Senin, 26 Oktober 2015

Pelaut Online -Bagaimana Cara Menyiapkan Ruang Muatan Di Kapal, Harus Dipikirkan oleh Mualim Sebagai Pendamping Nahkoda Diatas Kapal,Oleh sebab itu setiap ada barang yang naik maupun turun akan selalu di catat oleh officer, agar tidak ada kesalahan dalam laporan ke perusahaan / kantor.

Selain dari itu jika barang yang diterima dan pastinya bisa disiapkan ruangan yang cocok untuk muatan itu, apakah pass ditempatkan di deck / geladak ataupun di ruang mesin bahkan bisa juga di cabin. semua harus disesuaikan dan jangan sampai tergangu orang bekerja dan istirahat.

Seperti ini sebenarnya bukanya hanya untuk kapal, namun bagi transportasi darat "truk" dan juga udara "pesawat" harus benar-benar tahu barang itu, jangan sampai ada hal yang merugikan anda.

Baca juga:
Ukuran Standar Container / Peti Kemas Menurut dan Berdasarkan ISO (International Organization for Standardization)
Cara Menyiapkan Ruang Muatan Di Kapal

Berikut ini adalah Tips Bagaimana Cara Menyiapkan Ruangan Untuk Muatan

1.Ruang muatan secara keseluruhan dibersihkan termasuk got-gotnya, lantai, dinding-dinding serta langit-langit dicuci, dikerok bersih dan digosok dengan kain yang dibasahi dengan bahan pembersih yang akan mencegah pertumbuhan cendawan pada kayu-kayu.

2.Dunnage harus dibersihkan dan didinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

3.Untuk membunuh atau menghalangi pertumbuhan bakteri dilakukan dengan menyemprot bagian dalamnya dengan bahan anti septik secukupnya.

4.Semua Isolasi diperiksa dan apabila ada yang kendor harus diperbaiki.

5.Papan-papan dan boyo-boyo pada ambang palka serta ventilasi dari lubang isolasi diperiksa dan bila ada yang rusak segera diperbaiki.

6.Kebocoran-kebocoran pipa harus segera diperbaiki.

7.Scuper dipasang dan semua pipa-pipa yang menuju keruang pendingin harus ditutup agar tidak ada udara yang masuk.

8.Setiap Ventilasi keruang pendingin disumbat.

9.Alat pendinginnya dibersihkan lalu diisi kembali dan dites.

10.Termometer harus disiapkan dan pipa-pipanya diperiksa.

11.Sebelum menerima muatan ruangan harus disurvey oleh Surveyor dan semua survey yang dilakukan harus menghasilkan Certificate, dimana didalamnya tercantum suhu yang diperoleh sebelum menerima muatannya.

Harus selalu diteliti bahwa pengisian Log Book harus selalu tepat selama pemuatan muatan dingin maupun beku, termasuk kondisi pemuatan yang mungkin dapat mempengaruhi hasil, demikian pula waktu bekerja dari pada Mesin pendingin harus tercatat dalam log book bagian dek, termasuk catatan-catatan terperinci dengan jangka waktu yang tetap (regular interval) mengenai pembacaan suhu bola basah dan kering, arah dan kekuatan angin, haluan kapal, keadaan cuaca dan lainya.
Title : Cara Menyiapkan Ruang Muatan Di Kapal
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2015-10-26T03:53:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...