Jumat, 20 November 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti Hukum Bisnis ( Definisi ) - Pengertian hukum bisnis yaitu suatu perangkat dalam kaidah hukum yang secara khusus mengatur tentang tata cara pelaksanaan urusan ataupun kegiatan dagang, industri, atau keuangan yang berkaitan dengan produksi ataupun pertukaran barang dan jasa dengan menempatkan uang dengan resiko tertentu dan usaha tertentu dengan motif mencari  keuntungan tertentu.

Pengertian ini adalah pengertian yang pasti, karena  hukum berdasarkan azaz kepastian dan mengikat. Ada beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai hukum bisnis yaitu dasar hukum bisnis dan ruang lingkupnya.

Pengertian Arti Hukum Bisnis ( Definisi )

Pengantar hukum bisnis yang harus diketahui ialah dasar hukum yang mengatur tata cara berbisnis. Adapun hukum-hukum yang mendasarinya berasal dari KUH Dagang yang belum banyak dirubah yang meliputi keagenan dan distributor, surat berharga berupa wesel, cek, dan aksep serta pengangkutan laut.

Sedangkan pada KUH Dagang yang sudah dirubah meliputi asuransi dan pembukuan dagang. Sedangkan KUH Dagang yang diganti perundang-undangan mengatur tentang perseroan terbatas, pembukuan, dan reklame.

Pada KUH Perdata yang belum banyak dirubah meliputi kontrak, hipotik, jual beli, sedangkan KUH Perdata yang sudah diubah hanya mengatur mengenai perkreditan. Lalu pada KUH Perdata yang telah diganti perundang-undangan yang baru mengatur hak tanggungan dan perburuhan.

Dan perundang-undangan yang tidak terkait KUH Dagang dan KUH Perdata  meliputi perusahaan go publik dan pasar modal, kepailitan dan Likuidasi, penanaman Modal Asing, pembiayaan, akuisisi dan Merger, anti monopoli, Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI), penyelesaian sengketa bisnis, perlindungan konsumen dan bisnis internasional.

Pada ruang lingkup hukum bisnis meliputi hal-hal yang dekat dengan bisnis yaitu kontrak bisnis, bentuk perusahaan, jual beli, penanaman modal asing, perusahaan go publik dan pasar modal, likuidasi dan kepailitan, perkreditan dan pembiayaan, merger dan akuisisi, surat berharga, jaminan hutang, perburuhan, HAKI, asuransi, perpajakan, perlindungan konsumen, penyelesaian sengketa bisnis, hukum angkutan yang meliputi darat, laut dan udara, serta bisnis internasional dan lain sebagainya, Hukum bisnis mengatur secara menyeluruh mengenai berbagai hal yang menjadi cakupannya. Hal ini dikarenakan bisnis rawan menjadi persengketaan.

Data Referensi ; Wikipedia
Contoh ilustrasi Foto Gambar Gratis / Free Dari www.pixabay.com
Lihat Terlebih Dahulu
Mungkin itulah Materi Belajar Tentang Asal Usul Istilah Istilah Umum, Kiranya Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Manfaat Bahagia Sebenarnya
Title : Pengertian Arti Hukum Bisnis ( Definisi )
Posted by : Rafa Wardhana Rating 5 Star Published : 2015-11-20T10:30:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...