Jumat, 06 November 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Dan Cara Mencegah Anemia, Apakah Anda pernah mendengar istilah 5 L? Ya, itu adalah istilah yang terkenal lewat iklan obat anemia, 5 L adalah singkatan dari lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai. Sebaiknya Anda meningkatkan kewaspadaan apabila merasakan gejala anemia atau gangguan kurang darah, seperti denyut jantung lebih cepat dari biasanya, pusing, sering mengantuk di siang hari, wajah pucat (kulit, bibir, lidah, kuku dan kelopak dalam mata), sesak nafas (khususnya setelah melakukan kegiatan fisik berlebihan), lemas, lesu, mudah letih, dan sulit berkonsentrasi.

Umumnya, gejala-gejala tersebut kita anggap sepele dan merasa itu adalah hal yang biasa terjadi akibat kelelahan bekerja, padahal jika kita mengetahui gejala tersebut adalah gejala anemia, maka kita bisa melakukan pencegahan dan penanganan dengan efektif dan maksimal.

Bagi Anda yang belum mengetahui dan bertanya-tanya, “apa itu anemia?”, kami akan sedikit menjelaskan mengenai penyakit yang satu ini, pengertian Anemia adalah suatu keadaan di mana jumlah sel darah merah tidak dapat mencukupi kebutuhan fisiologis tubuh, dan umumnya anemia sering kali dijumpai pada wanita dan anak - anak.
Pengertian Dan Cara Mencegah Anemia
Anemia disebabkan oleh beberapa hal, seperti pendarahan tukak lambung, wasir berdarah, kehilangan banyak darah karena melahirkan atau kecelakaan, sering mimisan, malabsorbsi, dan menstruasi berat. Disamping itu anemia juga bisa disebabkan kurangnya zat besi dalam diet, malnutrisi, penyakit kronik (usus, TBC, cacing, paru - paru, malaria), dan gangguan produksi Hb karena faktor keturunan.

Baca juga :
Untuk mengetahui kasus dan penyebabnya secara pasti, sebaiknya penderita anemia berkonsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan laboratorium. Di laboratorium, terdapat beberapa panel pemeriksaan untuk membantu dan memudahkan Anda dalam menentukan jenis pemeriksaan yang tepat. Panel yang pertama adalah panel uji saring anemia (meliputi hematologi rutin, gambaran darah tepi, retikulosit), Sedangkan panel yang kedua adalah panel analisis Hb (meliputi hematologi rutin, gambaran darah tepi, badan inklusi HbH, analisis Hb HPLC dan pemeriksaan ferritin).

Apabila Anda telah positif menderita anemia, sebaiknya segera melakukan beberapa tipsberikut ini guna mencegah dan mengatasi anemia:

1. Biasakan Anda Rutin berolahraga

2. Tidak boleh meminum susu, teh dan kopi setelah makan, sebab hal itu dapat mengganggu penyerapan zat besi

3. Coba Basakan sarapan dengan menu seimbang

4. Untuk membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh, biasakan mengkonsumsi vitamin C dan buah-buahan setelah makan

5. Biasakan mengkonsumsi makanan yang bervariasi seperti sayur, nasi, buah dan lauk

Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu  4 Cara Menghilangkan Kutil Agar Tidak Tumbuh Lagi
Title : Pengertian Dan Cara Mencegah Anemia
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-06T09:29:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...