Rabu, 05 Agustus 2015

kuakap.com-aceh- agustus- Sejarah Asal Usul Perayaan Festival Songkran Thailand,Festival diseluruh dunia memiliki ciri tersendiri seperti Jika Di indonesia setiap tanggal 17 agustus disetiap daerah sampai kepelosok akan dimeriahkan perlombaan seperti panjat pinang dan Lompat karung dengan suka cita.

Pada hari H Festival Songkran Thailand,orang-orang akan turun kejalanan tumpah ruah,jalanpun akan digenangi dari percikan air,acara spesial dari asia tenggara yang mendunia dari negeri gajah putih sudah cukup terkenal bagi wisatawan ke negara itu"Thailand" karena hari peringatan Festival Tradisional Songkran sungguh menakjubkan dan juga sangatlah unik dan Aneh.Festival Songkran Identik Dengan Cinta Dan Air,Tentu ada mitos dibalik perayaan ini,sama halnya dengan perayaan hari besar lainya seperti Perayaan imlek, cap go meh,perayaan kue bulan,perayaan halloween,dan juga perayaan bagi umat islam,hindu,budha,yahudi serta kristen sangatlah menarik untuk ditelusuri,seperti apa perayaan-perayaan agama tersebut ?
inilah Cerita Perayaan Festival Songkran Thailand,Saling Perang Air

Mengingat Perayaan Songkran pada tahun 213 dan 2014,seperti kami kutip dari bangkok post,ternyata perayaan ini,walaupun meriah banyak juga kecelakaan bagi peserta disana,karena ketidak aturan dan juga kondisi perang air bisa menyebabkan hal yang fatal.

Berikut ini Keterangan Singkat Tentang Festival Songkran

1.Kapan Diadakan Festival Songkran ?

Beberapa sumber mengatakan perayaan songkran dirayakan setiap tahun pada tanggal 13 - 15 April dan sering disebut sebagai festival perang air

2.Seperti Apa Asal Usul / Permulaan Dalam Sejarah ?
inilah Cerita Perayaan Festival Songkran Thailand,Saling Perang Air

Pada Awalnya dahulu ada setan yang sangat kejam tinggal di sebuah Kampung Xishuangbanna "Etnis Dai"dan memiliki tanah yang subur.tapi ada Iblis yang kuat memiliki ilmu mistik yang sangat hebat,sewaktu ketika si iblis menculik tujuh gadis anak desa yang cantik untuk menjadikan istrinya. wanita yang sudah diculik itu merasa benci terhadapiblis alias setan itu,sehingga mereka ke 7 orang gadis tersebut mempunyai siasat agar bisa membunuh setan itu.

Tepat pada bulan Purnama, kesemua istri setan itu,mulai menjalankan siasatnya,dan akhirnya istri paling muda yang bernama Nong Xiang mulai menyiapkan makanan paling lezat yang disukai oleh setan dan ada juga minuman angur dibawa,setelah waktu makanpun dimulai,sang istri termuda sebagai pelayan istri setan itu terus-menerus mengisi cangkir Iblis,sampai akhirnya diapun mabuk berat dan memberitahukan ada kelemahan dari siiblis agar dia bisa dibunuh.

Setelah ke tujuh gadis itu tahu kelemahanya,karena Setan yang tidak tahu dan tidak bisa kontrol akibat mabuk berat,akhirnya mereka"7 Orang Wanita" melakukan aksi agar si iblis bisa dibunuh,dengan cara melilitkan pagar berduri dileher iblis,dan kepalanyapun terpenggal dan jatuh menjadi 20 bola api.walaupun kepalanya telah terpisah dari tubuhnya,siiblis alias setan tidak mati juga.

Karena telah Menjadi bola api,akhirnya bergelinding kemana-mana,sehingga api menyebar menyebabkan rumah bambu terbakar dan tanaman-tanaman menjadi kering karena tersentuh api itu, Untuk mematikan api itu, Nong Xiang menangkap kepala setan, sementara enam orang terus-menerus menyimbah air,dan akhirnya kesemua bola api itupun bisa padam dan benar-benar mati.

Akhirnya Cerita Fiksi Dari Penduduk Dai masih dipakai sekarang,dan mereka sebutkan sebagai hari besar tradisional Songkran Festival.

3.Bagaimana Dan Seperti Apa Keistimewaan Festival Hari Songkran?

Perayaan Songkran dimeriahkan dengan saling siram air pada siang hari bagi seluruh yang mengikuti festival,dan malamnya ada juga pergelaran - pergelaran lainya seperti nyanyi,disko sertayanglainya,bukanya hanya warga dan masyarakat saja mengikuti acara itu,juga turis-turis yang datang kesana,ikut tumpah ruah gabung mengikuti perayaan ini,
inilah Cerita Perayaan Festival Songkran Thailand,Saling Perang Air

Tapi ada juga sebutan songkran yang lain yaitu Sangken dirayakan pada bagian timur laut India.jika anda mau melihat dan mengikuti perayaan itu silahkan datang pada bulan april tanggal 13 di thailand.

4.Kenapa Diperingati / Rayakan Hari ?

Mengingat sebuah tradisi nenek moyang dan juga cerita rakyat

5.Dimana Peringati Hari ?

Peringati dithailand,dan ada juga di india,serta singapura,biasanya tradisi ini,bagi mereka yang menganut ajaran buddha.mungkin saja bagi saudara yang beragama budha diseluruh dunia ikut merayakanya.

6.Siapa Tokoh Penemu / Pemuka Hari ?

Dibalik Cerita Hari Songkran tidak ada tokoh pemuka atau penemunya.Begitulah salah satu festival unik dari belahan dunia asia tenggara,terimakasih telah baca inilah Cerita Perayaan Festival Songkran Thailand,Saling Perang Air semoga bermanfaat.baca juga postingan sebelumnya logo google doodle hari ini tentang sejarah pertama penemuan lampu lalu lintas
Title : inilah Cerita Perayaan Festival Songkran Thailand,Saling Perang Air
Posted by : YU NI Rating 5 Star Published : 2015-08-05T17:14:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...