faktor penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Tentu saja, asupan nutrisi makanan yang diberikan, juga hendaknya diimbangi dengan berbagai macam aktifitas fisik agar proses tumbuh-kembang anak semakin optimal.

Menurut salah seorang pakar nutrisi anak, dikatakan bahwa nutrisi seimbang yang dikonsumsi dalam keseharian anak, seharusnya memiliki komposisi ideal antara karbohidrat, lemak, protein serta vitamin dan mineral. Apa saja kegunaan dan manfaat karbohidrat untuk tumbuh-kembang anak?
Manfaat Karbohidrat untuk Pertumbuhan anak

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan manfaat karbohidrat untuk tumbuh-kembang anak

Sumber energi. Untuk melakukan berbagai aktifitas keseharian, tubuh memerlukan asupan karbohidrat atau gula sebagai sumber tenaga atau sumber energi. Kebutuhan energi ini tidak hanya digunakan untuk aktifitas fisik saja, tetapi berbagai proses metabolisme tubuh, terutama berbagai hormon dan enzym pertumbuhan memerlukan karbohidrat sebagai sarana pendukungnya.

Stimulan otot dan syaraf. Dalam melakukan berbagai aktifitas keseharian, otot dan syaraf yang berguna sebagai organ motorik, memerlukan asupan gula atau karbohidrat sebagai stimulan atau perangsang fungsi dan kinerja otot serta syaraf. Tanpa adanya glukosa, otak akan mengalami penurunan fungsi sebagai pusat pengatur kesadaran dan segala kegiatan.

Perkembangan. Menurut salah seorang praktisi kesehatan anak, dikatakan bahwa proses perkembangan anak diindikasikan dengan pertambahan bobot atau volume dan jumlah sel yang semakin besar dan banyak. Pertambahan volume dan jumlah sel ini memerlukan karbohidrat untuk mengikat protein dan lemak ketika membentuk struktur sel yang baru.

Pencegahan bau mulut. Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh aktifitas bakteri pembusuk pada rongga mulut, termasuk diantaranya pada gigi ataupun gusi, namun juga bisa disebabkan oleh oksidasi lemak yang menghasilkan zat keton ketika asupan karbohidrat yang telah dikonversi menjadi glikogen telah habis digunakan. Bau mulut akibat zat keton yang dihasilkan dari oksidasi lemak, sangat mudah dijumpai ketika sedang berpuasa.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat karbohidrat untuk tumbuh-kembang anak yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Oleh sebab itu, hendaknya asupan karbohidrat yang diberikan kepada anak hendaknya dicukupi dalam batas seimbang agar tidak memicu terjadinya obesitas pada anak. Semoga bermanfaat. baca juga Domain islamtoleran.com di jual murah karena dibanned google adsense namun kena tuntut
Title : Manfaat Karbohidrat untuk Pertumbuhan anak
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2015-12-02T11:53:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...