Senin, 14 September 2015

kuakap.com -  9 Daftar Gunung Tertinggi Di Dunia,Dalam wikipedia tercatat ada ratusan gunung tertinggi didunia yang memiliki diatas 600 sampai 800 meter dibawah laut.Gunung secara umum dapat dibedakan melalui ketinggiannya apabila gunung adalah lebih tinggi dan curam daripada bukit. Melalui ketinggiannya, pada paras tertentu berlaku perubahan suhu termasuk iklim bagi sesetengah gunung di seluruh pelusuk dunia. Begitu juga dengan tumbuhan-tumbuhan yang hidup di sekitar gunung adalah berbeza mengikut ketinggian.

Ini adalah berdasarkan kesesuaian penerimaan suhu bagi bagi tumbuh-tumbuhan tersebut. Iklim di gunung berubah menjadi semakin sejuk dan lembab apabila ketinggian gunung semakin tinggi. Gunung terbentuk melalui perlanggaran plat-plat tektonik bumi antara satu sama lain dan menyebabkan wujud tekanan yang menolak bagian plat-plat ke permukaan bumi lalu membentuk gunung. Melalui proses ini, terbentuknya pelbagai gunung di seluruh dunia yang berbeza ketinggian.
Berikut inilah Kumpulan 9 Daftar Gunung Tertinggi Di Dunia

Berikut inilah Kumpulan 9 Daftar Gunung Tertinggi Di Dunia

1) Gunung Everest-8848 m (Nepal/Tibet)
Pembentukan Gunung Everest sana adalah tumbukan piring-piring tektonik benua Asia dan India yang mendorong satu sama lain membentuk Everest. Gunung Everest telah dibentuk selama 60 juta tahun setelah tumbukan lempeng tektonik dua dari mereka.

Setiap tahun, puncak gunung ini akan memiliki seperempat inci (0,25) dan puncak untuk Gunung ditutup sepanjang tahun sampai suhu dapat mencapai di bawah titik beku-41 F.

Perubahan suhu di pegunungan dingin ketika terjadi pertukaran musim dingin selama bulan November sampai Februari. Nama Gunung Everest diambil dalam hubungannya dengan warga negara Inggris bernama George Everest dan tahun 1865 Gunung bernama Everest.

Untuk orang-orang Tibet, mereka disebut Gunung Everest sebagai Chomolungma yang berarti ' Dewi Ibu alam semesta '. Penduduk Nepal dinamai Gunung sebagai Sagarmatha berarti 'Dewi langit'.

Pendaki pertama yang berjaya sampai ke puncak gunung ini ialah rakyat New Zealand iaitu Edmund Hillary dan seorang rakyat Tibet, Tenzing Norgay pada tahun 1953. Pendakian ini mengambil masa selama 7 minggu untuk sampai ke puncak gunung selepas melakukan persediaan berbulan-bulan lamanya.

Pendaki pertama yang berjaya mendaki hingga ke puncak gunung tanpa menggunakan bantuan tangki oksigen adalah Reinhold Messner dan Peter Habeler pada 1978. Manakala bagi pendaki rakyat Malaysia yang pertama berjaya menawan puncak gunung ini adalah M. Magendran dan N.Mohandas pada 1997.

2) K2- 8611 meter (Pakistan/ China)

Gunung kedua tertinggi di dunia pula terletak di sempadan Pakistan/China yang berbeza ketinggian dengan gunung Everest sebanyak 237m. K2 ini terletak di banjaran Karakorams yang terkenal dengan gunung tinggi dan nama diambil melalui seorang askar British bernama T.G. Montgomerie yang melakukan tinjauan di kawasan pergunungan Kashmir.

Melalui dari jauh, beliau ternampak sebuah gunung yang tinggi dan menamakan sebagai K1 (Karakoram 1) dan penduduk tempatan menamakannya sebagai Masherbrum. Di belakang gunung K1, beliau ternampak sebuah gunung yang lebih tinggi dan besar dan menamakannya sebagai K2 dan nama tersebut kekal digunakan hingga sekarang.

Namun penduduk Balti mengelarnya sebagai “Chogori” yang bermaksud gunung yang besar. Gunung K2 ini terkenal sebagai gunung yang paling berbahaya di dunia apabila mencatat ramai kematian pendaki. Cuaca di gunung sering kali berubah-ubah dan berisiko tinggi kepada pendaki jika turun salju.

Pendakian Orang Pertama pada gunung K2 Yaitu Aleister Crowley dan Oscar Eckenstein yang mengetuai bersama 6 pendaki lain pada tahu 1902 namun tidak berjaya sampai ke puncak. Pada 1954, Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni bersama pendaki lain telah berjaya sampai ke puncak gunung dan pendaki pertama yang mati adalah seorang warganegara Amerika Syarikat bernama Dudley Wolfe pada 1939.
3) Kangchenjunga – 8586 meter (Nepal/India)

Gunung Kangchenjunga memiliki keunikan tersendiri ketika memiliki lima puncak disebut "Lima harta dari salju" dan empat dari lima Bandara terbaik ketinggian lebih dari 8450 meter. Dalam bahasa Tibet, Kangchejunga artinya lima puncak yang menyimpan benda berharga seperti emas, Kitab Suci, sereal, perak dan batu-batu mulia. Semua barang-barang bergarga ini diselamatkan oleh Allah menurut kepercayaan Tibet. Mendaki gunung Kangchenjunga diprakarsai oleh Aleister Crowley yang mengepalai kelompok pendaki pada tahun 1905. Tetapi ekspedisi ini gagal untuk mencapai puncak gunung. Joe Brown dan George Band pertama pendaki untuk mencapai puncak pada tahun 1955 dan kemudian pendaki lebih berhasil mencapai puncak.

Kangchenjunga gunung ini memiliki lima nama sendiri, yaitu utama Gunung berketinggian Kangchenjunga (8.586 m), Kanchenjunga Barat (8505 ft), Kangchenjunga Central (8482 m), Kangchenjunga Selatan (8494 ft) dan Kangbachen (7903 kaki). Atraksi-atraksi di Gunung Kangchenjunga, yang memiliki keunikan alam menginduksi melawatinya wisatawan asing.

4) Lhotse – 8516 meter (Nepal/China)

Gunung Lhotse juga merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia yang terletak di provinsi Cina dan Nepal. Gunung ini termasuk di pegunungan Himalaya dan gunung lebih mudah daripada mendaki Gunung Everest dan K2. Pertama pendaki untuk mencapai puncak gunung adalah Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger pada tahun 1956 sebagai bagian dari kelompok pendaki Swiss.

Gunung dibuat antara bulan April sampai Mei dan September sampai Oktober cuaca yang tidak membuatnya sulit untuk mendaki. Pendakian gunung Lhotse proses dapat mengambil hingga 60 hari dan tingkat kematian selama para pendaki mendaki gunung ini hanya memungkinkan tingkat 3,4%.

5) Makalu – 8485 meter (Nepal/China)

Nama Gunung Makalu diambil dari bahasa Sanskerta yang kebanyakan sedangkan merujuk kepada umat Hindu Allah berarti "Big Black". MT. Makalu terletak dekat Gunung Everest dan kebarngkalian kematian direkam untuk proses mendaki gunung di tingkat 11.1%. Pendakian pertama mampu mendaki hingga ke puncak gunung adalah tahun 1955 oleh sekelompok pendaki Prancis. Gunung ini termasuk dalam Daftar gunung diantara gunung yang paling sulit untuk mendaki karena cuaca dan bentuk gunung yang curam.

Gunung diklasifikasikan antara gunung yang paling indah karena bentuk alami dan daya tarik alam. Selain bentuk pegunungan yang indah, Gunung menjadi rumah bagi hewan liar seperti panda merah, macan tutul salju, Anggrek liar dan tanaman lain yang unik. Satwa liar yang hidup di Gunung diantara hewan yang mampu beradaptasi dengan cuaca yang ekstrim dari Gunung Makalu.

6) Cho Oyu – 8188 meter (Nepal/China)

Mount Cho Oyu gunung lebih dari 8.000 antara meter tapi kurang mudah untuk mendaki karena bahaya lereng yang dapat meningkatkan tingkat kematian para pendaki. Probabilitas pendaki hanya pada tingkat 1.16% dari lamanya waktu yang diperlukan untuk mendaki gunung ke puncak dalam 44 hari daripada lainnya lebih curam dan tinggi.

Para pendaki pertama telah berhasil mendaki gunung adalah sekelompok pendaki yang terdiri dari 3 orang yang Herbert Tichy, Sepp Jochler dan menginstal Dawa Lama berhasil dilakukan pada 1954. Pada 2009, total 43 pendaki tewas ketika mencoba untuk mendaki gunung tapi tetap fokus pendaki lainnya dalam persiapan untuk mendaki gunung dan lebih lingkungan yang ekstrim. Selain itu, Gunung juga fokus oleh pemain ski dan sledge salju karena gradien gunung ini cocok untuk acara.

7) Dhaulagiri – 8167 meter (Nepal)

Gunung Dhaulagiri juga termasuk dalam wilayah Nepal dan berdasarkan ketinggiannya menjadi gunung ini ketujuh tertinggi di dunia. Dhaulagiri merupakan bahasa tempatan bermaksud gunung yang mempersona, cantik dan putih. Kadar kematian bagi pendaki gunung ini adalah 1.63% dan sehingga tahun 2007 seramai 358 pendaki berjaya sampai ke puncak serta 58 pendaki telah mati.

Kumpulan pendaki pertama yang telah sampai mendaki hingga ke puncak adalah Peter Diener, Ernst Forrer, Albin Schelbert, Nyima Dorji, Nawang Norji dan Kurt Diemberger. Kumpulan pendaki ini terdiri daripada rakyat Switzerland dan Austria berjaya menamatkan pendakian hingga ke puncak gunung pada tahun 1960

8.Manaslu 8.156 m

Manaslu adalah sebuah gunung terpencil diwilayah negara nepal,dilihat gunung ini pada posisi geografisnya memiliki keindahan yang cukup menarik,sebab daerah gunung diairin oleh sungai,Dalam sejarah tercatat bahwa pendakian pertama kali dilakukan oleh  Gyalzen Norbu, Artur Hajzer danv Toshio Imanishi bersama rekan-rekanya pada tanggal 9 Mei 1956,Digunung inipun telah banyak orang hilang atau korban dari pendaki.

9.Nanga Parbat  8.126 m ( Nepal ,Pakistan )

Nanga Parbat salah satu gunung yang masih terletak dijajaran gunung himalaya dan merupakan sebuah gunung terletak diPakistan. Gunung ini memiliki banyak tragedi kejadian yang aneh dan merupakan ada mistis dari warga setempat,walaupun begitu masih banyak pendaki yang datang kesana.

Keindahan gunung ini membuat banyak wisatawan yang datang kesana,dan orang yang pertama sekali kali mendaki gunung nanga parbat adalah Hermann Buhl pada tahun 3 Juli 1953 bersama teman-temanyaitulah daftar gunung gunung tertinggi didunia yang indah dan menakjubkan mata,selain Mercedario, Tupungato,Llullaillaco,Cachi,Nacimiento, pegunungan Andes, Argentina / chilli dilain waktu kita posting kembali,terimakasih telah berkunjung disini,jgn lupa untuk baca postingan lainya TOP 10 LOGO GOOGLE DOODLE 2015
Title : INI 9 DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Posted by : YU NI Rating 5 Star Published : 2015-09-14T15:59:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...