Kamis, 24 September 2015

KUAKAP.COM - Pengertian Dan Jenis Macam CLAY Kerajinan Yang Masih Di Minati Orang, Perkembangan Dalam Dunia Kerajinan Tangan Saat Ini Sangat Pesat Dan Bermacam-Macam Orang Telah Menciptakan Sesuatu Yang Unik Dan Menarik Mata Kita,Seperti Saat Ini Lagu Trend Baju Dari Bahan Koran Atau Karton,Dan Ada Yang Masih Melekat Dan Tidak Pudar Sampai Saat Ini Yaitu Tentang Clay,Berikut Ini Kami Bagikan Apa Itu Clay Dari Pelangibunda.Com

Clay Yang Banyak Digunakan Saat Ini Bukanlah Tanah Liat Dan Bahkan Tidak Mengandung Unsur Tanah Liat. Clay Ini Sering Disebut Dengan Modeling Clay Walaupun Tidak Mengandung Clay, Tetapi Di Indonesia Dan Di Seluruh Dunia Tetap Disebut Dengan Clay Modeling Clay Ini Mudah Dibentuk Dan Berdasarkan Cara Pengerasannya akan Dibagi Menjadi 2 Jenis buah Yaitu :
Atlantis Clay Render by selworks.deviantart.com
Image Atlantis Clay Render by selworks.deviantart.com
1. Baked Clay.

Clay Yang Proses Pengerasannya Harus Melalui Proses Pembakaran Antara 130 C˚Sampai Dengan 150 C˚. Jadi Dapat Mengunakan Oven Biasa. Tidak Seperti Tanah Liat Yang Harus Dibakar Dengan Oven Khusus Dengan Panas Tinggi. Baked Clay Ini Juga Dikenal Dengan Sebutan Polymer Clay Yang Terbuat Dari Bahan Dasar Partikel2 Halus Dari PVC (Polyvinyl Chloride). Polymer Clay Yang Terkenal Di Indonesia Adalah Sculpey Dan Premo Dari USA Dan FIMO Dari Jerman

2. Air Dry Clay.

Clay Yang Proses Pengeringannya Hanya Dilakukan Dengan Membiarkan Clay Berada Di Udara Terbuka Dengan Suhu Ruangan. Dikenal Huga Dengan Sebutan Soft Clay. Contohnya Adalah Jumping Clay. Jumping Clay Akan Mengeras Sendiri Dan Jika Kering Akan Menjadi Ringan Seperti Gabus. Jika Kita Pergi Ke Toko Penjual Bahan Kerajinan Tangan, Kita Akan Menemukan Banyak Sekali Tipe Air Dry Clay Dengan Berbagai Merek Yang Berasal Dari Jepang Dan Korea, Seperti : Grace, Cosmos, Shinwa, Hearty Dan Lain-Lain

Jenis Clay Lainnya Yang Umum Bisa Kita Jumpai Adalah :

1. Clay Plastisin / Dough :

Clay Plastisin Ini Biasa Disebut Juga Lilin Atau Malam Dan Biasa Digunakan Untuk Mainan Anak-Anak. Banyak Dijual Di Toko Dalam Berbagai Warna. Lunak Dan Mudah Dibentuk, Tetapi Tidak Dapat Dipanggang Dan Hasil Pengerasannya Tidak Sempurna. Plastisin Memang Clay Yang Dipergunakan Untuk Dapat Dibentuk Ulang Berkali-Kali. Tidak Untuk Dikeraskan.

2. Paper Clay:

Sesuai Namanya Clay Ini Terbuat Dari Kertas. Paper Clay Yang Siap Jadi Dan Sudah Dikemas, Biasanya Mengandung Campuran Gips (Batu Kapur). Dapat Keras Sempurna Melalui Proses Pengeringan Udara. Pewarnaan Dapat Dilakukan Setelah Kering Atau Sebelum Dikeringkan.

3. Flour Clay :

Bahan Dasar Clay Ini Adalah Tepung Sehingga Disebut Juga Clay Tepung. Bisa Tepung Terigu, Tepung Beras, Tepung Tapioka Atau Tepung Maizena/Jagung. Untuk Membuat Adonan Clay Tepung Bisa Hanya Menggunakan Satu Jenis Tepung Atau Kombinasi Lebih Dari Satu Jenis Tepung Yang Kemudian Dicampur Dengan Lem Putih. Belakangan Ini Juga Populer Kerajinan Tangan Nendo Yang Berasal Dari Jepang. Nendo Juga Termasuk Clay Tepung, Karena Bahan Dasarnya Adalah Roti (Terbuat Dari Tepung)

4. Soap Clay :

Soap Clay Terbuat Dari Bahan Dasar Sabun Dan Sesuai Artinya Di Indonesia Dikenal,Dan Banyak Orang Bertanya Bagaimana Cara Membuat Clay Souvenir,Memang Kerajinan Clay Ini Masih Banyak Peminatnya,Beberapa Orang Buat Kerajinan Dari Tepung Atau Sabun Dengan Sebutan Clay Sabun Hasil Akhir Clay Sabun Tentu Saja Harum Wangi.

Art Clay

Art Clay Dikemas Dalam Satu Kantong Yang Berisi Bubuk Clay Dan Binder (Pengikat Bubuk Clay). Membuat Adonan Art Clay Sangat Mudah, Tinggal Mencampur Bubuk Clay Dengan Binder. Untuk Menjaga Agar Tidak Lengket Di Tangan, Gunakan Sedikit Handbody Di Jari-Jari Tangan Kita Pada Saat Mencampur Adonan. Tingkat Kelenturan Bahan Adonannya, Disesuaikan Dengan Selera Masing-Masing. Proses Pengerasannya Hanya Dengan Didiamkan Di Suhu Udara Terbuka. Sedangkan Untuk Pewarnaan Dapat Menggunakan Cat Air, Cat Minyak Atau Pewarna Makanan. Pada Saat Kering, Warna Akan Berubah Setingkat Lebih Pekat. Hasil Jadinya Akan Mengeras Sempurna Dan Akan Lebih Baik Jika Dilapisi Dengan Pernis Atau Di Pilox.

Intinya Art Clay Adalah Sarana Untuk Mengekspresikan Seni Dan Kreatifitas. Tidak Terbatas Untuk Usia Tertentu. Art Clay Dapat Digunakan Untuk Membuat Berbagai Hiasan, Perhiasan Dan Keperluan Pembuatan Model Lainnya. Demikianlah Singkat Kata Postingan Dari Kuakap.Com, Semoga Bisa Berguna Dan Bermanfaat, Terimakasih Baca Postingan Sebelumnya Yaitu Asal Usul Dan Peringatan Hari Setsubun Jepang
Title : Pengertian Dan Jenis Macam CLAY Kerajinan Yang Masih Di Minati Orang
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-09-24T02:53:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...