Jumat, 13 November 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Definisi Dan Arti DONGENG Dikutip Dari wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Pengertian Dongeng adalah suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi  dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Terkadang kisah dongeng bisa membawa pendengarnya terhanyut ke dalam dunia fantasi, tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yang disampaikan. Kisah dongeng yang sering diangkat menjadi saduran dari kebanyakan sastrawan dan penerbit, lalu dimodifikasi menjadi dongeng modern. Salah satu dongeng yang sampai saat ini masih diminati anak-anak ialah kisah 1001 malam dengan tokohnya bernama Abunawas.
Pengertian Definisi Dan Arti DONGENG
foto gambar dari pixabay.com
Dongeng termasuk dalam cerita rakyat lisan. Menurut Danandjaja (1984) cerita rakyat lisan terdiri atas mite, legenda, dan dongeng. Mite adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan dianggap suci oleh yang empunya cerita. Mite ditokohkan oleh para dewa atau makhluk setengah dewa. Peristiwanya terjadi di dunia lain, bukan di dunia seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadi pada masa lampau.

Dongeng juga termasuk cerita tradisional. Cerita tradisional merupakan cerita yang disampaikan secara turun temurun. Suatu cerita tradisional dapat disebarkan secara luas ke berbagai tempat. Kemudian, cerita itu disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

Dongeng biasanya memiliki tema sebagai berikut:
1).Tugas yang tak mungkin dilaksanakan.
2).Kejadian yang terjadi di masa lampau, di suatu tempat yang jauh sekali
3).Moral tentang kebaikan yang  selalu menang melawan kejahatan.
4).Mantra ajaib, misalnya mantra untuk mengubah orang menjadi binatang.
5).Daya tarik yang timbul melalui kebaikan dan cinta.
6).Kejahatan ibu tiri.
7).Keberhasilan anak ketiga atau anak bungsu ketika sang kakak gagal.
8).Kecantikan dan keluhuran anak ketiga atau anak bungsu.
9).Kecemburuan saudara kandung yang lebih tua.
10).Pertolongan yang diberikan kepada orang baik oleh makhluk dengan kekuatan ajaib.

Ref;wikipedia
Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu Pengertian Definisi Dan Arti MUSIK
Title : Pengertian Definisi Dan Arti DONGENG
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-13T16:33:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...