Jumat, 04 Desember 2015

KUAKAP.COM - Contoh Permainan Anak Perempuan -Menurut pendapat beberapa pemerhati masalah tumbuh kembang dan kesehatan anak, dikatakan bahwa stimulasi yang tepat dengan cara yang menyenangkan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan orangtua agar anak memiliki tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa stimulasi tepat lewat aktifitas menyenangkan ini, dapat dilakukan dengan cara mengajak dan mendorong anak untuk melakukan permainan tradisional beda gender yang khusus dilakukan untuk anak lelaki saja atau perempuan saja. Apa saja jenis dan macam permainan anak perempuan tradisional yang bisa dilakukan?

Lihat juga :
Penyakit Yang sering di derita anak saat cuaca berubah
Manfaat Vitamin Dan Karbohidrat Untuk Anak 
 
Contoh Permainan Tradisional Anak Perempuan

Berikut beberapa jenis dan macam permainan anak perempuan tradisional yang kami kutip dari beberapa sumber

1.Bola bekel. 
Permainan bola bekel merupakan jenis permainan kelompok yang bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus sekaligus keterampilan anak. Tidak hanya itu, permainan bola bekel juga bermanfaat untuk melatih koordinasi antara mata dan tangan.

2.Bermain peran. 
Bermain peran merupakan jenis permainan yang biasa dimainkan secara berkelompok. Permainan guru-murid, perawat, masak-masakan atau permainan rumah-rumahan bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan sosio-emosional, termasuk diantaranya untuk menumbuhkan rasa empati dalam bersosialisasi.

3.Lompat tali. 
Permainan lompat tali biasa dimainkan secara berkelompok atau minimal dimainkan oleh dua orang. Permainan ini menggunakan karet gelang yang disusun dan disambung sedemikian rupa hingga menjadi panjang. Permainan lompat tali ini berguna untuk pertumbuhan fisik serta melatih keseimbangan ketika melompat dan mendarat.

4.Congklak. 
Permainan congklak atau bantumi biasa dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan media papan khusus congklak yang memiliki 16 lubang, dengan 14 lubang sebagai media anak biji dan 2 lubang sebagai lumbung. Anak biji bisa berasal dari biji sawo atau biji sirsak. Permainan ini bermanfaat untuk melatih kemampuan berhitung serta keterampilan.

Ada baiknya jika orangtua mendorong anak untuk gemar memainkan permainan tradisional ini bersama teman-teman sebayanya dan tidak hanya mengandalkan permainan elektronik sebagai aktifitas bermain anak.

Demikianlah beberapa jenis dan macam permainan anak perempuan tradisional yang bermanfaat untuk mendukung proses tumbuh-kembang anak, baik secara fisik, psikologi, sosial, emosional serta intelegensia. baca juga Review Game Dota 2
Title : Contoh Permainan Tradisional Anak Perempuan
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2015-12-04T19:33:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...