Rabu, 25 November 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti Rehabilitasi Pertanian ( Definisi ) - Kehidupan kita sebagai manusia tidak bisa lepas dari pertanian. Orang Indonesia, khususnya masyarakat yang hidup di pulau Jawa, menjadikan nasi, yang bahan dasarnya adalah padi, merupakan bahan makanan pokok. Di bagian daerah yang lain, ada yang menjadikan ketela sebagai makanan pokok. Padi dan ketela, keduanya sama-sama merupakan produk pertanian.

Pengertian Arti Rehabilitasi Pertanian ( Definisi )
Karena itulah, jika aspek pertanian tidak diperhatikan di negeri ini, maka akan timbul ketidakseimbangan dan kekacauan. Karena itu pulalah sangat penting bagi kita untuk memahami pengertian rehabilitasi pertanian.

Ada dua jenis tanaman dilihat dari segi pertanian, yaitu tanaman produktif dan tanaman tidak produktif. Jika kita terus mengurusi tanaman tidak produktif, maka hasilnya pun akan berdampak tidak baik. Karena itu, kita harus segera menggantinya dengan tanaman yang lebih produktif. Ini adalah salah satu aspek rehabilitasi.

Aspek lain, yaitu memperbarui cara, atau metode pertanian yang sudah usang. Perlu disadari, zaman terus bergerak maju. Ada metode pertanian yang masih relevan hingga saat ini, tapi sudah banyak yang tidak tepat lagi digunakan pada masa sekarang. Karena itu, kira perlu mengetahui cara-cara pertanian mana yang sudah tidak tepat, agar kita bisa menggantinya dengan cara yang lebih efektif.

Kedua aspek itulah yang dimaksud dengan definisi rehabilitasi. Yaitu mengubah metode pertanian usang dengan yang baru, serta berhenti mengembangkan tanaman tidak produktif untuk menggantinya dengan tanaman yang lebih produktif. Jika kita lebih fokus mengurusi tanaman yang lebih produktif, hasilnya keuntungan Indonesia dari segi finansial akan semakin meningkat. Hasil akhirnya, tingkat kehidupan para petani pun akan ikut meningkat.

Sebagai contoh, saluran irigasi. Pemerintah memperhatikan saluran irigasi di seluruh Indonesia. Pemerintah memperluas saluran irigasi yang sudah terlalu sempit, atau bahkan memperbaiki yang sudah tidak berfungsi. Jaringan irigasi yang masih berfungsi dengan baik pun terus dipelihara oleh pemerintah. Inilah salah satu bentuk rehabilitasi yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Masyarakat perlu dididik tentang pengertian rehabilitasi pertanian. Mereka haru tahu apa dan bagaimana pentingnya hal ini bagi kemajuan pertanian dalam negeri. Jika kita melakukan rehabilitasi secara terus-menerus, maka hal ini akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Selain itu, rehabilitasi pertanian juga menjamin kesejahteraan hidup anak-cucu kita kelak. Bukan cuma generasi tua, generasi muda pun harus terus-menerus diberi informasi tentang pentingnya hal ini. Agar akhirnya, kemakmuran rakyat, sebagai salah satu cita-cita bangsa, akan tercipta dengan cepat melalui bidang pertanian.

Data Referensi ; Wikipedia
Contoh ilustrasi Foto Gambar Gratis / Free Dari www.pixabay.com
Lihat Terlebih Dahulu
Mungkin itulah Materi Belajar Tentang Asal Usul Istilah Istilah Umum, Kiranya Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Manfaat Bahagia Sebenarnya
Title : Pengertian Arti Rehabilitasi Pertanian ( Definisi )
Posted by : Rajah Rafael Rating 5 Star Published : 2015-11-25T09:53:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...