Jumat, 13 November 2015

KUAKAP.COM -Pengertian Definisi Dan Arti STATISTIKA, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Statistika memiliki dua arti, yang pertama, statistika adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka; ke dua, statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, penyelidikan dan kesimpulannya berdasarkan bukti, berupa catatan bilangan (angka-angka).

Furqon, Ph.D.(1999), menjelaskan bahwa Statistika merupakan bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara pengumpulan, analisis dan penafsiran data. Namun ada pendapat lainya Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris.
Pengertian Definisi Dan Arti STATISTIKA
foto gambar sumber dari pixabay.com
Sudjana (1992 : 3), menjabarkan Pengertian Statistika sebagai ilmu yang terdiri dari teori dan metoda yang merupakan cabang dari matematika terapan dan membicarakan tentang bagaimana: mengumpulkan data, meringkas data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dari hasil analisis, menentukan keputusan dalam batas-batas resiko tertentu berdasarkan startegi yang ada.

Lebih lanjut, Sudjana (2004, dalam Riduwan dan Sunarto, 2007) mengartikan statistika sebagai pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan fakta, pengolahan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta dan analisa yang dilakukan.

Sutrisno Hadi, (1994:221) mengungkapkan pengertian statistika, dalam arti sempit dan arti luas:
Statistika dalam arti sempit (Statistika Deskriptif) adalah statistika yang mendeskripsikan atau menggambarkan tentang data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram, pengukuran tendensi sentra (rata-rata hitung, rata-rata ukur, dan rata-rata harmonik), pengukuran penempatan (median, kuartil, desil dan persentil), pengukuran penyimpanan (range, rentangan antar kuartil, rentangan semi antar kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku, varians, koefisien varians, dan angka baku), angka indeks serta mencari kuatnya hubungan dua variabel, melakukan peramalan (prediksi) dengan menggunakan analisis regresi linier, membuat perbandingan (komparatif). Tetapi dalam analisis korelasi, regresi maupun komparatif  tidak perlu menggunakan uji signfikansi lagi pula tidak bermaksud membuat generalisasi (bersifat umum).

Statistika dalam arti luas disebut juga dengan statistika inferensial/statistika induktif/statistika probabilitas ialah suatu alat pengumpul data, pengolah data, menarik kesimpulan, membuat tindakan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan atau statistika yang digunakan menganalisis data sampel dan hasilnya dimanfaatkan (generalisasi) untuk populasi.
Ref;wikipedia
Lihat Terlebih Dahulu
Mungkin itulah Materi Belajar Tentang Istilah Istilah Umum, Kiranya Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Bahagia Sebenarnya
Title : Pengertian Definisi Dan Arti STATISTIKA
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-13T17:12:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...