Jumat, 20 November 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti Cerita Rakyat ( Definisi ) - Apakah pengertian cerita rakyat itu? Cerita rakyat merupakan cerita yang berasal dari masyarakat yang berkembang pada jaman dulu, dimana cerita rakyat menjadi ciri khas setiap bangsa yang mencakup budaya dan sejarah masing-masing bangsa.

Sehingga cerita rakyat tiap bangsa berbeda satu dengan lainnya. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan mengenai kejadian di masa lampau ataupun asal sebuah tempat. Sedangkan tokoh-tokoh  yang muncul dalam cerita rakyat dapat berupa binatang, manusia, atau bahkan dewa.

Pengertian Arti Cerita Rakyat ( Definisi )

Ada banyak cerita rakyat terkenal yang bisa ditemukan di Indonesia, misalnya asal muasal Tangkuban Perahu. Dalam cerita rakyat tersebut, terdapat tiga tokoh yaitu Sangkuriang, dan Dayang Sumbi yang merupakan tokoh manusia, serta Tumang yang merupakan tokoh hewan.

Ada banyak pengertian cerita rakyat menurut para ahli, misalnya Djamaris (1993:15) mengungkapkan pengertian dari cerita rakyat yaitu golongan cerita yang hidup dan berkembang secara turun temurun.

Disebut cerita rakyat karena berbagai lapaisan masyarakat tahu mengenainya. Sedangkan menurut Danandjaya (199:16) cerita rakyat yaitu bagian dari folklore lisan. Folklore adalah bagian dari kebudayaan kolektif.

Sedangkan menurut Andre (1981:1) cerita rakyat adalah cerita yang tumbuh kembang bersama masyarakyat dan diceritakan secara turun temurun melalui lisan sebagai milik bersama.

Dalam sebuah cerita rakyat, terdapat unsur-unsur cerita rakyat yang selalu ada. Unsur- unsur tersebut meliputi beberapa hal, yang pertama cerita rakyat disampaikan secara turun-temurun, sehingga menyebabkan pembuat cerita rakyat tersebut tidak diketahui  secara pasti.

Ditambah lagi cerita rakyat tersebut memiliki banyak versi dan variasi meski menceritakan hal yang sama. Misalnya, asal mula kabupaten Banyumas, dimana versi yang satu menceritakan adanya sendang (mata air) yang berwarna keruh menyerupai emas, dan versi lainnya ialah bongkahan kayu yang akan dijadikan saka pendopo terlihat keemasan tertimpa cahaya matahari sore.

Di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur, baik secara eksplisit maupun insplisit. Berkembang dari mulut ke mulut, sebelum cerita-cerita tersebut dibukukan. Ada bentuk – bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapan di dalam cerita rakyat tersebut.

Data Referensi ; Wikipedia
Contoh ilustrasi Foto Gambar Gratis / Free Dari www.pixabay.com
Lihat Terlebih Dahulu
Mungkin itulah Materi Belajar Tentang Asal Usul Istilah Istilah Umum, Kiranya Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Manfaat Bahagia Sebenarnya
Title : Pengertian Arti Cerita Rakyat ( Definisi )
Posted by : Rafa Wardhana Rating 5 Star Published : 2015-11-20T16:59:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...