Selasa, 27 Oktober 2015

Pelaut Online - Cara Mengatur Barang Muatan Dingin (Refrigerated Cargo), Berbagai Macam Barang Untuk Dikirim Melalui Container Kapal Maupun Pesawat atau Truk Dan Kereta Api, Ntah itu Barang Unik Dan Antik Yang Baru Maupun Bekas Dan Juga Mahal Atau Murah Tapi Barang Harus sampai Kepelabuhan dermaga tujuan dengan aman tanpa ada pecah maupun cacat sedikitpun.

Muatan dingin ataupun muatan beku memiliki sifat khusus dan oleh karenanya dalam penanganan dan pengaturannyapun harus mendapatkan perhatian khusus sebagaimana mestinya untuk tetap dapat menjaga kesemalatan dari muatan dimaksud.

BacaTerlebih Dahulu
Bagaimana Pengaturan Peranginan (Ventilasi) Muatan Di Kapal

Cara Mengatur Barang Muatan Dingin (Refrigerated Cargo)
gambar via pixabay.com
Muatan Beku (Frozen / Refeer Cargo)

Muatan ini dikapalkan dalam keadaan beku keras dimana bertujuan untuk menghindari pertumbuhan bakteri-bakteri.Ruangan yang digunakan untuk muatan ini harus diberi isolasi pada dinding-dinding, langit-langit serta lantainya dengan bahan gabus, wol fiberglass wool atau busa polythne dan kemudian dilapisa dengan lapisan Galvanis atau bahan lain yang tidak merupakan penghantar arus listrik. Pintunya diberi packing, sehingga dapat tertutup secara hemateis dan dapat menahan masuknya udara yang mengandung uap air. Hal ini untuk mencegah agar pipa-pipa pendinginnya tidak terselaputi oleh gumpalan es, yang dapat mengakibatkan akan mengurangi efisiensinya.

Cara pendinginannya dilakukan dengan memasang Pipa-pipa pendingin disamping dan pada langit-langit secara sirkulasi, atau dengan seperangkat pipa-pipa dimana dengan kipas, udara ditiupkan kedalam ruangan, atau kombinasi dari kedua cara tersebut. 

Muatan Dingin  (Chilled cargo)

Muatan jenis ini adalah muatan yang memerlukan suatu temperatur tertentu misalnya Daging, oleh karenanya temperatur dari ruangan untuk muatan ini harus diperhatikan. Setiap kenaikan suhu mungkin akan menimbulkan uap air yang akan berkondensasi pada dinding-dinding ruangan dan akan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Ruangan untuk muatan ini diberi lapisan seperti pada ruangan muatan beku.  

Pada langit-langit ruangan berada kira-kira 32 cm dibawah dek, dan dari muka sampai ke belakang dipasang rel besi untuk memasang pengait-pengait yang digunakan untuk menggantung daging-daging.

Daging yang dikupas dapat disimpan dalam keadaan baik selama 30 hari, akan tetapi dengan adanya penambahan konsentrasi Carbon Dioxida sebanyak 10% pada periode tersebut mungkin dapat menambah umur penyimpanannya. 

Cara pendinginan untuk mempertahankan suhu yang diperlukan dengan memasang seperangkat pipa-pipa dimana dengan kipas untuk melakukan sirkulasi keseluruh muatannya. 

General Cargo didalam Kamar Pendingin

Muatan beku atau muatan dingin pada umumnya hanya diangkut untuk satu pelabuhan tujuan saja. Adalah penting dan lazim bahwa ruangan-ruangan pendingin itu dibuat serba guna agar dapat dipergunakan untuk berbagai muatan lainnya pada pelayaran berikutnya (return cargo).

Bila memuat muatan jenis general cargo, maka yang penting dijaga adalah agar pipa-pipa brine, isolasi dan pipa-pipa udaranya tidak rusak, oleh karena itu lantai dan dinding-dindingnya sebelum pemuatan harus dilindungi dengan bahan-bahan pelapis yang berupa papan-papan khusus yang diperuntukkan bagi ruang pendingin harus diperiksa apakah papan-papan tersebut tidak mendapat tekanan yang berat.

itulah ulasan kali ini,semoga postingan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita,baca juga postingan sebelumnya yaitu Cara Memasuki Ruang Tertutup / Berbahaya Kapal
Title : Cara Mengatur Barang Muatan Dingin (Refrigerated Cargo)
Posted by : Risky Adiru Rating 5 Star Published : 2015-10-27T01:50:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...