Sabtu, 26 September 2015

KUAKAP.COM - Tips : Cara Mengajar Anak Sekolah Dasar Agar Pintar Dan Juara Kelas,Bagaimana Cara Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia, pemerintah berupaya agar semua pengajar tingkat pendidikan dasar harus minimal memiliki lulusan Strata-1. Hal ini dimaksudkan agar pengajar atau guru memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih luas dibandingkan dengan pengajar yang hanya memiliki tingkat kelulusan setingkat diploma ataupun SLTA. 

gambar foto sumber dari www.pressreader.com
gambar foto sumber dari www.pressreader.com

Namun demikian, tidak semua pengajar / guru yang lulusan S-1, memahami dengan benar cara mengajar anak sekolah dasar, sehingga terkadang masih banyak bisa kita jumpai kalau mereka terkadang kesulitan pemahaman suatu materi yang diberikan.

Tips : Cara Mengajar Anak Sekolah Dasar Agar Pintar Dan Juara Kelas
gambar foto Materi IPS Kelas 8 Semester 2  sumber dari www.blogpalu.web.id
 
Berikut beberapa kiat dan tips cara mengajar anak sekolah dasar sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Sabar. Kesabaran merupakan kunci utama ketika mengajar anak dalam tingkat sekolah dasar. Pada usia ini, mayoritas anak masih belum memahami dengan benar maksud dan kosakata yang diajarkan dalam buku kontekstual, sehingga diperlukan penjabaran yang lebih mendetail dan mudah dipahami oleh anak.

1.Materi
Materi pengajaran yang diberikan hendaknya tidak langsung dalam jumlah dan kuantitas yang berlebihan. Anak masih belum memahami dengan benar suatu materi pengajaran. Akan lebih baik jika materi pengajaran yang diberikan dalam kuantitas yang sedikit namun diulang secara berkala dan sistematis.
Pemahaman. Gunakan bahasa yang mudah dipahami anak mengenai penyampaian suatu materi. Apabila anak masih belum paham dengan benar, ulangi sekali lagi penjelasan suatu materi yang sedikit diselipkan bahasa yang mudah dipahami anak, misalnya bahasa lokal setempat. Uji pemahaman tentang materi pengajaran dengan memberikan pekerjaan rumah.

2.Abstrak dan Realita
Inilah barangkali kelemahan terbesar dalam sistem pengajaran pendidikan di Indonesia. Anak usia sekolah dasar seringkali dikenalkan dengan konsep yang abstrak dalam pemahaman suatu materi pelajaran.

Padahal menurut salah seorang psikolog anak Dikatakan bahwa mengenal dan memahami suatu realita akan jauh lebih efektif dibandingkan memahami suatu benda yang abstrak, imajiner atau susah untuk diinterpretasikan oleh anak tentu semua akan semakin sulit

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara mengajar anak sekolah dasar yang bisa dijadikan pertimbangkan. Satu hal penting yang perlu diingat adalah penanaman disiplin semenjak dini yang bermanfaat agar anak memiliki kebiasaan disiplin yang tinggi dalam usahanya untuk lebih memahami materi pengajaran. Semoga bermanfaatbaca juga postingan lainya yaitu Peringatan Hari Maritim Indonesia
Title : Tips : Cara Mengajar Anak Sekolah Dasar Agar Pintar Dan Juara Kelas
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-09-26T01:29:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...