Jumat, 20 November 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti KORUPSI ( Definisi ) - Korupsi bila diartikan ke dalam bahasa inggris yaitu corrupt. Hal ini sedang gencar diberitakan diberbagai macam media baik televisi, radio maupun media cetak. Pengertian korupsi sering kali dikaitkan dengan adanya tindak penyelewengan, ketidak jujuran terhadap pemberian dalam bentuk uang atau barang yang dalam prakteknya sering dimanfaatkan oleh orang yang memiliki jabatan pada suatu kedudukan tapi tidak dilakukan pencatatan atau pendataan administrasi mengenai hal tersebut. Bila dilihat dari kaca mata hukum, memiliki definisi sebagai tindak pidana yang telah tercantum dalam perundang-undangan yang berisi tentang hukuman untuk orang yang melakukan perbuatan itu atau yang biasa disebut koruptor.
Pengertian Arti KORUPSI ( Definisi )

Pengertian Korupsi Dari Berbagai Sumber
Berdasarkan bahasa latin, berasal dari kata corruption yang secara harfiahnya adalah kebusukan, kebejatan, tidak jujur, bisa di iming-imingi dengan suap dan merupakan tindakan yang tidak bermoral, penyimpangan dari sebuah kesucian, mengeluarkan ucapan memfitnah, menghina dan berbohong. Dari ulasan diatas maka diketahui bahwa pengertian korupsi memiliki kesimpulan yang luas. Apalagi ditambah dengan sifat-sifat tercela didalamnya hanya untuk mendapatkan keuntungan pada dirinya sendiri tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat luas. Saat ini, tindakan tersebut semakin merajalela dan tidak pandang bulu, hampir semua orang yang memiliki pangkat tinggi melakukannya.

Bila dilihat ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan pengertian korupsi adalah suatu penyalahgunaan uang milik Negara/Pemerintah/Perusahaan, hanya untuk memenuhi dan keuntungannya sendiri atau orang lain. Ternyata bukan hanya materi yang dapat diselewengkan tapi juga waktu, seperti menggunakan waktu bekerja untuk melakukan aktivitas pribadi. Sehingga proses kerja menjadi tidak maksimal, padahal mendapatkan gaji seperti biasa. Tentu saja hal tersebut dapat merugikan beberapa pihak. Definisi korupsi memang berlainan, dan bisa membuat maknanya berganti yang sebenarnya merupakan suatu perilaku korupsi pula.

Pengertian Korupsi Tak Selamanya Uang
Banyak orang yang berpendapat bahwa pengertian korupsi selalu dikaitkan dengan sebuah kedudukan di dalam suatu kepemimpinan, tapi ternyata tak hanya itu, karena dalam kehidupan sehari-hari pun sering terjadi, seperti seorang pelajar yang mencontek kepada teman atau membuat catatan kecil mengenai materi ujian, mahasiswa yang menjadi plagiat tugas rekan atau sumber tertentu tanpa sedikitpun merubahnya, kenek bus yang tidak memberikan uang kembalian karena beralasan tidak ada recehan, pegawai yang ada di pusat perbelanjaan dan tempat lainnya padahal masih dalam jam kerja, koki yang mengurangi penggunaan jatah bahan kue tapi membandrol harga sama dan lainnya.

Jadi jangan pernah menilai orang melakukan korupsi tanpa bukti, harus ada pembenahan dari dalam diri. Bukan tidak mungkin anda secara tidak sadar melakukan tindakan seperti yang telah disebutkan diatas. Agar tidak terjadi degradasi pengartian, jadi sebaiknya pengertian korupsi diidentikkan dengan sebuah kecurangan. Karena bila melihat ke berbagai sumber lebih mencondongkan ke arah uang, padahal tak selamanya perbuatan merugikan ini semata-mata untuk uang dan materi lainnya.

Data Referensi ; Wikipedia
Contoh ilustrasi Foto Gambar Gratis / Free Dari www.pixabay.com
Lihat Terlebih Dahulu
Mungkin itulah Materi Belajar Tentang Asal Usul Istilah Istilah Umum, Kiranya Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Manfaat Bahagia Sebenarnya
Title : Pengertian Arti KORUPSI ( Definisi )
Posted by : Rafa Wardhana Rating 5 Star Published : 2015-11-20T10:04:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...