Jumat, 06 November 2015

KUAKAP.COM - Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal, Pengertian batu ginjal mungkin anda sudah tahu, dan  kami percaya materi artikel penyakit itu sering anda lihat jika buka internet jika mecari makalah kesehatan, Akhir-akhir ini jumlah orang yang menderita penyakit batu ginjal semakin banyak, malah diperkirakan penderita batu ginjal telah mencapai 1/10, itu berarti dari 10 orang ada 1 orang yang menderita batu ginjal. Umumnya orang yang memiliki pengalaman terkena penyakit batu ginjal tidak akan bisa semudah itu melupakan rasa sakit yang dideritanya dulu.

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang berbentuk gumpalan keras, memiliki ukuran kecil, dan berada di dalam ginjal. Penyakit ini bisa sangat menyiksa karena menyebabkan rasa sakit yang hebat saat batu ginjal bergerak melewati saluran urin pada tubuh.

Penyebab batu ginjal itu sendiri biasanya diakibatkan oleh gumpalan magnesium, kalsium, serta asam urat. Saat urine sangat pekat, maka sistin, garam kalsium, asam urat, serta kandungan lain dalam urine bisa membentuk kristal dan endapan mineral seperti batu.

Anda dapat merasakan beberapa gejala ketika menderita penyakit batu ginjal ini. Misalnya saja urine berdarah, rasa sakit seperti berdenyut dan berfluktuasi, rasa nyeri hebat di bagian pinggul, rasa sakit saat buang air kecil, serta muntah dan mual.

Baca juga : Pola Hidup Makan Sehat Yang Baik Dan Benar

Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Untuk mengobati penyakit batu ginjal, itu tergantung pada ukuran batunya. Batu ginjal akan mudah ditangani jika ukuran batunya sangat kecil. Misalnya saja batu ginjal yang memiliki diameter kurang dari 4 milimeter, cara menanganinya hanya dengan meminum air yang banyak atau juga bisa dibantu dengan obat-obatan. Nantinya, batu tersebut akan keluar sendiri bersama urine.

Akan tetapi, jika batu yang terdapat pada ginjal memiliki ukuran yang besar, maka pengobatannya memerlukan alat bantu seperti gelombang kejut guna membuat batu ginjal tersebut hancur. Namun, jika ukuran batu sudah terlampau besar, maka satu-satunya pengobatan adalah dengan melakukan operasi.

Dikarenakan bahaya dari penyakit batu ginjal ini, sebaiknya kita melakukan beberapa cara untuk mencegahnya, seperti merubah pola makan menjadi lebih sehat serta rajin meminum air putih (sekitar 8 sampai 12 gelas per hari). Disamping itu jeruk nipis dan lemon juga bisa membantu untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Tidak lupa, para dokter juga berpesan untuk menghindari makanan berlemak, makanan yang terasa asin, serta makanan yang memiliki kandungan oksalat seperti kacang dan bayam.

Batu ginjal juga bisa terbentuk jika seseorang mengalami kekurangan atau kelebihan zat makanan tertentu, misalnya saja kelebihan vitamin D, daging, serta natrium.

Walaupun perubahan pola makan dapat mencegah terbentuknya batu ginjal, namun ada jenis batu ginjal yang berpotensi muncul pada suatu keluarga. Atau dengan kata lain, walaupun telah menghindari makanan yang dapat memicu batu ginjal, tapi batu ginjal tetap saja bisa muncul.

Disamping itu, juga ada batu ginjal yang erat kaitannya dengan kondisi kesehatan seseorang, misalnya infeksi saluran kemih yang menahun, kelenjar paratiroid yang hiperaktif, gangguan metabolisme yang langka, dan rusaknya tubulus ginjal. Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu Biografi Profil Penemu Alat Musik Saksofon, Adolphe SAX Tampil Di Logo Google Saat Ultah Ke201 Hari ini
Title : Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-06T07:35:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...