Jumat, 13 November 2015

kuakap-Pengertian Car Free Day Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Dalam wikipedia Car Free Day  atau Hari Bebas Polusi Sering Disebut juga Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang disingkat HBKB, bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Di Jakarta Hari Bebas Kendaraan Bermotor pertama kali digelar pada 23 Mei 2002 . kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan pemerintah..

Hari Bebas Kendaraan Bermotor awalnya diselenggarakan pada hari minggu terakhir di setiap bulan di Jakarta. Kegiatan ini berlangsung selama 8 jam dari 06:00 WIB sampai 14:00 WIB, namun karena banyak keluhan dari masyarakat, akhirnya pada hari Minggu, 26 April 2009 dipersingkat 2 jam.

Apa itu Car Free Day ? [ Hari Bebas Kendaraan Bermotor ]
Pada tahun 2011, pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor meningkat, yaitu menjadi dua kali dalam sebulan. Lalu, pada 13 Mei 2012 Hari Bebas Kendaraan Bermotor dilaksanakan empat kali dalam sebulan dari pukul 06:00 sampai 11:00

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau pun menggunakan kendaraan umum untuk

Tanggal 22 September ditetapkan sebagai perayaan CFD Internasional. Isu mengurangi moda transportasi bermotor dimulai sejak krisis minyak tahun 1977. Tetapi baru pada tahun 1994 isu tersebut mulai digencarkan dan digagas lebih serius. Pidato Eric Britton, Ilmuwan Politik dan Aktifis Lingkungan  pada Konferensi Internasional Asesibilitas Kota (International Ciudades Accesibles  Conference) di Toledo, Spanyol mengawali gerakanCar Free Day.

Baru pada 1995 terbentuklah forum nonformal Word Car free Day Consortium yang mendukung  gerakan CFD di seluruh dunia. Pertama kali hajatan ini digelar di Inggris pada tahun 1997, selanjutnya di Perancis (1998) dan berkembang secara masif di Eropa pada tahun-tahun berikutnya hingga pada tahun 2000 menjadi gerakan global.

Gagasan utama yang dipromosikan dalam gerakan CFD adalah mengembangkan transportasi massal, bersepeda dan berjalan kaki. Selanjutnya menumbuhkan kesadaran untuk bekerja dan belanja/beraktivitas dengan jarak yang lebih dekat dengan rumah dengan demikian akan mudah diiakses dengan berjalan kaki.

Apa itu Car Free Day ? [ Hari Bebas Kendaraan Bermotor ]
sumber foto : jakarta.go.id/web/news/2012/12/jokowi-siapkan-car-free-night-di-malam-tahun-baru
Selain Car Free Day Ada Juga Istilah Car free night Yaitu perayaan di sepanjang jalan utama kota di malam hari, dengan menutup akses kendaraan bermotor. Dengan demikian, dihasilkan perayaan yang lebih sedikit polusi dengan akses yang adil bagi masyarakat yang memiliki maupun tidak memiliki kendaraan.

Car free night adalah bentuk lain dari car free day, namun dengan aktivitas dan frekuensi penyelenggaraan berbeda. Jika car free night lebih mengarah kepada perayaan pada tahun baru, maka car free day lebih banyak diisi aktivitas olahraga regular tiap akhir bulan. Ide ini dipopulerkan oleh Jokowi pada masa awal kepemimpinannya di Jakarta untuk merayakan Tahun Baru 2013, walaupun sebenarnya telah lebih dahulu diwujudkan di Solo pada tahun 2011.

Apa itu Car Free Day ? [ Hari Bebas Kendaraan Bermotor ]
Acara Car Free Night Yang diadakan Dijakarta
Car Free Night Solo dilakukan setelah suksesnya perayaan Car Free Day. Pada tanggal 31 Desember 2011, Pemerintah Kota Solo menutup akses kendaraan bermotor di sepanjang jalan Slamet Riyadi, sepanjang 4,2 kilometer. Untuk mempermudah transportasi menuju tempat penyelenggaraan, disediakan 32 kantong parker di sekitar jalan tersebut serta pengalihan arus 15 ruas jalan.

Perayaan diisi dengan atraksi seni Tionghoa, pagelaran musik Jazz, tari tradisional, karawitan, keroncong, perkusi, wayang, serta musik religi. Acara dimulai dari pukul 9 malam hingga pukul 1 pagi keesokan harinya. Puncak acara berupa penyulutan kembang api tahun baru di Pasar Pon. Pengamanan dilakukan dengan mengerahkan 200 polisi bersepeda dan total 2.600 personel yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan masyarakat
 
Acara Car Free Day Baru Dilaksanakan Dibeberapa kota saja yang ada di pulau jawa seperti Jakarta, Bandung, Bogor,Surabaya,Malang,Jombang,Lamongan,Kediri,Blitar,Madiun, Trenggalek,Tuban, Yogyakarta,Semarang,Surakarta,Sragen,Tegal, sedangkan untuk pulau sumatra,kalimantan,sulawesi dan papua belum terlaksana.

Ref : http://id.wikipedia.org/car-free-day
Demikianlah singkat kata dalam postingan Apa itu Car Free Day ? [ Hari Bebas Kendaraan Bermotor ],sekian dan terimakasih baca juga asal usul festival perayaan helloween
Title : Pengertian Car Free Day Hari Bebas Kendaraan Bermotor
Posted by : YU NI Rating 5 Star Published : 2015-11-13T10:27:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...