Sabtu, 28 November 2015

KUAKAP.COM - Apa Penyebab Autis Pada Anak-Anak dengan autisme atau autisme pada anak merupakan salah satu gangguan kesehatan pada anak yang dapat berpengaruh pada kehidupannya kelak di kemudian hari. Hal ini disebabkan karena minimnya perhatian masyarakat dan pemerintah terhadap penderita autisme pada anak dan dibuktikan dengan masih minimnya sarana belajar yang disediakan untuk anak dengan autisme atau sekolah inklusi.

Minimnya sekolah inklusi ini pada akhirnya akan menurunkan kesempatan memperoleh pendidikan yang layak sehingga anak dengan autisme kerap kali memiliki kehidupan yang kurang menyenangkan kelak di kemudian hari. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya orangtua mengetahui apa saja penyebab dan penanggulangan autisme pada anak.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan penanggulangan autisme pada anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Genetik. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada bulan Mei tahun 2000 di Amerika Serikat, diungkapkan bahwa terjadinya tumpukan protein kadar tinggi pada bayi yang baru saja terlahir, berpotensi menyebabkan terjadinya autisme dan keterbelakangan mental. Tingginya kadar protein pada otak bayi yang baru saja lahir ini bisa disebabkan karena terjadinya mutasi genetik ketika masih berupa janin.

Protein. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa beberapa jenis protein tertentu seperti casein (protein susu) dan gluten (protein tepung) merupakan faktor pendukung terjadinya hiperaktifitas pada penderita autisme anak. Lebih lanjut dikatakan bahwa hal ini bisa saja terjadi karena kedua protein ini merupakan protein kompleks yang lebih sulit dicerna oleh tubuh ataupun otak.

Antioksidan. Konsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang banyak mengandung kadar antioksidan tinggi bermanfaat untuk meredam tingkat hiperaktifitas ataupun sensitifitas autisme pada anak, demikian dikatakan oleh salah seorang peneliti autisme pada sebuah seminar beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

Terapi. Metode terapi merupakan salah satu metode alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan autisme pada anak. terdapat beberapa jenis metode terapi yang bisa dilakukan, misalnya terapi sosial atau pertemanan, terapi bermain untuk melatih kemampuan empati serta terapi perilaku untuk melatih dan mengembangkan kemampuan beradaptasi dalam lingkungan sosial kemasyarakatan.

BACA JUGA  
Makalah askep autisme pada anak serta jenis-jenis autisme yang semua banyak faktor penyebab autisme perlu diperhatikan ortu, Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, perlu diketahui orangtua agar dapat meminimalkan resiko masa depan anak autis.Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Manfaat Bahagia Sebenarnya
Title : Apa Penyebab Autis Pada Anak
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-28T03:00:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...