Sabtu, 28 November 2015

KUAKAP.COM - Kiat & Tips Cara Menurunkan Demam Pada Anak -Menurut salah seorang dokter pakar kesehatan anak, dikatakan bahwa terjadinya demam pada anak bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari yang bersifat medis, hingga yang bersifat non medis. Sebagian besar demam yang disebabkan faktor medis ini bisa dipicu oleh terjadinya peradangan atau inflamasi pada jaringan tubuh yang mengakibatkan pusat pengendali panas tubuh segera melakukan tindakan preventif untuk mengendalikannya.

Biasanya Pusat pengendali panas tubuh ini berada pada bagian otak, yaitu kelenjar hipotalamus, sehingga demam pada anak seringkali dideteksi dengan meletakkan punggung tangan pada bagian kepala. Walaupun demam pada anak bisa reda dengan sendirinya, namun tindakan pengobatan sebaiknya segera dilakukan agar demam yang menyerang tidak berkembang ke arah yang membahayakan seperti ayan. Bagaimanakah kiat dan tips penanganannya?

Lihat Sebelumnya :
Kiat & Tips Cara Menurunkan Demam Pada Anak

Berikut beberapa kiat dan tips penanganan demam pada anak baik secara alami tradisional ataupun modern Mungkin Bisa Anda Coba:

Kompres. Pemberian kompres baik menggunakan air yang sejuk ataupun jelly khusus penyerap panas bisa digunakan untuk mengurangi rasa kurang nyaman yang diakibatkan oleh naiknya suhu tubuh. Namun demikian, ada baiknya jika dihindari pengompresan menggunakan es. Menurut salah seorang praktisi kesehatan anak dikatakan bahwa pemberian es batu sebagai obat kompres dirasakan kurang baik bagi kesehatan anak karena dapat mengakibatkan hipotermia akibat penurunan suhu yang tiba-tiba.

Ramuan tradisional. Beberapa jenis ramuan tradisional bisa digunakan sebagai obat demam pada anak. Pemberian obat tradisional ini memang lebih aman karena jarang mengandung bahan kimia berbahaya sintetis yang biasanya ditambahkan oleh industri farmasi untuk memperkuat efek obatnya. Ramuan tradisional yang bisa dipergunakan untuk pengobatan demam pada anak antara lain kunyit, lempuyang atau daun sambiloto.

Parasetamol. Pemberian parasetamol sebagai obat pereda nyeri dan demam pada anak bisa saja diberikan asalkan disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan. Masih menurut sumber yang sama dikatakan bahwa dosis ideal pemberian parasetamol untuk anak adalah 10-15 mg tiap kg berat badan anak dalam setiap kali pemberian. Kelebihan dosis ini dapat memicu kerusakan hati dan ginjal apabila dilakukan dalam jangka panjang.

Demikianlah beberapa kiat dan tips penanganan demam pada anak baik secara alami tradisional ataupun modern yang bisa dipertimbangkan orangtua. Segera lakukan kunjungan medis apabila tiga hari pasca pengobatan demam tidak kunjung turun. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan, terimakasih baca juga posting artikel sebelumnya yaitu Faktor Penyebab Autis Pada Anak
Title : Kiat & Tips Cara Menurunkan Demam Pada Anak
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-28T03:15:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...