Kamis, 01 Oktober 2015

KUAKAP.COM - Inilah Jenis-Jenis Gula Dan Macam-Macam Pemanis Buatan Yang Ada Di Lingkungan Kita ? Terdapat Banyak Sekali Jenis-Jenis Gula Yang Beredar Di Pasaran, Baik Yang Terbuat Dari Bahan-Bahan Alami Atau Bahkan Gula Sintetis Yang Dihasilkan Dari Serangkaian Reaksi Kimia. Beberapa Diantaranya Biasa Dikonsumsi Sehari-Hari Sebagai Penambah Rasa Manis Pada Makanan Atau Minuman.
Karena Rasa Asam Manis, sudah tidak bisadipisahkan dalam kehidupan manusia,maka saat ini bisa kita temukan Macam-Macam Pemanis Buatan Yang Sering Dijumpai Pada Makanan Yang Dikonsumsi Memang Bisa Saja Membahayakan Kesehatan Tubuh.

Penggunaan Zat Aditif Makanan Atau Minuman Ini Memang Dimaksudkan Untuk Menggantikan Rasa Manis Yang Dimiliki Oleh Gula. Terdapat Beberapa Pemanis Buatan Yang Memiliki Karakteristik Yang Lebih Manis Daripada Gula Asli Dengan Takaran Yang Sama, Namun Ada Juga Yang Justru Memiliki Rasa Manis Yang Lebih Kecil Daripada Gula Asli. Hal Penting  Dalam Penggunaan Pemanis Buatan Adalah Jumlah Kalori Yang Terkandung Dalam Pemanis Buatan Ini.

Ada Beberapa Pemanis Buatan Yang Lebih Manis Dari Gula Asli Namun Memiliki Kadar Kalori Yang Rendah Dan Ada Pula Yang Memiliki Kadar Kemanisan Lebih Kecil Namun Memiliki Kandungan Kalori Yang Lebih Tinggi.
Inilah Jenis-Jenis Gula Dan Macam-Macam Pemanis Buatan Yang Ada Di Lingkungan Kita ?

Berikut Ini Akan Disampaikan Macam-Macam Pemanis Buatan Sebagimana Diolah Dari Berbagai Sumber Terkemuka, Yaitu:

1.Aspartame
Aspartame Merupakan Pemanis Buatan Yang Sering Digunakan Dan Relatif Aman Tanpa Menimbulkan Efek Samping Membahayakan Bagi Tubuh.

2.Sakarin
 Sakarin Merupakan Pemanis Buatan Yang Paling Lama Dikenal Di Masyarakat. Sakarin Tidak Mengalami Metabolisme, Sehingga Dikeluarkan Oleh Sistem Ekskresi Tubuh.

3.Siklamat
Siklamat Digunakan Sebagai Pemanis Buatan Bagi Penyandang Diabetes Melitus, Namun Bersifat Karsiogenik.

4.Erithol
Karakteristik Erithol Hampir Mirip Dengan Xylitol Namun Lebih Manis.

5.Laktisol
 Laktisol Merupakan Pemanis Buatan Yang Ramah Bagi Usus Karena Dapat Dimanfaatkan Oleh Mikroflora Usus Besar Sebagai Sumber Energi.

6.Maltitol
Sifat Kemanisan Maltitol Hampir Mirip Dengan Gula, Namun Rasa Manisnya Justru Lebih Kecil Daripada Gula.

7.Manitol
 Manitol Banyak Dijumpai Pada Obat Oral Yang Berbentuk Kunyak Ataupun Hisap.

8.Sorbitol
Sorbitol Merupakan Pemanis Yang Banyak Ditemukan Pada Ganggang Laut Dan Buah-Buahan.

9.Acesulfam K
 Memiliki Sifat Hampir Sama Dengan Sakarin, Namun Tidak Bersifat Karsinogen.

10.Xylitol
Karakteristik Xylitol Adalah Terasa Dingin Apabila Mencair Dalam Mulut Dan Stabil Terhadap Udara Dan Panas.

Walaupun Macam-Macam Pemanis Buatan Yang Telah Disebutkan Di Atas Mempunyai Karakteristik Yang Berbeda, Namun Yang Perlu Menjadi Pertimbangan Adalah Efek Samping Bagi Kesehatan Tubuh Apabila Dikonsumsi Jangka Panjang.
Inilah Jenis-Jenis Gula Dan Macam-Macam Pemanis Buatan Yang Ada Di Lingkungan Kita ?
image source www.glennellis.com
Dan Dibawah Ini Merupakan Jenis-Jenis Gula Yang Dapat Digunakan Sebagai Zat Tambahan Atau Aditif Pada Makanan Dan Minuman

1. Alami
Pemanis Alami Atau Pemanis Natural Adalah Pemanis Yang Dihasilkan Dari Proses Ekstraksi Atau Isolated Dari Tanaman Ataupun Buah-Buahan. Beberapa Pemanis Alami Juga Dibuat Melalui Enzymatis. Contoh Pemanis Alami Antara Lain Sukrosa, Glukosa, Fruktosa Dan Sorbitol. Gula Pasir, Gula Aren Atau Gula tebu Juga Termasuk Salah Satu Pemanis Alami.

 2.Sintetis
 Pemanis Sintesis Adalah Pemanis Yang Dihasilkan Melalui Proses Kimia. Contoh Pemanis Sintetis Antara Lain Siklamat, Aspartame, Sakarin, Acesulfam K, Xylitol Dan Masih Banyak Lagi

3.Nutritive
 Pemanis Nutritive Adalah Pemanis Yang Dapat Menghasilkan Kalori Atau Energi Sebesar 4 Kalori Tiap Gram.  Contoh Pemanis Nutritive Antara Lain Sorbitol Dan Laktosa Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Sumber Energi Mikrofloral Saluran Cerna.

4.Non-Nutritive
Pemanis Non-Nutritive Adalah Pemanis Yang Digunakan Untuk Meningkatkan Kenikmatan Cita Rasa Produk-Produk Tertentu Tetapi Hanya Menghasilkan Sedikit Energi. Bahkan Beberapa Jenis Pemanis Ini Sama Sekali Tidak Memiliki Kandungan Energi. Contoh Pemanis Nutritive Antara Lain Xylitol, Maltitol Dan Manitol. Jenis-Jenis Gula Yang Beredar Di Pasaran Dan Biasa Dikonsumsi Sebagai Bahan Tambahan Penambah Rasa Manis Makanan Dan Minuman. Beberapa Jenis Gula, Terutama Pemanis Sintetis Bahkan Dapat Digunakan Untuk Mencegah Kerusakan Gigi Dikarenakan Minimnya Rasa Manis Yang Dihasilkan Atau Bahkan Digunakan Untuk Membantu Diabetesi Merasakan Nikmatnya Rasa Manis.

Itulah  Jenis-Jenis Gula Dan  Macam-Macam Pemanis Buatan Yang Terdapat Di Lingkungan Sekitar Kita,Semoga Dengan Artikel Singkat Ini Bisa Menambah Wawasan Kita Tentang Bahan-Bahan Pemanis,Semoga Berguna Dan Ada Manfaat, Terimakasih, Tapi Jangan Lupa Untuk Baca Ulasan Lainya Yaitu Biografi Profil Pei Mei Fu Juru Masak Koki Asal Negeri Cina Tampil Di Google Doodle
Title : Inilah Jenis-Jenis Gula Dan Macam-Macam Pemanis Buatan Yang Ada Di Lingkungan Kita ?
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-10-01T02:55:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...