Jumat, 04 Desember 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti WISATA ALAM ( Definisi ) - Pengertian Empati adalah kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain. Kemampuan memahami orang lain adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh anak-anak. Ketika anak-anak bisa berempati pada sesama, ia akan tumbuh menjadi jiwa yang baik dan peduli akan lingkungan. Ia akan memiliki kepribadian yang baik.

Lebih dari itu empati adalah salah satu kunci utama dalam upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Tentu saja, sikap empati harus dibiasakan sejak usia dini. Lantas bagiamana cara menjadikan anak bisa lebih berempati pada orang lain?

Bagaimana Cara Mengajarkan / Melatih Empati Anak
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk melatij empati anak
 
#Ajak dan Bimbing Anak Untuk Memelihara Sesuatu

Salah satu cara melatih empati anak adalah dengan mengajaknya memelihara sesuatu, entah itu berupa tanaman ataupun hewan. Lebih baiknya adalah hewan. Ajari anak memelihara hewan dengan baik. Dengan memelihara hewan, anak akan terbiasa untuk memberi perlakuan yang baik. Jika kepada hewan saja ia bisa baik, apalagi kepada manusia.

Ketika anak bisa memelihara hewan, ia akan tahu bagaimana cara memberi makan, cara memberi waktu  istirahat, cara menjaga perasaan dengan baik. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk melatih rasa empati pada anak.

Selain itu kita juga harus lihat bagaimana binatang itu dari sisi kesehatan dan juga yang perlu dilihat lagi adalah dari sisi keamaanannya. Tak hanya itu, orang tua juga perlu memberikan bimbingan kepada anak-anak. Anak-anak masih labil, jelas mereka perlu teladan yang baik dari Anda.

#Mulailah dari Diri Anda

Sebelum mengajak anak untuk berempati, pastikan Anda juga sudah terbiasa berempati.  Selalu mulailah segala sesuatu dari diri Anda. Apakah Anda sudah benar-benar peduli pada orang lain? Kalau belum maka belajarlah untuk lebih memahami orang lain, termasuk memahami anak Anda.

Itulah beberapa tips dalam melatih rasa empati anak. Ingatlah selalu, segala sesuatu harus dibiasakan. Jika anak sudah terbiasa untuk berempati, ia akan mudah untuk memahami orang lain. Mari kita biasakan segala kebiasaan positif kepada anak-anak sejak usia sedini mungkin. terimakasih baa juga postingan sebelumnya yaitu Manfaat Permainan Game Skuter Untuk Anak
Title : Bagaimana Cara Mengajarkan / Melatih Empati Anak
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2015-12-04T19:59:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...