Jumat, 18 Desember 2015

KUAKAP.COM - inilah 6 Tips & Kiat Cara Mahir Pidato / Bicara Di Depan Umum, Apakah Anda sering bermasalah ketika harus presentasi ? Entah tiba-tiba tangan berkeringat, badan panas dingin atau jantung berdegup kencang. Anda yang tadinya percaya diri mendadak sontak dilanda rasa ragu, panik, resah dan tak kunjung selesai menyeka keringat yang mengucur.

Kalau Anda seorang artis, kondisi seperti ini identik dengan demam panggung. Tapi kenyataannya Anda bukan mereka, Anda 'cuma' diminta presentasi di depan atasan dan sesama rekan kerja. Anehnya, di luar ruang rapat Anda seperti tidak punya masalah untuk berkomunikasi dengan mereka. Tapi kok sekarang cuma mengucapkan satu kalimat saja rasanya susah sekali.

Jika masalah ini mirip-mirip dengan apa yang sering Anda alami selama ini, segera cari cara untuk mengatasinya sebelum 'buntut-buntutnya' mempengaruhi konduite Anda di kantor. Percayalah, the art of public speaking ini bisa dipelajari.
6 Tips & Kiat Cara Mahir Pidato / Bicara Di Depan Umum
image source pixabay.com
Berikut hal-hal yang harus diketahui Bagaimana Bicara Di Depan Umum Agar Mahir Dan Keren.

Anggaplah diri Anda sebagai pembicara ulung dan sudah beratus-ratus kali presentasi di depan publik beberapa menit sebelum tampil. Bayangkan penonton mendengarkan apa yang Anda katakan dan memberi aplaus ketika Anda menutup pembicaraan. Visualisasi positif seperti ini akan menenangkan jiwa dan menambah percaya diri.

1.BANGKITKAN SEMANGAT / GAIRAH
Bukalah presentasi dengan mengilustrasikan apa yang membuat Anda pertama kali tertarik pada topik yang dibawakan saat itu. Lalu, jangan malu untuk melemparkan banyolan 'pintar' asal berhubungan dengan topik yang dibicarakan. Trik sederhana ini akan memancing antusiasme audience.

2.POSISI HARUS DOMINAN
Tempatkan posisi Anda pada posisi yang lebih dominan untuk menambah rasa percaya diri. Daripada membayangkan semua mata yang tertuju kepada Anda, lebih baik membayangkan mata Anda yang memandang peserta secara satu per satu.

3.LAKUKAN HAL INI KETIKA BICARA
  • Berpeganglah pada mimbar. Jika Anda memegang erat kertas atau benda 'ringkih' lainnya, orang bisa melihat bila tangan Anda gemetaran.
  • Saat berbicara, tataplah mata para peserta sehingga Anda tidak merasa sendirian.
  • Jika bingung menempatkan posisi tangan, cobalah untuk melipatnya ke siku.
  • Jangan lupa untuk menampakkan wajah yang segar dan bersemangat.
4.JANGAN TAKUT BICARA SALAH
Bila melakukan kesalahan hindari mimik wajah yang bingung, tertawa, malu atau mendadak salah tingkah. Segera katakan apa yang dianggap benar dan lanjutkan presentasi. Tenanglah, tidak ada yang sempat memikirkan kesalahan Anda kok !

5.BELAJAR VISUALISASI
Keresahan yang Anda alami sebetulnya bisa dimanfaatkan asal Anda bersikap tenang. Di balik tangan berkeringat, jantung deg-degan sampai kaki gemetaran, sebenarnya ada semangat dan energi baru yang mengalir ke tubuh Anda. Salurkan energi ini untuk mendorong Anda berani berbicara. Caranya, konsentrasi penuh pada apa yang ingin dikatakan bukan pada apa yang ditakutkan.

6.BANYAK BERLATIH
Acara seperti meeting di kantor, konferensi, seminar bahkan rapat keluarga bisa jadi ajang Anda berlatih. Pasti lama kelamaan Anda akan mahir. Sukses !

LIHAT JUGA SEBELUMNYA
Demikianlah Artikel Dari www.kuakap.com, Semoga Dengan Ulasan Singkat Dan Sederhana ini Dapat Berguna / manfaat Untuk Kita Semua, Sekian San Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu Mau Jadi Penceramah / Motivator Harus Tahu Pengertian Dan Tujuan Serta Istilah Kata Dalam Ber-Pidato
Title : 6 Tips & Kiat Cara Mahir Pidato / Bicara Di Depan Umum
Posted by : Ena Riskina Rating 5 Star Published : 2015-12-18T20:26:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...