Minggu, 25 Oktober 2015

Pelaut Online -SURAT-SURAT MUATAN (DOCUMENTS OF CARGO) Sebuah tanda Buangatlah Diperlukan, Karena Itu Sebagai Penjelas, Apa Maksud Dan Tujuanya, Dan salah Satu yang  harus diperlukan adalah dokumen sebagai contoh dalam Pengurusan dan perpanjangan sertifikat kapal, Pengurusan pergantian bendera asing ke bendera indonesia, dan Pengurusan Grosse Akte serta lainya.

Ketika anda memasuki dunia kelautan dan pabean, beberapa surat yang akan kami bagikan tentu akan anda temui disana, apa lagi anda seorang pelaut dan juga officer kapal, maka tentu beberapa surat ini akan selalu dihadapankan di meja anda di atas anjungan.namun beberapa surat ini juga sering kita temukan di tiki,jne atau jasa pengiriman barang melalui darat dan udara ( pesawat )

Baca juga : DEFINISI KESELAMATAN KERJA DI ATAS KAPAL
Surat-Surat Muatan Cargo ( Kapal )

Berikut ini adalah Surat Yang diperlukan Beserta Keterangan serta fungsinya, Surat-surat yang berkaitan dengan Penanganan dan Pengaturan Muatan antara lain adalah sebagai berikut  :

-Shipping Instruction / Shipping Order
Surat yang dibuat oleh Shipper yang ditujukan kepada Carrier / kapal untuk menerima  dan memuat muatan yang tertera dalam surat tersebut. Shipping Order berisi  :  Nama shipper, Nama Consignee dipelabuhan bongkar, Notify address, Pelabuhan Muat, Pelabuhan Tujuan, Nama dan Jenis barang, Jumlah Berat dan Volume, Shipping Mark, Total Nett Weight, Total Gross weight, Total Measurement, Freight and charge, B/L , Dated, Commercial Invoice, No.L/C.

- Resi Mualim (Mate receipt)
Surat tanda terima barang / muatan diatas kapal sesuai dengan keadaan muatan tersebut yang ditanda tangani oleh mualim – I. Resi Mualim diberi catatan bila terdapat hal-hal yang tidak sesuai atau perlu keterangan tambahan. Apa yang tertera dalam Mate receipt akan tertera dalan Konosemen (Bill of Lading)

- Tally Sheet
Suatu daftar / catatan penghitungan jumlah / banyaknya muatan yang diterima atau muatan yang dibongkar oleh kapal. Penghitungan dilakukan oleh Tally Clerk dan di syahkan / diketahui oleh Mualim
 
- Manifest.
Surat yang merupakan suatu Daftar barang-barang  / muatan yang telah dikapalkan. Dimana daftar tersebut berisi :  Nama kapal, Pelabuhan Muat dan Pelabuhan tujuan, Nama Nakhoda, Tanggal, No. B/L, Pengirim (Shipper), Penerima (Consignees), Tanda (Mark), Jumlah / banyaknya (Quantity), Jenis barang / muatan (Desription of goods),  Isi & Berat (Volume & Weight) dan Keterangan jika ada. Dibuat oleh Perusahaan Pelayaran.

- Letter Of Indemnity / Letter of Guarantee.
Surat Jaminan yang dibuat oleh Shipper untuk memperoleh Clean B/L, dimana Shipper akan bertanggung jawab apabila timbul Claim atas barang tersebut.

- Konosemen (Bill of Lading)
Merupakan surat persetujuan pengangkutan barang antara pengirim (Shipper) dan Perusahaan Pelayaran (Owner) dengan segala konsekuensinya yang tertera pada surat  tersebut. Juga dapat merupakan surat kepemilikan barang sebagaimana yang tertera dalam surat tersebut dan oleh karenanya dapat diperjual belikan sehingga Bill of Lading ini juga merupakan surat berharga. 

-Statement of  Fact.
Laporan pelaksanaan kegiatan bongkar / muat mulai dari awal hingga selesai kegiatan.

- Stowage Plan
Stowage Plan merupakan gambaran informasi kondisi muatan yang berada dalam ruang muat baik mengenai Letak, Jumlah dan Berat muatan sesuai consignment mark bagi masing-masing pelabuhan tujuannya.
 
- Delivery Order
Suatu surat yang menyatakan kepemilikan atas barang atau muatan. Dimana D/O dapat diperoleh dengan menukarkan B/L miliknya.


- Damage Report.
Merupakan suatu surat Berita acara kerusakan muatan yang terjadi diatas kapal sehubungan tanggung jawab pihak carrier.

- Marine Note of Sea Protest
Merupakan suatu Berita Acara atas kerusakan muatan diluar kemampuan manusia. Dibuat oleh Nakhoda dan di syahkan oleh Notaris.

- Notice of Readiness
Suatu surat yang dibuat oleh Nakoda yang menyatakan bahwa kapal telah siap untuk melaksanakan kegiatan pembongkaran atau pemuatan.

- Hatch List
Daftar muatan yang berada dalam palka yang bersangkutan.

- Discharging List
Daftar bongkaran muatan pada suatu pelabuhan tertentu.


Itulah beberapa surat serta keterangan singkatnya, mungkin untuk contoh surat bisa anda lihat di situs penyedia ebook, ataupun lowongan kerja biasanya disana akan ada, namun jika anda sabar menunggu disini, kami akan update contoh surat itu serta bagaimana cara pengisianya, karena di pc/ laptop admin ada dokument yang belum di scan.
Title : SURAT-SURAT MUATAN / DOCUMENTS OF CARGO ( Kapal )
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2015-10-25T03:59:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...