Rabu, 11 November 2015

KUAKAP.COM - Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jahe, dalam catatan sejarah Sejak ratusan tahun yang lalu rempah-rempah seperti kunyit, cengkeh, ketumbar dan jahe memiliki khasiat untuk pengobatan, jahe dalam bahasa latinya Zingiber officinale sudah terkenal mempunyai khasiat kesehatan yang cukup istimewa. Bahan herbal yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya saja produk kecantikan, minuman, serta makanan.

Naskah-naskah kuno yang berasal dari Eropa, Asia, serta Timur Tengah pun telah mengungkapkan keistimewaan khasiat jahe, Selain itu jahe, kencur, kunyit dan kapulaga sering kali dipakai untuk obat-obatan holistik. Tidak dipungkiri bahwa jahe adalah salah satu rempah yang paling sering digunakan sehari-hari. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah artikel khusus yang mengulas tentang beberapa khasiat dan manfaat jahe. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jahe

Jahe dapat digunakan untuk mengobati asma
Seorang peneliti dari Columbia University mengungkapkan bahwa pengobatan bronkodilatasi yang dikombinasikan dengan jahe bisa membuat timbulnya rasa rileks di sekitar saluran napas tepatnya di bagian otot halus. Hal itu berarti pengobatan asma semakin efisien dengan menggunakan jahe.

Jahe dapat mengatasi nyeri otot sehabis berolahraga
Karena kaya akan kandungan anti inflamasi, jahe memiliki manfaat yang dapat membuat nyeri otot berkurang. Sebuah penelitian yang diungkapkan dalam Journal of Pain mengungkapkan bahwa jahe mampu mengatasi terbentuknya senyawa yang menimbulkan inflamasi, prostaglandin, serta leukotrin yang mengakibatkan timbulnya nyeri otot. Disamping itu, jahe juga mempunyai efek antioksidan yang mana bisa mengurangi peradangan.

Jahe dapat mengatasi mual saat hamil
Asosiasi kehamilan Amerika menyarankan untuk mengasup jahe dengan cara yang berbeda, misalnya digunakan sebagai selai atau dibuat teh. Hal itu bertujuan untuk mengatasi morning sickness atau perasaan mual di pagi hari yang sering dialami oleh ibu hamil.

Namun sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa mungkin khasiat jahe yang dipakai untuk mengatasi rasa mual, tidak seperti yang diperkirakan sebelumnya. Penelitian tersebut menambahkan, walaupun jahe bisa dibilang efektif untuk melawan rasa mual, tapi khasiatnya tidak konsisten. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya sebagai obat guna mengatasi mual, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

Jahe dapat mencegah tumbuhnya sel kanker usus besar
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota's Hormel Institute mengungkapkan bahwa senyawa yang terkandung dalam jahe memiliki sifat antikanker. Untuk itu, dengan rajin mengasup jahe, maka kita bisa mencegah sel kanker usus besar untuk berkembang.

Jahe dapat membuat laju metabolisme meningkat
Jahe memiliki kemampuan untuk membuat suhu tubuh meningkat sehingga pembakaran kalori ketika berolahraga akan semakin cepat. Selain itu, jahe juga bisa memberi efek hangat pada makanan sehingga membuat tubuh kita lebih gampang kenyang. Pendapat tersebut selaras dengan hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, yang mengungkapkan bahwa jahe dapat menyebabkan rasa hangat pada tubuh dan jika kita mengkonsumsinya maka rasa lapar bisa menjadi berkurang.

Jahe dapat memperlancar aliran darah
Jahe memiliki kandungan seng, magnesium serta kromium. Ketiga mineral tersebut sangat diperlukan bagi tubuh untuk membuat aliran darah tetap sehat dan normal.

Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu Pengertian Dan Cara Mengobati Osteoartritis
Title : Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jahe
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-11T06:36:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...