Kamis, 12 November 2015

KUAKAP.COM -6 Gejala - Gejala Kanker Pada anak Wajib Orang Tua Tahu, Para orangtua, sering kali lalai ketika mengenali kanker yang diderita anaknya, karena kanker pada anak relatif sulit dideteksi sejak dini. Walaupun begitu, para orangtua tetap saja dapat mengenali gejala kanker pada anak.

Edi Setiawan Tehuteru, ahli onkologi anak dari Rumah Sakit Kanker Dharmais mengatakan bahwa, ”Penyebab kanker pada anak memang tidak bisa untuk di deteksi dini, diketahui, atau dicegah. Akan tetapi, orangtua masih dapat mengenali tanda atau gejala awalnya dan bila diobati ketika stadium dini maka peluang sembuhnya akan lebih besar“

baca juga ; Pengertian Dan Cara Mengobati Osteoartritis
6 Gejala - Gejala Kanker Pada anak Wajib Orang Tua Tahu

Para orangtua dapat mengenali benjolan pada tangan, kaki, perut, mata, otak, leher, dan paru sebagai gejala kanker pada anak.

1. Tangan dan kaki
Biasanya yang mudah terlihat adalah benjolan dibagian tangan dan kaki. Orangtua harus jeli dan waspada apabila benjolan tersebut dibarengi dengan nyeri ataupun demam.

Para orangtua harus segera membawa anak mereka ke fasilitas kesehatan jika benjolan dan gejala pengikutnya ditemukan. "Untuk para penderita kanker, apabila kanker lebih cepat ditemukan maka makin besar kesempatan untuk sembuh hingga 80 persen. Namun jika kanker ditemukan pada stadium lanjut maka kesempatan tersebut akan semakin kecil," lanjut Edi.

2. Otak
Orangtua tentu saja tidak dapat melihat ataupun mengenali benjolan dalam otak anak. Akan tetapi mereka tetap dapat mewaspadai dengan mengamati dampak yang timbul. Misalnya saja anak menjadi pusing, muntah yang menyemprot, kelumpuhan, serta gangguan keseimbangan.

3. Perut
Organ yang ada didalam perut seperti ginjal, hati dan indung telur dapat terkena kanker. Jika orangtua melihat benjolan pada anak, akan mudah diketahui karena perut anak akan semakin membesar, dan apabila anak mengalami kondisi tersebut maka harus cepat diperiksakan ke fasilitas kesehatan. Selain itu jangan terlalu sering menekan perut yang ditengarai terkena kanker, karena jika sering ditekan pada perut yang membesar atau membuncit maka sel kanker akan mudah menyebar.

4. Mata
Apabila mata anak nampak seperti juling, merah, mata kucing, dan mengalami gangguan penglihatan, maka orangtua patut curiga. Biasanya, jika mata anaknya terlihat berwarna kemerahan, orangtua akan memberi obat tetes mata. Akan tetapi jika selang waktu 3 hari belum sembuh juga, orangtua harus segera membawa anak mereka ke rumah sakit, atau pusat kesehatan lain. Karena dikhawatirkan mata merah adalah gejala awal kanker mata.

5. Paru
Jika di paru anak terdapat benjolan, biasanya anak akan menjadi sesak napas. Tetapi benjolan tersebut bukan kanker, sebab tidak ada kanker paru pada anak. Kanker yang terdapat pada paru umumnya berasal dari jenis kanker lain, contohnya kanker tulang.

6. Leher
Jika terdapat benjolan yang membesar pada leher anak dalam waktu yang terbilang singkat, maka orangtua harus meningkatkan kewaspadaannya. Benjolan yang diakibatkan kanker akan berbeda dengan benjolan yang berasal dari infeksi, karena benjolan kanker tersebut tidak akan terasa sakit atau panas jika kita sentuh. Selain disebabkan kanker, benjolan pada leher anak juga dapat dikarenakan infeksi pada gigi atau telinga.

Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah Manfaat dan Khasiat Kedelai Untuk Kesehatan
Title : 6 Gejala - Gejala Kanker Pada anak Wajib Orang Tua Tahu
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-11-12T16:01:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...