Jumat, 20 November 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti Ciri-Ciri Pengumuman ( Definisi ) - Kata pengumuman sering digaungkan, tapi apakah pengertian pengumuman itu sebenarnya? Pengumuman yaitu bentuk penyampaian informasi yang ditujukan kepada orang banyak. Pengumuman adalah jenis surat yang didasarkan pada jumlah pembaca yang dikehendaki, baik untuk perorangan, instansi, ataupun pihak lainnya yang terlalu banyak jika disebut satu-persatu.

Ada banyak jenis pengumuman yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pengumuman mengenai beasiswa, ataupun pengumuman pendaftaran calon pegawai negeri sipil.

Pengertian Arti Ciri-Ciri Pengumuman ( Definisi )

Ciri-ciri pengumuman meliputi ruang lingkup pengumuman yang terbatas atau terbuka secara luas. Misalnya pengumuman pendaftaran calon pegawai sipil ditujukan bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, dan berminat untuk mendaftar menjadi CPNS.

Ciri yang kedua yaitu karena sifatnya  yang terbuka, penggunaan kata-kata teknis dalam pengumuman harus dihindari. Hal ini bertujuan agar khalayak ramai tidak kebingungan ketika membaca pengumuman tersebut. Dan cara penyampaian informasi dalam pengumuman haruslah dapat dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengumuman.  Pertama yaitu logo dan nama instansi atau lembaga, ini bertujuan agar khalayak tahu darimana pengumuman tersebut berasal.

Selanjutnya yaitu kop/kepala surat yang berisi hal pengumuman. Dengan kepala surat ini, orang akan tahu perihal apa yang akan diumumkan hanya sekali lihat. Selanjutnya penomoran surat pengumuman yang membantu pengarsipan nantinya.

Pembuka surat pengumuman dan rincian isi pengumuman, ini merupakan bagian pokok dari sebuah pengumuman. Tujuan dari  pengummuman juga tertulis dalam bagian ini.

Yang terakhir yaitu tempat dan waktu penulisan pengumuman, lama barunya sebuah  pengumuman nampak dari waktu penulisan, ini juga membantu apakah isi pengumuman masih berlaku.

Sedangkan pengertian pengumuman dalam bahasa inggris berasal dari kata announce yang berarti kata kerja yang bermakna  “make a formal public declaration about a fact, occurrence, or intention”.

Kata announce inilah yang menjadi dasar kata announcement dalam bahasa Inggris. Jadi pengumuman dalam bahasa Inggris dapat diartikan pemberitahuan mengenai sebuah fakta, kejadian atau  niat, baik tertulis maupun lisan yang disampaikan kepada publik.


Data Referensi ; Wikipedia
Contoh ilustrasi Foto Gambar Gratis / Free Dari www.pixabay.com
Lihat Terlebih Dahulu
Mungkin itulah Materi Belajar Tentang Asal Usul Istilah Istilah Umum, Kiranya Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Manfaat Bahagia Sebenarnya
Title : Pengertian Arti Ciri-Ciri Pengumuman ( Definisi )
Posted by : Rajah Rafael Rating 5 Star Published : 2015-11-20T17:00:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...